Sponsors Link

13 Pendekatan Dalam Komunikasi Global

Sponsors Link

Komunikasi global atau komunikasi internasional sebagai satu lapangan studi muncul pada abad ke-20, terutama setelah perang dunia kedua dan memasuki perang dingin. Suasana yang menyebabkan tumbuhnya kajian komunikasi internasional, yaitu: Pertama, adanya konflik, perang dan penggunaan propaganda internasional; Kedua, perkembangan organisasi-organisasi dan diplomasi interna-sional; Ketiga, penyebaran ideologi dan penggunaan komunikasi untuk menyebarkan pesan-pesan ideologi; Keempat, perkembangan teknologi komunikasi yang semakin canggih sebagaimana juga cara berkomunikasi dalam komunikasi internal .

ads

Perkembangan ini semakin pesat terjadi terutama pada tahun 80-an di mana telekomunikasi dan teknologi komunikasi berkembang dengan pesat, munculnya negara-negara maju, dan berkembangnya organisasi-organisasi internasional. Selama perang dingin berlangsung, komunikasi berperan sebagai pendorong adanya kekuatan ekonomi pada negara-negara maju seperti Inggris, Perancis, Jerman, Uni Sovyet, dan Amerika Serikat. Komunikasi internasional menjadi instrumen persuasif dan modernisasi antar-negara. Dengan adanya instrumen tersebut akan muncul kekuatan-kekuatan yang saling berebut.

Komunikasi sebagai salah satu disiplin ilmu sosial dan cara berkomunikasi dengan baik mulai berkembang di Amerika Serikat pada akhir tahun 1930-an. Tokoh-tokoh yang dianggap pertama kali melakukan studi tentang komunikasi manusia adalah Harold Lasswell, Paul Lazarsfled, Kurt Lewin, dan Carl Hovland.2 Meskipun komunikasi sebagai satu disiplin ilmu kehadirannya belum lama, tetapi perkembangannya begitu pesat, baik sebagai satu disiplin ilmu maupun sebagai skill.

Pendekatan Dalam Komunikasi Global

Dalam komunikasi global tentu terdapat pendekatan yang akan mengkaji lebih dalam mengenai komunikasi global itu sendiri. Berikut 13 Pendekatan Dalam Komunikasi Global.

1. Sebagai Instrumen Persuasif

Komunikasi global merupakan salah satu bentuk instrumen persuasif. Dimana komunikasi global sebagai bagian dari komunikasi internasional yang dapat mempengaruhi pihak lain sebagai contoh komunikasi yang tidak efektif . Sebagaimana tujuan utama dari komunikasi persuasif yakni bertujuan untuk mengubah atau memengaruhi kepercayaan, sikap, dan perilaku seseorang sehingga bertindak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh komunikator. Tentu saja hal ini mejdai salah satu pendekatan dari komunikasi global.

2. Instrumen Modernisasi

Komunikasi global juga dapat menjadi bagian dari instrumen modernisasi. Sebab seiring dengan berkembangnya teknologi serta juga perkembanagan zaman. Maka sesuatu yang disebut modernisasi tidak dapat dielakkan datangnya, sebab jika tidak mengikutinya maka kita akan tertinggal.oleh arus jaman. Pemanfaatan teknologi juga menunjang semakin efektif dan efisisennya sebuah komunikasi global yang dijalankan.

Sponsors Link

3. Membuka Peluang Hubungan Internasional

Dalam era yang serba tidak mudah kini, banyak negara yang mencoba menjalin hubungan secara serius dengan banyak negara lain. Hal ini tidak lain merupakan salah satu cara dalam membuka hubungan internasional. Terlebih lagi dalam komunikasi global pendekatan seperti ini umum dilakukan. Dan menjadi upaya untuk bisa menjalin hubungan yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak sebagai proses komunikasi dalam organisasi .

4. Transaksi Resmi

Komunikasi global merupakan sebuah bentuk transaksi resmi yang biasanya melibatkan dua atau lebih negara dengan negara lain. Tentunya hal ini hanya dapat dilakukan melalui sebuah proses yang resmi. Sebab, sebuah negara tidak akan melakukan kegiatan atau tindakan yang diluar jalur dari pemerintahannya. Melalui komunikasi global maka akan di peroleh sebuah jalan untuk bisa membuka peluang kerjasama yang lebih luas dan menguntungkan.

