Sponsors Link

5 Fungsi Seni sebagai Sarana Komunikasi

Sponsors Link

Beragam fungsi seni sebagai sarana komunikasi menjadi sebuah hal penting yang bisa kita ketahui. Seni selain menawarkan keindahan ternyata juga bisa menjadi media untuk melakukan komunikasi. Bahkan, ada yang juga menyebutkan bahwa komunikasi itu justru merupakan sebuah seni tersendiri. Oleh karenanya, tidak heran jika kemudian seni bisa menjadi bagian dari sarana komunikasi. Komunikasi yang bagus memang harus memiliki berbagai macam kriteria untuk menunjang keefektifan dan keefisien dalam prosesnya. Namun demikian, seni sebagai suatu wadah untuk komunikasi tidak mutlak harus memiliki persyaratan semacam itu.

ads

Baca juga:

Seni menjadi media komunikasi dengan bentuk dan pendekatan yang lain. Seseorang mungkin akan menyampaikan pesannya dengan cara unik tertentu sehingga makna yang ada dalam karyanya tersebut bisa diterima kepada penerima informasi dengan baik. Walau kadang ada juga beberapa karya yang membutuhkan analisis tertentu. Namun setidaknya, dari sini kita mengetahui bahwa seni memang bisa digunakan sebagai sarana dalam berkomunikasi. Seperti apa penjelasan lebih rincinya mengenai fungsi dari seni ini?

  1. Menyampaikan ide atau gagasan

Ide atau gagasan tertentu terhadap suatu fenomena bisa dilakukan melalui berbagai macam karya seni yang ada. Seseorang bisa membuat karya yang memunculkan ide tertentu yang ia miliki. Ini akan dituangkan ke dalam berbagai macam bentuk seperti misalnya lukisan atau penggambaran lainnya. Pada dasarnya, ide baru tersebut kemudian bisa menjadi inspirasi bagi orang lain.

  1. Menyampaikan kritik

Kritik juga bisa disampaikan kepada orang lain melalui berbagai macam cara. Kita mungkin pernah mendengar beberapa macam jenis lagu sering “menyentil” pemerintah dengan berbagai macam kebijakan yang ada. Lagu yang dinyanyikan tersebut semacam menjadi kritik tertentu yang ditujukan kepada pemerintah atau suatu pihak. Pada akhirnya, karya seni bisa menjadi wadah yang bagus untuk menyampaikan aspirasi seseorang. (Baca juga: Macam-macam media komunikasi)

  1. Memberikan pesan ajakan

Pesan ajakan atau suatu hal yang sifatnya moral juga bisa dilakukan dengan menggunakan karya seni. Ada banyak pesan yang bisa dilihat seperti misalnya ketika ada pagelaran mengenai drama atau pertunjukan teather. Semuanya tentu memiliki makna atau pesan tertentu yang nantinya bisa diambil oleh penonton. Gaya penyampaian pesan atau ajakan semacam ini tentu bisa sangat bermanfaat bagi setiap orang.

  1. Menarik orang untuk mengikuti pesan tertentu

Selain beberapa hal di atas, fungsi seni sebagai sarana komunikasi lainnya yaitu untuk menarik orang untuk mengikuti hal-hal tertentu. Sebenarnya ini masuk ke dalam fungsi persuasif komunikasi. Kita bisa melihat seperti misalnya karya berupa poster, video iklan layanan masyarakat, pamflet dan lain sebagainya. Pada dasarnya, semua itu adalah karya dari seni yang digunakan sebagai media komunikasi massa. (Baca juga: Komponen-komponen komunikasi)

  1. Mengirimkan informasi baru

Terakhir adalah tentang bagaimana sebuah seni bisa mengirimkan informasi baru. Informasi-informasi baru tersebut bisa disajikan dengan karya yang indah sehingga orang juga akan tertarik dan cepat untuk menyerap informasi tersebut. Kreativitas menjadi dasar yang penting yang ada di dalam seni untuk mewujudkan semua itu. (Baca juga: Jenis informasi menurut fungsinya)

Demikian berbagai macam fungsi dari seni yang bisa kita amati. Tentunya semakin banyak karya dari seni yang diciptakan, semakin besar pula manfaat dari komunikasi yang ada. Gagasan dari pembuat karya akan disampaikan melalui karya seninya. Mudah-mudahan informasi tentang fungsi seni sebagai sarana komunikasi ini bermanfaat dan selamat meneruskan membaca.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Media Komunikasi