Sponsors Link

8 Manfaat Komunikasi Visual untuk Industri Kreatif

Sponsors Link

Apa yang Anda pikirkan mengenai istilah visual? Tentunya Anda akan berpikir bahwa visual merupakan sebuah seni menggambar, seni grafis, melukis, fotografi, lambang, simbol, desain, warna, dan unsur menggambar lainnya. Pernahkah Anda mendengar komunikasi visual?

ads

Komunikasi visual merupakan suatu proses penyampaian pesan atau informasi dari pihak pengirim pesan kepada pihak penerima pesan melalui suatu media menggambar yang akan dengan mudah ditangkap oleh indera penglihatan (mata). (Baca juga: Komunikasi Visual)

Komunikasi visual ini membutuhkan seorang komunikator yang kreatif untuk memudahkan proses komunikasi agar berjalan secara efektif. Komunikasi ini tidak hanya berupa gambar yang dibuat menggunakan pensil dan ditulis di atas kertas, tetapi visual dalam komunikasi ini berkaitan dengan simbol-simbol juga.

Misalnya, rambu-rambu lalu lintas, zebra cross, tanda yang menunjukkan rumah makan dengan gambar berbentuk sendok dan garpu, tanda atau simbol yang menunjukkan masjid tergambar kubah masjid, dan lain sebagainya. Komunikasi visual yang biasa ditemui tersebut ternyata memiliki banyak manfaat yang perlu kalian ketahui. Berikut ini merupakan beberapa manfaat komunikasi visual:

  1. Informasi yang disampaikan jelas

Komunikasi visual merupakan komunikasi yang memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat komunikasi visual adalah infomasi yang disampaikan jelas, sehingga seorang komunikan akan dengan mudah memahami pesan yang disampaikan oleh komunikator.

Informasi yang disampaikan melalui visual ini sesuai dengan fakta dan nyata. Komunikasi dalam bentuk visual digambarkan secara detail dan menyeluruh. Artinya, gambar tersebut sudah mewakili makna pesan yang ingin disampaikan oleh seorang komunikator. (Baca juga: Unsur Visual dalam Fotografi)

  1. Mudah diingat oleh penerima pesan

Komunikasi yang biasa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah komunikasi audio, yaitu suara atau berbicara. Namun komunikasi visual juga nyatanya tanpa disadari sudah menjadi komunikasi yang dikonsumsi sehari-hari oleh masyarakat.

Selain itu, komunikasi visual berperan penting dalam menyampaikan pesan karena komunikasi visual dianggap mudah untuk diingat oleh komunikan. Pesan yang diaplikasikan melalui visual ini mudah diingat karena tertangkap jelas oleh mata. Hal ini menunjukkan bahwa manfaat komunikasi visual adalah mudah diingat oleh penerima pesan. (Baca juga: Unsur Grafis dalam Fotografi)

  1. Menghemat konteks tulisan

Adanya komunikasi visual dalam kehidupan di masyarakat ini memudahkan dalam proses komunikasi. Pesan yang disampaikan melalui suatu gambar atau visual ini berfungsi untuk menghemat konteks tulisan.

Pesan yang disampaikan melalui tulisan biasanya jarang dipahami secara cepat oleh para komunikan, tetapi dengan adanya komunikasi visual ini selain menghemat konteks tulisan juga memudahkan komunikan memahami pesan yang disampaikan oleh komunikator. Jarang sekali komunikasi visual yang memberikan unsur tulisan berupa kata atau kalimat. (Baca juga: Macam-macam Komposisi Fotografi)

Sponsors Link

  1. Menghemat tenaga

Seorang komunkator yang ingin menyampaikan pesan melalui komunikasi visual memiliki manfaat tersendiri, yaitu menghemat tenaga. Menggambar hanya mengandalkan imajinasi yang sederhana agar komunikan juga mudah memahami pesan tersebut. Komunikasi visual yang baik akan menghasilkan komunikasi yang efektif.

Seorang komunikator tidak perlu menguras banyak tenaganya untuk menyalurkan komunikasi dalam bentuk komunikasi visual tersebut. (Baca juga: Komposisi dalam Sinematografi)

  1. Meningkatkan kreativitas

Visual merupakan sebuah gambar yang artinya seorang komunikator akan memberikan penyampaian pesan yang mudah ditangkap oleh pandangan mata. Komunikasi visual merupakan komunikasi penglihatan. Komunikasi tersebut berfungsi dalam meningkatkan kreativitas komunikator.

Komunikasi visual yang di dalamnya terdapat nilai-nilai seni berupa kreativitas dalam sistem pengemasan pesan yang akan disampaikan kepada komunikan. (Baca juga: Tujuan Komposisi dalam Fotografi)

  1. Menarik minat komunikan

Manfaat berikut ini berkaitan dengan tingkat kreativitas komunikator. Tujuan dari komunikasi visual adalah memanfaatkan kreativitas dalam komunikasi agar mudah menstimulasi panca indera, sehingga komunikasi yang efektif dapat tercipta.

Kreativitas dalam komunikasi visual ini berfungsi untuk menarik minat komunikan dalam menanggapi isi pesan yang disampaikan oleh komunikator. Ketika seorang komunikan tertarik dengan pesan yang disampaikan maka akan terjadi komunikasi yang sukses. (Baca juga: Macam Tema dalam Fotografi)

Sponsors Link

  1. Menghemat waktu

Jika seorang komunikan memiliki keterbatasan waktu dalam menyampaikan pesan kepada komunikan maka hal yang akan dilakukan agar pesan tetap tersampaikan dengan baik adalah memanfaatkan komunikasi visual. Komunikasi visual bermanfaat bagi seorang komunikator yang memiliki keterbatasan waktu karena komunikasi ini dapat menghemat waktu.

Seorang komunikator tidak perlu banyak berbicara atau melakukan komunikasi audio karena hal tersebut membutuhkan banyak waktu agar komunikan dapat merespon pesan yang disampaikan oleh komunikator. Komunikasi visual ini tentunya dapat mempersingkat waktu dengan berbagai gambar yang ditulis oleh komunikator. (Baca juga: Fungsi Pencahayaan dalam Sinematografi)

  1. Menyalurkan imajinasi

Komunikasi visual bermanfaat sebagai penyalur imajinasi. Komunikasi tidak hanya dilakukan melalui ucapan dari komunikator kepada komunikan. Terkadang pesan apa saja yang ada dibenak kita akan tersalurkan dengan baik melalui gambar atau visual.

Menyalurkan imanjinasi dalam bentuk gambar juga merupakan proses komunikasi. Seroang komunikator akan menyampaikan pesan yang ada dipikirannya lebih mudah melalui media menggambar dan mudah dipahami oleh seorang komunikan. (Baca juga: Teknik Dasar Fotografi)

Demikian beberapa manfaat komunikasi visual yang berperan penting untuk perkembangan teknologi industri kreatif sekarang ini.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Visual