Sponsors Link

8 Dampak Komunikasi Interpersonal yang Tidak Efektif

Sponsors Link

Terdapat beberapa macam dampak komunikasi interpersonal yang tidak efektif yang dapat mempengaruhi kualitas hubungan sosial seseorang. Proses komunikasi yang efektif pada umumnya akan menghasilkan kualitas hubungan sosial yang baik pula. Namun sayangnya, kadang-kadang proses komunikasi tersebut bisa berjalan dengan kurang efektif. Oleh karenanya, ada dampak-dampak tertentu yang bisa ditimbulkan akibat proses komunikasi yang kurang bagus tersebut.

ads

Dampak komunikasi bisa beragam. Utamanya dapat berpengaruh pada hubungan antar individu. Manakala terjadi hal demikian, tentunya kita perlu mulai menghindari supaya tidak terjadi proses komunikasi yang kurang baik. Kira-kira apa sajakah dampak dari komunikasi yang kurang efektif tersebut? Simak penjelasannya sebagai berikut:

  1. Memicu Perselisihan

Perselisihan akibat proses komunikasi yang kurang efektif bisa saja terjadi. Katakanlah seseorang tidak mampu menyampaikan informasi dengan benar dan tepat, penerima informasi tersebut tentu saja akan mendapatkan permasalahan dalam menelaah pemahaman. Ini akan mengakibatkan terjadinya perselisihan akibat kesalahan penyampaian informasi yang dilakukan selama terjadi interaksi.

  1. Menimbulkan Kesalahpahaman

Kesalahpahaman juga bisa muncul akibat dari komunikasi interpersonal yang kurang baik. Ada baiknya, menyamakan persepsi sebelum berinteraksi dilakukan sehingga tidak akan terjadi kesalahpahaman. Bagaimana pun juga, komunikasi antar pribadi tentu saja akan menimbulkan banyak persepsi. Penilaian pribadi bisa saja muncul dan bila tidak ada kesepahaman di sana justru akan memicu terjadinya perdebatan.

  1. Mudah Melakukan Labeling

Labeling atau memberikan penilaian kepada orang lain juga bisa timbul sebagai dampak komunikasi interpersonal yang tidak efektif. Kita harus belajar untuk tidak mudah melakukan judgement kepada orang lain. Dengan demikian, labeling tidak akan mudah terjadi. Manakala komunikasi berlangsung dengan kurang baik, maka bisa saa seseorang menjadi mudah memberikan penilaian hanya dari satu sudut pandang saja.

  1. Memberikan Kesan yang Negatif

Kesan negatif juga merupakan salah satu dampak yang sebenarnya sangat berpengaruh. Orang akan menjadi enggan untuk berkomunikasi kembali dengan kita karena pesan yang akan disampaikannya dirasa tidak akan diterima dengan baik. Komunikasi yang kurang efektif bisa memicu timbulnya permasalahan ini.

  1. Menimbulkan Kesalahan Informasi

Kesalahan informasi juga bisa timbul manakala seseorang tidak menyampaikan pesan dengan baik. Terdapat banyak cara berkomunikasi dengan baikyang bisa dipelajari sehingga informasi yang akan disampaikan juga bisa diterima oleh orang lain. Kesalahan informasi ini bisa memicu terjadinya permasalahan-permasalahan lainnya, apalagi kalau elemen komunikasi interpersonal di dalamnya juga rancu.

  1. Merenggangkan Hubungan Sosial

Sebagaimana telah dijelaskan pada poin sebelumnya, seseorang mungkin akan menjadi lebih enggan untuk mengajak kita berkomunikasi saat proses komunikasi yang berlangsung seringkali kurang efektif. Akibatnya, hubungan sosial menjadi lebih renggang. Seseorang menjadi lebih dijauhi orang lain hanya karena komunikasinya yang kurang baik.

  1. Memicu Timbulnya Konflik Berkepanjangan

Konflik yang berkepanjangan akibat hubungan sosial yang merenggang merupakan akibat paling akhir yang bisa saja timbul hanya karena persoalan komunikasi yang kurang baik. Oleh karenanya, penting untuk kita supaya bisa menghindari dampak ketidakefektifan komunikasi antar pribadi.

  1. Menimbulkan Gap Komunikasi

Gap komunikasi merupakan sebuah dampak yang bisa timbul akibat proses komunikasi yang tidak efektif. Informasi tidak disampaikan dengan maksimal dan penerimaan pesan juga menjadi terhalang. Ada baiknya seseorang mempelajari tentang komunikasi interpersonal yang baik supaya efektivitas komunikasi interpersonal bisa terjaga.

Itulah tadi beberapa macam dampak yang bisa timbul dari proses komunikasi yang kurang efektif. Rupanya memang sangat berpengaruh sekali terhadap hubungan sosial kita. Oleh karenanya, kita perlu belajar berkomunikasi dengan efektif supaya terhindar dari dampak komunikasi interpersonal yang tidak efektif.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :