Sponsors Link

13 Peranan Ilustrasi Dalam Komunikasi Visual

Sponsors Link

Ilustrasi adalah hasil visualisasi dari suatu tulisan dengan teknik drawing, lukisan, fotografi, atau teknik seni rupa lainnya yang lebih menekankan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud daripada bentuk. Tujuan ilustrasi adalah untuk menerangkan atau menghiasi suatu cerita, tulisan, puisi, atau informasi tertulis lainnya. Diharapkan dengan bantuan visual, tulisan tersebut lebih mudah dicerna. Ilustrasi biasanya selalu dikaitkan dengan seni atau karya seni, meskipun begitu ternyata ilustrasi juga berperan dalam komunikasi visual.

ads

Seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi visual  menjadi bagian penting  dan menjadi topik hangat yang tidak dapat terlepas dari kehidupan kita sehari-hari sebagaimana juga pengaruh teknologi dalam komunikasi organisasi . Bahkan bisa jadi setiap hari kita selalu menyaksikaan bagaimana komunikasi visual terjadi di depan mata. Komunikasi visual dan iluatrasi menjadi dua hal yang tak dapat dipisahkan. Sebab keduanya memiliki hubungan yang berkesinambungan.

Perkembangan teknologi dan peradaban manusia, penggunaan ilustrasi juga berpengaruh pada komunikasi visual. Jika dahulu manusia di masa lampau menggambar atau membuat coretan didinding sebagai sarana untuk berkomunikasi sebagaiamana tujuan media dalam komunikasi massa . Maka kininseiring dengan semakin maju dan canggihnya teknologi kmonukasi terjadi dengan begitu cepat dan praktis. Tentunya hal ini semakin menunjukkan bahwa 13 Peranan Ilustrasi Dalam Komunikasi Visual, memang bersifat sangat penting, ketiga belas poin tersebut adalah :

1. Memperjelas Isi Komunikasi

Peran ilustrasi yang pertama, tidak lain adalah sebagai sarana yang dapat memperjelas isi komunikasi seperti juga macam-macam komunikasi kelompok . Sebab, tanpa adanya ilustrasi terkadang pihak lain tidak bisa menanggapi atau bahkan mengerti isi komunikasi. Namun, dengan adanya ilustrasi yang berupa gambaran secara jelas maka tentu mereka yang tadinya tidak mengerti akan menjadi mengerti. Sehingga kesalah pahaman dalam komunikasi visual tidak akan terjadi.

2. Menarik Perhatian Komunikan

Ilustrasi sengaja dibuat untukbisa menarik perhatian para komunikan. Biasanya ilustrasi bersifat artistik, lucu atau dibuat dengan cara nyeleneh. Pastinya hal ini disesuika dengan jenis komunikasi visual yang dilakukan. Namun, secara umum keberadaan ilustrasi sangat berperan dalam menarik perhatian para komunikan agar bisa mengingat topik komunikasi yang dibahas.

Sponsors Link

3. Memberi Deskripsi Mengenai Isi Komunikasi

Ilustrasi juga berperan dalam memberikan deskripsi mengenai isi komunikasi. Dengan adanya ilustrasi ini maka anda tidak perlu menjelaskan panjang dan lebar mengenai isi komunikasi sebagaimana penyebab kecemasan organisasi dalam komunikasi massa . Anda cukup menunjukkan ilustrasi yang tentunya sudah cukup mewakili informasi ada ingin disampaikan. Tentunya cara dan metode ini akan lebih menghemat waktu sekaligus lebih praktis.

4. Bersifat Entertain

Komunikasi visual tidak melulu harus berlangsung dengan serius dan kaku. Kadang-kadang juga harus bersifat menghibur sehingga komunikasi yang berlangsung tidak monoton sebagaimana media komunikasi moderen . Dalam hal ini, ilustrasi memiliki peran yang sentral sebagai sarana yang bersifat entertain. Dengan adanya ilustrasi maka komunikasi visual diharapkan lebih bersifat menghibur san tidak kaku namun informasi yang disampaikam dapat tersampaikam dengan baik.

5. Menjadikan Komunikasi Lebih Hidup

Ilustrasi juga dapat menjadikan komunikasi visual menjadi lebih hidup. Sebab adanya simbol dan gambar-gambar yang nampak akan membuat komunikasi tidak monoton. Hal ini tentu juga menarik perhatian baik bagi pendengar ataupun pembaca sebagaimana proses komunikasi efektif . Sehingga tentunya isi atau informasi yang terdapat dalam komunikasi dapat tersampaikan dengan baik.