5. Transaksi Tidak Resmi

Pendekatan dalam komunikasi global selanjutnya adalah digunakan dalam transaksi tidak resmi. Dimana komunikasi internasional dan komunikasi organisasi dapat terjadi dengan melibatkan masyarakat dan pemerintah. Dalam hal tentu saja masyarakat memiliki peran sentral yang penting dan krusial dalam rangka menwujudkan komunikadi global yang akan dijalankan. Patinya juga komunikasi global sebagai komunikasi internasional juga akan memberikan dampak langsung terhadap masyarakat internasional.

6. Pemerintah Sebagai Pelaku Utama

Dalam komunikasi global, pemerintah memegang peranan sentral. Sebab komunikasi global secara umum dilakukan pemerintah dan menjadi bagian dari cara untuk menjalin hubungan intetnasional dengan negara lain sebagai proses komunikasi efektif . Pemerintah juga merupakam bahian dari pelaku utama jalannya komunikasi global. Pemerintah membangun koneksi yang luas dan menyeluruh dalam rangka menjalin komunikasi secara global.

7. Berlangsung Antara People to People

Komunikasi global juga dapat berlangsung antara people to people. Dimana banyak orang yang memiliki kemampuan yang baik dalam bahasa asing dapat berkomunikasi bersama. Tentu saja hal ini disebabkan tidak lain karena adanya kesamaan dalam mengerti bahasa yang sama. Terlebih lagi kini hampir semua orang mengerti fan memehami bahasa asing sebagaimana bahasa sehari-hari mereka.

8. Dapat Berlangsung Antara Goverment to Goverment

Komunikasi global secara umum terjadi antara goverment to goverment. Komunikasi ini sudah biasa dan bisa menjadi rutinitas yang banyak dilakukan oleh banyak negara di dunia. Ini merupakan  sebuah bentuk dalam menjalin sosialisasi dan hubungan internasional yang pastinya akan memberikan keuntungan dan juga memberikan kemudahan dalam berbagai aspek dalam kehidupan sebuah bangsa sebagai pola  komunikasi organisasi . Sebagaimana pentingnua hubungan internasional sebuah negara dengan negara lain maka komunikasi internasional juga sama pentingnya.

Sponsors Link

9. Fenomena Kontemporer

Fenomena kontemporer mengenai komunikasi internasional yang dapat diamati saat ini, adalah bagaimana hubungan antarnegara kini semakin dinamis dengan perkembangan teknologi informasi penyebab terjadinya konflik dalam komunikasi . Banyak masalah antarnegara yang dibahas dalam bingkai komunikasi internasional, yang tidak melulu masalah politik dan keamanan. Masalah-masalah lingkungan hidup, kesejahteraan, kini juga menjadi masalah bersama di antara banyak negara. Semisal masalah terorisme, masalah ini bukan lagi notabene masalah pemerintah atau negara saja, tetapi telah menjadi masalah masyarakat.

10. Pembahasan Berbagai Masalah yang Terjadi di Dunia

Komunikasi global juga menjadi salah satu forum dalam membahas  berbagai masalah yang ada di dunia. Biasanya hal ini dilakukam oleh negara-negara yang yang berada dalam satu forum. Didalamnya dibahas mengenai hal yang berkaiatan dengan masalah yang menyita perhatian dunia seperti terorisme, pengungsi perang, konflik antar negara dan jiga masalah imigran. Terkafang juga dalam forum ini sekaligus memberikan penawaran mengenai solusi yang dapat diambil.

11. Mendinamiskan Hubungan Inernasional

Komunikasi global juga dapat berperang sebagai hal yang mendinamiskan hubungan internasional. Tidak jarang bahwa konflik internasional yang timbul kemudian dapat diselesaikan menggunakan metode ini. Dengan cara ini maka komunimasi akan terjalin dengan intensif. Sehingga akan memperkecil peluang terjadinya konflik yang dapat berakibat pada gangguan rrhafap keamanan global sebagai bagian dari komunikasi kepemimpinan .

12. Teknik Penguasaan Politik Luar Negeri

Komunikasi global juga merupakan salah sati bentuk dari penguasaan politik luar negeri. Dalam hal ini komunikasi global memegang peranan yang amat penting. Sebab tentunya elemen utama dalam politik luar negeru adalah adanya komunikasi global. Dalam hal ini komunikasi global menkadi bahian penting jalannya komunikas internasional.

13. Mencapai Tujuan Hubungan Internasional

Penggunaan komunikasi global secara umum digunakan untuk bisa mencapai tujuan internasional. Tentunya tujuan merupakan hal positof yang seyogyanya dapat dicapai. Dengan jalinan komunikasi yang baik.

Itulah tadi, 13 Pendekatan Dalam Komunikasi Global. Menjadi referensi dan tambbahan pengetahun bagi kita dan semoha artikel ini dapat bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,