Sponsors Link

8 Jenis Informasi Menurut Fungsinya

Sponsors Link

Terdapat beragam jenis informasi yang bisa dibedakan berdasarkan fungsinya. Sebagaimana kita ketahui, informasi merupakan salah satu dari komponen-komponen komunikasi. Informasi menjadi bentuk pesan yang akan disampaikan dari pengirim pesan (sender) kepada penerima pesan (receiver). Oleh karenanya, terdapat beberapa macam jenis dari informasi yang akan ditransmisikan dalam proses komunikasi. Jenis ini sendiri dibedakan berdasarkan fungsi dari informasi itu sendiri.

ads

Berikut adalah beberapa macam jenis dari informasi yang bisa kita identifikasi dalam suatu proses komunikasi. Ini akan sangat membantu terutama ketika kita akan menyiapkan strategi dalam komunikasi.

  1. Informasi edukatif

Informasi edukatif adalah segala macam jenis informasi yang bermanfaat dalam menambah pengetahuan seseorang. Jenis informasi ini biasanya ditemui pada dunia pendidikan seperti saat di sekolah atau perkuliahan. Bentuk yang lebih umum bisa ditemukn terutama pada informasi-informasi yang sifatnya tutorial atau mengajarkan sesuatu.

  1. Informasi persuasif

Bentuk informasi lain selanjutnya yaitu informasi persuasif. Informasi ini biasanya berupa ajakan untuk melakukan suatu hal tertentu. Selain itu, penerapannya juga bisa dilihat pada media-media iklan suatu produk yang umumnya juga memiliki sifat promotif. Komunikasi persuasif biasanya memiliki bentuk informasi ini.

  1. Informasi rekreatif

Informasi selanjutnya yaitu informasi dengan fungsi rekreatif. Rekreatif artinya menghibur. Jenis pesan yang disampaikan biasanya memiliki sifat yang ringan dan tidak terlalu sulit untuk dipahami. Sebagai contoh, bentuk candaan atau gurauan adalah bentuk yang paling umum yang sering ditemukan dalam penerapan komunikasi sehari-hari. Informasi yang ringan ini tentu sering digunakan dalam proses komunikasi rekreatif yang memang sifatnya hanya untuk menghibur saja.

  1. Informasi berita

Informasi berita lebih cenderung akan memaparkan berita dalam kontennya. Komunikasi biasanya akan berjalan dengan isi yang sangat informatif. Informasi ini juga bisa dituangkan ke dalam bentuk media cetak dan juga media lainnya. Informasi dalam bentuk berita ini sering kita jumpai penggunaannya dalam keseharian kita. Ini memberikan kemudahan-kemudahan tersendiri di dalam penerapan komunikasi.

  1. Informasi demonstratif

Informasi dengan sifat demoinstratif akan memberikan isi pesan yang berfungsi untuk menyelesaikan suatu pemecahan masalah melalui urut-urutan proses. Jenis informasi ini juga umum digunakan pada saat melakukan proses komunikasi yang sifatnya adalah tutorial. Hampir mirip dengan informasi edukatif, tetapi cakupannya lebih luas.

  1. Informasi deskriptif

Informasi deskriptif adalah bentuk informasi yang menggunakan penggambaran di dalamnya. Informasi ini biasanya akan menggambarkan  ciri-ciri, keadaan, situasi atau bagaimana rupa suatu objek maupun tempat. Pada umumnya, informasi deskriptif akan memiliki penggambaran yang rinci di dalamnya.

  1. Informasi naratif

Berbeda dengan informasi yang sifatnya deskriptif, informasi naratif lebih cenderung akan banyak memberikan pemaparan melalui bentuk cerita. Karena sifatnya yang bercerita, maka di dalamnya akan ada alur, sudut pandang dan pihak-pihak yang terlibat di dalamnya. Bentuk informasi ini termasuk sering dipakai juga dalam komunikasi pembelajaran.

  1. Informasi kronologis

Informasi dengan fungsi kronologis akan menjabarkan urut-urutan peristiwa. Ini mungkin akan sedikit mirip dengan informasi naratif, namun yang paling membedakan adalah bentuk alurnya yang selalu menggunakan alur maju. Umumnya informasi kronologis juga digambarkan dalam bentuk poin sehingga memudahkan untuk dipahami. Tahap-tahap komunikasi yang baik bisa dituangkan dalam bentuk informasi ini.

Itulah beberapa macam contoh dari jenis-jenis informasi apabila dibedakan berdasarkan fungsinya. Setidaknya ini akan sangat membantu terutama saat kita akan membuat suatu pesan tertentu. Jenis informasi yang tepat digunakan akan membantu proses komunikasi yang efektif.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Oleh :
Kategori : Dasar Komunikasi