6. Mempermudah Pesan Bisa Diterima

Peran adanya ilustrasi juga dapat menjadikam pesan lebih mudah diterima. Dengan gambaran-gambaran yang sederhana tentunya akan lebih bisa membuat isi pesan dan informasi mudah diterima juga dalam komunikasi organisasi . Akan berbeda jika informasi disampaikan demgan istilah yang sulit tentunya secara umum orang tidak akan banyak mengetahuinya. Sebaliknya, jika pesna disampaikan dengan istilah yang tidak umum maka tidaka akan banyak orang yang akan bisa mengerti.

8. Menjadikan Isi Pesan Lebih Menarik 

Inti dari komunikasi adalah tersampaikannya informasi kepada pendengar atau pembaca. Dengan demikian maka ilustrasi memegang peran yang cukup krusial sebagai penyebab keberhasilan dalam komunikasi . Sebab keberadaan ilustrasi dalam komunikasi visual akan dapat menjadikan isi pesan menjadi lebih menarik. Tidak hanya untuk dibaca namun juga di pahami sehingga informasi yang ada akan dapat tersampaikan dengan baik.

9. Meyakinkan Komunikan Terhadap Kebenaran Isi Komukasi

Ilustrasi juga berperan dalam menyakikan komunikan akan kebenaran isi dalam komunikasi. Ilustrasi memberikan gambaran yang jelas mengenai isi komunikasi. Sehingga pastinya tidak ada kesimpang siuran isi komunikasi. Sehingga hal ini juga dapat menjadi upaya untuk memperjelas isi komunikasi yang terjalin.

10. Menonjolkan Fokus dari Isi Komunikasi

Saat setiap kali komunikasi visual terjadi, maka tentu akan ada satu poin penting yang menjadi inti pembicaraan. Nah, tentunya jika tidak digarisbawahi atau dijelaskan maka tentu fokus komunikasi tidak akan dapat terbaca juga dalam pola komunikasi organisasi . Karena itu, ilustrasi memagang peranan sebagai sarana untuk memperjelas fokus komunikasi. Sehingga informasi yang akam diterima merupakan informasi yang memang ingin disampaikan.

Sponsors Link

11. Sebagai Sarana Promosi

Dalam komunikasi visual salah satunya yakni yang paling umum ditemui digunakan dalam promosi. Promosi yang efektif dilakukan adalah yang berhasil menarik minat dan perhatian masyarakat, sehingga berbondong-bindong terpengaruh dengan promosi yang dilakukan. Dalam hal ini, ilutrasi memegang peran yang penting sebagai saranan promosi. Sebab ilustrasi akan bisa menjadikan promosu lebih menarik, atraktif dan interaktif.

12. Digunakan Dalam Persentasi

Komukasi visual biasanya diterapkan dalam sebuah presentasi. Presentasi tentu saja berkaitan dengan komunikasi massal yang dilakukan untuk menyampaikan sebuah informasi dalam proses komunikasi organisasi . Dalam hal ini, tentunya persentasi sangat mengandalkan adanya ikustrasi. Berkat adanya ilustrasi biasanya presentasi akan berjalan dengan lebih efektif dan efisien sert dapat menarik minat para peserta.

13. Sarana Identifikasi

Identifikasi merupakan upaya mengelompokkan informasi berdasarkan tujuan atau penyampainya. Dalam identifikasi dibutuhkan informasi yang jelas dan valid. Namun tidak hanya berbekal itu saja, sebab dalam komunikasi visual ikustasi memegang peranan yang penring dalam mendidentifikasi informasi. Dengan begini maka tentu informasi akan dapat dengn mudah tersampaikan, serta tidak menimbulkan kebingungan.

Ilustrasi yang baik dan berhasil tidak hanya membutuhkan komputer dan aplikasi desain. Diperlukan seorang desainer untuk membuat desainnya. Meskipun saat ini ada banyak ilustrasi yang bisa digunakan dengan mudah karena tersedia di komputer. Akan tetapi itu tidak akan menjadi ilustrasi yang benar-benar mampu menjelaskan serta menyampaikan pesan dari pengirim pesan, ikustrasi yang baik akan mampu mengefektifkan komunikasi visual yang terjadi.

13 Peranan Ilustrasi Dalam Komunikasi Visual. Semoga dapat menjadi panduan dan sumber referenai bagi anda. Dan semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Visual