Sponsors Link

5 Kelemahan Internet sebagai Media Interaksi

Sponsors Link

Siapa yang menyangka bahwa ternyata ada kelemahan internet sebagai media interaksi dan perlu kita perhatikan ketika kita memanfaatkan teknologi ini. Ya, internet memang sebuah penemuan besar di era ini. Dengan adanya internet kemudahan pertukaran informasi sudah tidak diragukan lagi. Jarak seakan sudah bukan pembatas lagi bagi siapa saja yang ingin melakukan komunikasi. Tentu kita masih ingat beberapa dekade yang lalu, jauh sebelum internet berkembang sepesat sekarang. Kala itu, ketika kita akan menghubungi sanak saudara saja kita mesti mengirimkan surat melalui pos. Kita pun harus sabar menunggu surat tersebut untuk dibalas. Benar-benar cukup nostalgia ya?

ads

Baca juga:

Sekarang semua sudah berubah. Komunikasi bisa menggunakan internet yang jauh lebih praktis. Tidak hanya sekedar teks, bahkan kita bisa melakukan panggilan video dan bertatapan langsung dengan lawan bicara kita. Banyak yang menganggap bahwa internet membuat semua hal menjadi mudah. Ini tentu sulit untuk disangkal karena pada kenyataannya begitu. Namun demikian, apakah ini seratus persen benar? Berikut adalah penjelasan mengenai apa saja yang bisa menjadi kelemahan dari internet:

  1. Kemungkinan Salah Interpretasi

Komunikasi dengan menggunakan internet bagaimanapun juga akan berbeda ketika kita berhadapan langsung dengan orang yang kita ajak berinteraksi. Kemungkinan kesalahan interpretasi dari seseorang bisa menjadikan komunikasi gagal karena adanya kesalahan persepsi. Ini tentu saja menjadi kelemahan yang perlu kita perhatikan.

  1. Mendekatkan yang Jauh, Menjauhkan yang Dekat

Internet memang benar bisa mendekatkan siapa yang jauh dengan memudahkan kita berinteraksi dengan mereka. Namun kenyataannya, ini juga berimbas pada kehidupan sosial kita secara langsung. Kadang ada orang yang kurang peduli dengan orang yang belum dikenal di sekitarnya dan merasa tetap baik-baik saja karena ia masih bisa terhubung dengan orang-orang terdekatnya. (Baca juga: Kelebihan dan kekurangan komunikasi daring)

  1. Penyalahgunaan dengan Peretasan

Peretasan bisa dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Sudah ada banyak kasus penyadapan melalui peretasan semacam ini. Tentu saja diperlukan kehati-hatian ketika kita menggunakan internet supaya terhindar dari permasalahan semacam ini. (Baca juga: Hambatan penggunaan teknologi dalam komunikasi bisnis)

  1. Penyebaran Berita dan Informasi Bohong

Siapa yang tidak mengenal hoax saat ini? Banyak sekali informasi dan berita palsu yang beredar. Seseorang cenderung terpancing untuk menyebarkan isi-isi dari berita yang belum tentu kebenarannya. Berita bohong ini bisa berbahaya. Salah satu kasus yang nyata adalah ketika ada pemberitaan mengenai isu penculikan, lalu ada orang yang dihakimi masa karena terpancing oleh isu tersebut. (Baca juga: Dampak negatif dari media sosial)

  1. Isu Privasi

Terakhir adalah terkait isu privasi. Siapa yang menjamin bahwa setiap data yang kita masukkan lewat internet itu tidak akan direkam atau dibaca oleh pihak penyedia layanan? Isu privasi menjadi penting karena kadang internet justru lebih mengenal kita dibandingkan orang lain yang kita anggap dekat, atau bahkan ia lebih mengenal kita dibandingkan diri kita sendiri.

Jadi, bagaimana? Bijak dalam menggunakan internet menjadi hal yang sangat penting. Semoga paparan mengenai kelemahan internet sebagai media interaksi ini bisa membuat kita lebih menyadari akan hal tersebut.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Daring