Sponsors Link

6 Pengaruh Opini Publik terhadap Citra Perusahaan

Sponsors Link

Opini publik merupakan salah satu kajian dalam ilmu komunikasi, dimana merupakan suatu cara bagi publik atau masyarakat dalam menyampaikan pendapat, pemikiran, aspirasi, dan lainnya mengenai apa yang dilihat dan dirasakan dengan menggunakan macam-macam media komunikasi maupun perantara lainnya. Dalam beberapa hal, opini publik penting untuk diperhatikan karena dapat sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari, ini lah mengapa terdapat hubungan opini publik dengan ilmu komunikasi.  Salah satunya adalah pengaruhnya terhadap citra suatu perusahaan. Citra perusahaan dan opini publik sendiri merupakan dua hal yang saling berhubungan erat dan berpengaruh satu sama lain. Apa saja pengaruh tersebut? berikut ini ada beberapa contoh pengaruh yang ditimbulkan oleh adanya opini publik terhadap citra suatu perusahaan:

ads

1 . Opini Publik Meninggikan Citra Perusahaan

Pengaruh opini publik terhadap citra perusahaan yang pertama adalah bahwa opini publik dapat meninggikan citra perusahaan. Adanya dampak komunikasi terhadap opini publik menyebabkan informasi ataupun pesan yang didapatkan oleh publik sehingga dapat mengarahkan pendapat dan pemikiran publik terhadap apa yang dilihat, dirasa, dan didengar. Ketika informasi atau pesan yang didapat adalah positif maka akan mengarahkan kepada suatu opini publik yang positif juga. Sehingga opini publik yang positif tersebut nantinya akan membuat citra suatu perasaan menjadi semakin baik lagi dan positif. Oleh sebab itu, opini publik menjadi sangat penting dalam pembangunan citra perusahaan, terutama bagi para perusahaan baru.

2. Opini Publik Menurunkan Citra Perusahaan

Tidak hanya dapat berpengaruh terhadap peningkatan citra perusahaan, opini publik juga dapat berpengaruh terhadap penurunan citra perusahaan. Hal ini bisa terjadi ketika opini publik yang terbentuk lebih bersifat negatif. Artinya bahwa informasi atau pesan yang diterima oleh publik tidak sesuai dengan harapan publik itu sendiri, sehingga mengarahkan pada pendapat ataupun pemikiran yang negatif terhadap perusahaan. Kondisi tersebut pastinya akan berpengaruh terhadap citra atau reputasi suatu perusahaan yang menurun.

3. Opini Publik Menentukan Tingkat Kepercayaan Masyarakat

Pengaruh selanjutnya adalah bahwa opini publik juga dapat menentukan tingkat kepercayaan masyarakat. Ketika opini publik bersifat positif maka pastinya kepercayaan masyarakat juga jauh lebih kuat atau positif dibandingkan ketika opini publik yang terbentuk lebih bersifat negatif dan mengurangi tingkat kepercayaan masyarakat. Suatu perusahaan yang kehilangan kepercayaan dari masyarakat maka memiliki citra yang buruk, dan sebaliknya ketika kepercayaan tinggi maka citra perusahaan menjadi baik dalam masyarakat. Tingkat kepercayaan masyarakat sendiri juga berpengaruh terhadap keputusan masyarakat terhadap produk maupun jasa yang ditawarkan oleh perusahaan yang bersangkutan.

4. Opini Publik Mempengaruhi Eksistensi Perusahaan

Opini publik juga berpengaruh terhadap eksistensi suatu perusahaan, dimana ketika opini publik bersifat negatif maka keberadaan perusahaan yang bersangkutan akan lebih mudah hilang atau tidak dihiraukan. Hal ini disebabkan juga tidak ada kepercayaan oleh masyarakat dan citra buruk yang dimiliki oleh perusahaan. Oleh sebab itu, opini publik mempengaruhi citra perusahaan yang nantinya dapat menentukan eksistensi perusahaan itu sendiri.

5. Opini Publik Mempengaruhi Rencana Perusahaan

Secara langsung maupun tidak langsung, opini publik juga akan berpengaruh terhadap citra perusahaan yang menentukan juga rencana perusahaan, baik rencana yang telah dibuat sebelumnya maupun rencana yang perlu dibuat untuk mengatasi opini publik yang terbentuk. Apabila suatu perusahaan memiliki citra yang baik karena opini publik bersifat positif, maka perusahaan perlu untuk membuat rencana yang lebih baik lagi untuk mempertahankan opini publik tersebut. Hal ini juga berkaitan dengan perspektif komunikasi pada opini publik. Namun apabila opini publik yang terbentuk negatif maka perusahaan juga perlu menyusun rencana untuk mengubah opini publik menjadi positif, demi citra dan eksistensi perusahaan itu sendiri.

6. Opini Publik Mempengaruhi Tindakan atau Action Perusahaan

Pengaruh opini publik terhadap citra perusahaan yang terakhir adalah adanya pengaruh terhadap tindakan atau action perusahaan. Pengaruh ini sebenarnya masih berkaitan juga terhadap rencana perusahaan. Hanya saja pengaruh ini akan lebih dirasakan dalam berjalannya suatu perusahaan sehari-hari,  bahkan juga bagi setiap individu yang bersangkutan didalamnya.

Itulah dia beberapa pengaruh opini publik terhadap citra perusahaan, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan mengingatkan untuk selalu menjaga etika dalam opini publik karena dapat sangat berpengaruh terhadap apa yang dinilai maupun yang diberi pendapat.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Dasar Komunikasi