Sponsors Link

8 Peran Opini Publik dalam Komunikasi Politik

Sponsors Link

Ada peran opini publik dalam komunikasi politik yang tidak bisa dilepaskan dalam kaitannya pencapaian tujuan-tujuan yang bersifat politik. Opini publik sendiri bisa dianggap sebagai suatu pendapat, kepercayaan atau keyakinan masyarakat dalam menghadapi suatu issue. Kekuatan dari opini publik itu sendiri termasuk luar biasa. Bagaimana tidak, jika opini publik sudah terbentuk, maka bisa cukup berpengaruh dalam proses politik yang ada. Contoh yang bisa kita lihat secara nyata bisa dilihat secara langsung dalam keseharian. Bagaimana ketika suatu kelompok membangun opini publik dan disetujui oleh mayoritas, maka bisa mengubah cara atau alur perpolitikan yang ada. Oleh karenanya, opini publik ini memang bisa memberikan pengaruh yang cukup signifikan dalam kehidupan berpolitik. (Baca juga: Unsur komunikasi politik)

ads

Bila kita menanyakan tentang apa saja peran dari opini publik itu sendiri, berikut adalah beberapa macam poin yang bisa kita lihat. Peran ini sifatnya adalah umum sehingga cukup mudah untuk kita pahami. Yang jelas, dengan adanya peran tersebut maka kita bisa melihat bahwa opini publik memang bisa memberikan pengaruh yang nyata.

  1. Menguatkan Kekuatan Elit Politik

Walaupun pada dasarnya opini publik digunakan untuk membangun sesuatu yang positif karena kesepakatan bersama, namun ada pihak-pihak tertentu yang justru memanfaatkan opini publik ini untuk menguatkan kekuatan politiknya. Opini publik diciptakan demi mendongkrak pandangan politik tertentu dan mempengaruhi massa. Ada dampak komunikasi terhadap opini publik yang dilakukan kekuatan elit politik tertentu.

  1. Demokrasi yang Semakin Terasa

Jika peran opini publik sebelumnya lebih pada kepentingan pribadi, namun sebenarnya opini publik juga bisa menjadi wadah demokrasi tersendiri. Masyarakat bisa membangun opini dan menyampaikan apa yang menjadi keluhannya kepada pemerintah. Di sini proses demokrasi akan semakin terasa melalui komunikasi politik yang juga dilakukan oleh masyarakat.

  1. Kebebasan Berkomunikasi Terjamin

Sama halnya dengan demokrasi yang semakin terasa, masyarakat akan merasa kebebasan berkomunikasi mereka terjamin. Hal ini karena mereka mampu menyampaikan opini dengan mudah kepada pemerintah. Namun demikian, biasanya pemerintah tetap memberikan pengaturan-pengaturan tertentu supaya komunikasi yang disampaikan sifatnya tetap santun.

  1. Membuat Kontroversi Politik

Walaupun ada beberapa peran positif, namun peran opini publik dalam komunikasi politik juga bisa menciptakan suatu kontroversi publik. Hal ini disebabkan karena mungkin ada pihak-pihak tertentu yang memang sengaja menggiring opini publik sehingga bertentangan dengan pandangan politik sebelumnya.

  1. Meneruskan Informasi Politik

Arus informasi politik bisa diteruskan dengan lebih cepat melalui opini publik. Masyarakat bisa menjadi lebih cepat sadar terhadap isu-isu politik yang ada. Ini tentu saja menjadi peran positif karena adanya peran opini publik tersebut. (Baca juga: Faktor penghambat komunikasi dan contohnya)

  1. Penerus Aspirasi Politik

Pandangan dan pendapat masyarakat terhadap suatu pandangan politik tertentu bisa diteruskan dan didengar oleh pemerintah. Selain itu, pandangan baru tersebut akan menghasilkan aspirasi yang akan didiskusikan dan dikaji lebih mendalam lagi. Ini merupakan manfaat baik yang bisa menciptakan kehidupan berpolitik dengan tepat.

  1. Mempengaruhi Kebijakan Politik

Sama halnya dengan peran dalam meneruskan aspirasi politik, opini publik juga bisa mempengaruhi kebijakan politik. Bila dirasa suatu kebijakan tidak sesuai dengan nilai yang ada sebelumnya atau nilai yang diinginkan masyarakat, maka opini publik bisa digunakan sebagai strategi menentang kebijakan tersebut. Pemerintah biasanya akan mendapat semacam umpan balik dari masyarakat secara langsung. (Baca juga: Perspektif komunikasi pada opini publik)

  1. Menunjukkan Kekuatan Massa

Kekuatan massa bisa ditunjukkan melalui opini publik. Begitu opini publik tercipta, pemerintah harus cepat tanggap dalam memberikan umpan balik. Bila tidak, maka akan timbul suatu kontroversi politik yang sudah dijelaskan sebelumnya. Tentu saja ini menjadi suatu wadah yang bisa memberikan pengaturan tersendiri dalam dunia politik.

Peran dari opini publik tersebut rupanya bisa terlihat sangat berpengaruh. Beberapa pihak mungkin dengan sengaja akan membentuk opini publik melalui strategi-strategi komunikasi tertentu (baca juga: Strategi komunikasi dalam pembentukan opini publik). Yang paling penting adalah bagaimana kita dalam mengambil sikap pada saat opini publik tersebut tercipta. Setidaknya kita jadi tahu bahwa peran opini publik dalam komunikasi politik memang memiliki efek yang bisa dirasakan.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Politik