Sponsors Link

12 Peran Komunikasi dalam Pembangunan Ekonomi Digital

Sponsors Link

Peran Komunikasi dalam Pembangunan Ekonomi Digital hal ini mentinkronkan antara perkembangan era moderen yang kian gencar hadir di tengah kehidupan manusia. Sebagaimana kita tahu bahwa kini kita dihadapkan kepada era milenial yang semuanya serba berbalut dengan teknologi. Tentunya hal ini memberikan pengaruh kepada hampir semua aspek dalam kehidupan masyarakat. Baik komunikasi, ekonomi hingga kehidupan sosial budaya masyarakat sebgaimana persiapan dalam menjalankan komunikasi daring .

ads

Sebuah fakta dan realitas yang tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi yang begitu pesat tentu juga memberikan dampak yang begitu luar biasa terhadap perkembangan terutama dunia komunikasi serta juga perekonomian. Dampak paling nayata adalah bahwa saat ini perekomonian cendenrung mengarah kepada perekonomian digital. Dimana kini banyak sekali berkembang industri yang memanfaatkan tekonologi dalam menjalankan transaksinya seperti pada fungsi komunikasi daring.

Bagi anda, kini belanja online bukanlah menjadi hal yang tabu lagi, sebab hal ini relatif lebih memudahkan terutama bagi anda yang memiliki keterbatasan waktu luang untuk berbelanja secara offline. Jika kemudian dikaitkan dengan komunikasi maka kedua hal ini memiliki kesinkronan. Nah, dalam artikel ini akan mengupas mengenai bagiamana komunikasi berpengaruh dalam ekonomi digita. Berikut 12 Peran Komunikasi dalam Pembangunan Ekonomi Digital.

  1. Sebagai Sarana Penghubung

Komunikasi merupakan sarana penghubung sebab komunikasi dapat menghubungkan banyak orang untkuk kemudian saling bertukar informasi. Dalam kaitannya dengan perkembangan ekonomi digital maka komunikasi memegang nilai yang penting. Sebab ekonomi digital memberikan ruang bagi para pengguna dan penikmatnya. Sehingga tanpa ada jalinan komunikasi maka keduanya tidak akan dapat terhubung. Oleh ebab itu, maka komunikasi memiliki nilai dan arti penting terutama dalam pengembangan perekonomian digital.

2. Penggerak Ekonomi

Peran komunikasi dalam pembangunan ekonomi digital yang selanjutnya adalah sebagi penggerak perekonomian. Artinya bahwa komunikasi mampu mendorong pertumbuhan dalam ekonomi digital. Sebab, pastinya tanpa ada komunikasi maka para pelaku bisnis ekonomi digital tidak akan bisa bergerak. Sangan penting kemudian megefektifkan komunikasi dalam rangka memacu agar perekonomian digital dapat terus bergerak maju. Oleh sebab itu maka dapat dipastikan bahwa hubungan komunikasi sebagai penggerak ekonomi digital akan memberikan dampak yang saling terkait dan tak dapat dipisahkan.

3. Ketepatan Pertukaran Informasi

Komunikasi merupakan sarana untuk saling bertukar informasi secara efektif dan efisien. Ditengah perkembangan teknologi dan juga membutuhkan kecepatan dalam pertukaran informasi dalam mendukung terlaksananya perekonomian digital yang mampu bersaing. Maka peran komunikasi menjadi amat sentral dan penting. Apalagi di tambah dengan kecanggihan teknologi serta peralatan komunikasi maka tetjadinya pertukaran informasi dalam rangka pembangunan ekonomi digital menjadi sangat penting dalam  model komunikasi scharrm .

4. Kemudahan Mendapatkan Produk yang Diingikan

Kini semua orang dapat demgan mudah mendapatkan berbagai jenis barang yang mereka inginkan hanya dengan bermodalkan ketikan jari. Hal merupakan salah satu upaya dalam rangka pembangunan ekonomi digital. Ditambah dengan perangkat komunikasi yang mendukung, maka kini kegiatan dalam ekonomi digital dapat terlaksana dengan baik. Kini anda selaku konsumen tentunya dapat menikmati bernagai kemudahan ini, sebab semuanya dapat di lakukan dalam genggaman.

5. Kecepatan Transaksi

Salah satu dampak dari adanya pembangunan ekonomi digital adalah berpengaruh langsung kepada kecepatan transaksi. Hal ini tentu saja membuat kita harus berkomunikasi dengan efektif. Inilah yang kemudian membuat peran komunikasi begitu urgensi. Sebab tanpa diimbangi dengan komunikasi maka tentu akan dapat menimbulkan kesalahpahaman antara pelaku usaha dan konsumen. Sehingga harus ada sinkronisasi antara keduanya sehingga dapat menimbulkan pertumbuhan ekonomi digital yang sehat yang merupakan bagian dari cara berkomunikasi yang baik.

