Sponsors Link

8 Pengaruh Komunikasi Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa

Sponsors Link

Terdapat pengaruh komunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa yang perlu diperhatikan mulai saat ini. Bagaimana pun juga, komunikasi yang baik tentu saja akan menghasilkan kualitas dari penerimaan informasi yang baik pula. Beberapa hal yang perlu diperhatikan terutama ketika membahas mengenai komunikasi pembelajaran adalah bagaimana sikap dan cara berkomunikasi guru terhadap siswa. Motivasi belajar siswa mungkin akan sangat dipengaruhi oleh komunikasi guru tersebut.

ads

Berikut ini adalah beberapa macam pengaruh dari komunikasi oleh guru pada motivasi belajar siswa yang bisa kita ketahui. Ini berguna terutama untuk menambah wawasan bahwa rupanya komunikasi efektif dalam pembelajaran diperlukan agar proses pembelajaran bisa berjalan dengan baik. Apa saja pengaruhnya?

  1. Memberikan Stimulus Belajar Siswa

Komunikasi guru dapat memberikan stimulus kepada siswa untuk belajar hal baru. Dengan komunikasi yang baik, siswa akan terpancing untuk mencari hal-hal baru yang bisa mereka pelajari. Tentu saja, ini berkaitan dengan bagaimana guru tersebut mampu memberikan stimulus-stimulus kepada siswa sehingga para siswa menjadi lebih tertarik untuk belajar.

  1. Memancing Rasa Penasaran Siswa

Rasa penasaran siswa adalah bekal yang baik supaya motivasi mereka meningkat. Komunikasi guru yang baik akan memancing rasa penasaran siswa untuk belajar lebih banyak lagi tentang materi yang ingin mereka pelajari. Tentunya ini adalah manfaat positif yang dapat dilakukan oleh guru kepada para siswa

  1. Menumbuhkan Kesadaran Keinginan Belajar Siswa

Hampir mirip dengan dua poin sebelumnya, kesadaran siswa untuk belajar bisa dibangun oleh komunikasi guru yang baik. Apabila guru masih melakukan komunikasi dua arah yang sulit dipahami oleh siswa, motivasi mereka bisa saja turun karena merasa sulit untuk mendapatkan penjelasan mengenai pelajaran yang mereka dapatkan.

  1. Meningkatkan Semangat Belajar Siswa

Semangat belajar siswa juga akan terpupuk. Ini adalah pengaruh komunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa yang dapat menciptakan suasana proses belajar mengajar kondusif. Dengan semangat yang baik dari siswa, guru juga akan lebih mudah dalam memberikan materi-materi.

  1. Menjalin Proses Pembelajaran yang Efektif

Proses pembelajaran yang kondusif tentu saja dapat membuat tujuan dari pembelajaran tersebut tercapai dengan lebih efektif. Siswa juga akan mudah untuk memahami setiap materi yang diberikan oleh guru. Manakala seorang guru belum menerapkan komunikasi yang baik, hal ini mungkin sulit untuk terjadi.

  1. Memudahkan Pemahaman Siswa

Bahasa yang mudah dipahami dan juga menarik akan membuat siswa lebih tertarik untuk belajar. Inilah mengapa komunikasi guru sangat berpengaruh terhadap motivasi siswa. Apabila guru masih menggunakan bahasa-bahasa yang rumit, siswa mungkin menjadi kurang bersemangat. Faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi harus diidentifikasi supaya interaksi berjalan dengan baik.

  1. Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa

Kualitas belajar siswa juga dapat meningkat berkat proses komunikasi oleh guru yang bagus. Ada cara komunikasi yang baik yang bisa dilakukan supaya ini juga bisa diwujudkan dengan baik. Bagaimana pun juga, seorang siswa biasanya menginginkan guru yang dapat menjelaskan materi dengan mudah. Guru mungkin perlu tahu penerapan strategi komunikasi dalam pembelajaran yang tepat.

  1. Menghilangkan Gap Komunikasi antara Guru dan Siswa

Dengan adanya komunikasi yang baik, gap komunikasi antara guru dan siswa juga dapat dihilangkan. Siswa memiliki kesempatan yang bebas untuk berpendapat, sehingga guru bisa mengukur langsung tingkat pemahaman mereka. Cara ini bisa dilakukan dengan mengetahui tahap-tahap komunikasi terlebih dahulu.

Jadi, itulah beberapa macam pengaruh komunikasi oleh guru kepada siswa. Ada sebuah tantangan tersendiri bagi para guru agar bisa membuat anak didiknya menjadi lebih semangat dalam belajar. Dengan mengetahui pengaruh komunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa tentu saja kita bisa lebih perhatian lagi pada saat akan berkomunikasi.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :