Sponsors Link

5 Manfaat Internet sebagai Sarana Komunikasi Interaktif

Sponsors Link

Salah satu hal menarik ketika kita membahas komunikasi daring adalah mengenai manfaat internet sebagai sarana komunikasi interaktif. Internet merupakan sebuah penemuan terhebat dimana saat ini semua orang bisa dengan mudah saling bertukar informasi tanpa adanya batasan waktu atau pun jarak. Seseorang yang berada di belahan bumi lainnya bisa tetap saling berkomunikasi bahkan secara real time. Ini merupakan sebuah hal yang bisa membuat kita terhubung satu sama lain tanpa ada banyak kendala tertentu.

ads

Baca juga:

Melihat internet yang cukup populer dengan kemudahan yang ada di dalamnya, maka tidak heran jika kemudian internet bisa dikatakan menjadi sarana untuk komunikasi interaktif. Komunikasi interaktif adalah cara komunikasi yang akan senantiasa mendapatkan umpan balik dari masing-masing pihak yang terlibat di dalam komunikasi tersebut. Bisa dikatakan, komunikasi interaktif akan terus berkelanjutan hingga masing-masing pihak mendapatkan informasi sesuai dengan porsi yang diinginkan. Lantas, bagaimana internet bisa menjadi sarana untuk komunikasi interaktif semacam ini? Berikut adalah penjelasannya:

  1. Pesan Instan

Sekarang ini, siapa yang tidak mengenal pesan instan? Melalui internet, setiap orang bisa saling bertukar pesan hanya dalam hitungan detik. Ada banyak sekali penawaran fitur-fitur menarik melalui internet ini. Jika di era terdahulu pesan instan sering kali hanya diakses melalui komputer saja, sekarang kehadiran ponsel pintar membuat setiap orang dengan mudah mengakses internet dan bergabung dalam pesan instan. Aplikasinya pun banyak dan sangat beragam.

  1. Telepon via Internet

Komunikasi interaktif selanjutnya yang bisa dilakukan melalui internet yaitu berupa telepon melalui internet. Biaya telepon dengan cara konvensional kadang-kadang memang membuat orang menjadi gusar. Melalui internet, proses telepon bisa menjadi lebih mudah lagi karena seseorang bisa secara interaktif melakukan panggilan telepon tersebut. Kualitas dan kejernihan suaranya pun semakin meningkat dengan adanya internet. (Baca juga: Etika komunikasi di internet)

  1. Panggilan Video secara Langsung

Melakukan panggilan telepon dengan bertatap muka atau melalui video sekarang menjadi sangat mudah. Kita mungkin ingat mengenai kehadiran jaringan 3G ketika itu yang disambut dengan antusias karena beberapa produsen ponsel menyertakan fitur kamera depan untuk melakukan panggilan telepon. Soal biaya, jangan ditanya. Kala awal-awal kemunculan teknologi tersebut, harganya sungguh mahal dan mungkin bisa menguras kantong. Namun dengan hadirnya internet saat ini, semua orang bisa melakukan panggilan video dengan mudah. Tidak hanya itu, panggilan video lebih dari satu orang pun sangat mungkin. (Baca juga: Media komunikasi modern)

  1. Situs Informasi

Selanjutnya, manfaat internet sebagai sarana komunikasi interaktif yang bisa kita nikmati adalah penyajian situs informasi saat ini yang sangat mudah untuk diakses. Informasi merupakan sumber dari banyak hal. Internet menawarkan kemudahan ini dengan membuat setiap orang mudah untuk melakukan akses mengenai informasi melalui banyak hal. Tidak hanya sekedar mengakses, setiap orang bahkan bisa memberikan respon mengenai berita yang ia dengar secara langsung. Menarik, ya?

  1. Pertukaran Berkas Digital

Terakhir adalah manfaat dengan kemudahan pertukaran berkas digital saat ini. Masih ingatkah kita di era ponsel canggih kala itu adalah pengiriman berkas melalui inframerah? Berkas yang dikirimkan pun ukurannya kecil tetapi membutuhkan waktu lama. Saat ini, internet memberikan kemudahan kepada kita. Berkas yang ukurannya hingga satuan gigabit pun bisa dengan mudah untuk dilakukan pengunggahan atau pengunduhan. (Baca juga: Peralatan teknologi informasi dan komunikasi)

Itulah sederet manfaat dari internet terkait dengan proses komunikasi interaktif. Pemanfaatan internet tersebut memang harus ditunjang dengan sikap pengguna yang penuh tanggung jawab. Semoga manfaat internet sebagai sarana komunikasi interaktif tersebut akan selalu dikembangkan dan semakin mempermudah cara hidup kita.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Daring