Sponsors Link

6. Media Penghasil Profit

Dalam kegiatan ekonomi tujuan utama yang akan selalu dikejar adalah memperoleh keuntunga atau profit. Hal ini merupakan tujuan utama dan pastinya semua pelaku usaha mengetahuinya. Sehingga berbagai cara selalu ditempuh agar dapat memperoleh keuntungan yang sebesar besarnya. Mulai dari promosi besar besaran sampai dengan menggunakan cara cara tradisional. Namun, semua hal tersebut dilakukan dalam upaya mendapatkan profit yang sebesar besarnya.

Nah, disinilah komunikasi memegang peranan penting. Sebab dalam rangka memperoleh profit atau keuntungan komunikasi dapat digunakan sebagai media yang efektif. Anda bisa melakukan promosi melalui media komunikasi publik seperti media sosial atau banyak melakukan endorse. Jadi dalam rankan membangun ekonomi digital komunikasi memegang peran yang amat penting sebgaimana dalam  macam macam media komunikasi.

7. Kemudahan Akses

Komunikasi juga memberikan kemudahan akses dalam berbagai hal terutama berkaitan dengan pembangunan ekonomi digital. Dalam perekonomian digital terdapat ruang ruang yang memudahkan iomunikasi antara pelaku usaha dan konsumen untuk melakukan komunikasi dalam rangka pelaksanaan transaksi digital. Adapun hal ini berkaitan dengan peran komunikasi yang begitu penting dan tak dapat diabaikan. Kemudahan akses dan transaksi kini juga membuat komunikasi digital begitu berkembang dengan sangat pesat, bahkan menjadi salah satu penggerak utama dalam roda perekonomian di negar negara maju.

8. Mengetahui Kondisi Pasar dengan Tepat

Dalam pelaksanaan ekonomi digital tentu saja survei pasar menjadi hal yang juga amat penting dilakukan. Sebab dengan demikian kita dapat melihat dengan jelas mengenai kondissi dan juga peluang pasar yang dapat ditekuni. Nah, dalam hal ini maka komunikasi amat penting dilakukan, sebab kita akan bisa melihat bagaimana para konsumen mengharapkan apa yang mengetahui produk yang benar benar mereka minati. Meskipun kondisi pasar selalu berubah namun tentunya peluang untuk melakukan usaha yang tepat salam mendukung ekonomi digital akan bisa memberikan hasil yang maksimal.

Sponsors Link

9 . Meningkatkan Pelayanan Terhadap Pelanggan

Komunikasi menjadi salah satu upaya dan bentuk dalam upaya peningkatan pelayanan kepada pelanggan. Terlebih lagi dalam rangka pembangunan ekonomi digital pelayanan terhadap pelanggan tak dapat diabaikan. Meskipun penjual dan pelanggan tak dapat bertatap muka secara langsung namun tetap pelayanann merupakan hal utama yang harus diberikan. Nah, tentunya hanya dengan berkomunikasilah hal ini dapat dilakukan tanpa adanya komunikasi maka pelaku usaha tak dapat mengetahui keinginan pelanggan sehingga tidak bisa memmberikan pelayanann secara maksimal sesuaii dengan harapan pelanggan.

10. Memberi Peningkatan Positif

Komunikasi yang efektif akan dapat memberikann hasil yang positif baik pada pelayanan atau juga pada penjualan produk. Sehingga secara tidak langsung komunikasi akan dapat memberikan dampak terhadap kedua hal tersebut. Oleh sebab itu, maka komunikasi memiliki peranan yang penting sebab dampaknya begitu sangat besar terutama dalam rangka pembangunana ekonomi digital yang kini sedang begitu booming. Bahkan arus ini menjadi arus global yang tidak dapat kita hentikan, karena memang teknologi serta zaman sudah menuntut kepada hal yang serba praktis efektif dan efisien sebagaimana dalam ekonomi digital.

11. Menanamkan Kesan Baik

Komunikasi akan dapat membawa dampak atau kesan baik sehingga hubungan timbal balik pada semua elemen yang ada dalam ekonomi digital akan dapat terjalin dengan baik. Sebaliknya tanpa ada komunikasi yang terarah maka kesan baik dannpositif tidak akan didapatkan. Misalnya saja banyak penjual yang enggan membalas chat pembeli, padahal moment ini merupakan hal yang sangat baik dalam upaya membangun ekonomi digital. Terlebih lagi kaitannya dengan komunikasi yang efektif dan efisien dalam  tata krama komunikasi sinkron .

12. Perubahan Pola Pikir Ke arah Positif

Komunikasi dalam rangka pembangunan ekonomi digital dapat menjadikan sebuah perubahan terutama dalam pola pikir. Masyarakat akan lebih terbuka mengenai ekonomi digital yang sudah menjadintrend dan hits dikalangan masyarakat. Adanya komunikasi yang baik dapat memberi dampak yang baik bagi perkembangan dan kemajuan ekonomi digital. Selain itu juga hal ini dapat memberi dampak langsung berupa perubahan asumsi, keinginan dan juga selera setiap orang.

Itulah tadi, 12 peran komunikasi dalam pembangunan ekonomi digital. Semoga dapat bermanfaat .

Sponsors Link
, , , ,