Sponsors Link

5 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Komunikasi Verbal

Sponsors Link

Ada beragam hal yang harus diperhatikan dalam komunikasi verbal ketika kita terlibat dalam suatu proses komunikasi. Komunikasi verbal biasa dikenal juga sebagai komunikasi lisan. Artinya, kita akan menggunakan proses komunikasi yang menggunakan kata-kata secara langsung melalui mulut kita yaitu dengan berbicara. Komunikasi verbal merupakan suatu hal yang tentu saja menjadi bagian dari kehidupan kita. Individu yang satu akan saling berinteraksi dengan individu lainnya melalui proses komunikasi verbal ini.

ads

Baca juga:

Sayangnya, seringkali terdapat kendala dalam penggunaan komunikasi verbal ini. Kesalahpahaman tetap saja bisa terjadi walaupun komunikasi sudah dilakukan secara lisan. Banyak faktor yang bisa mempengaruhi hal ini. Oleh karenanya, kita tetap perlu memperhatikan kira-kira apa saja yang bisa mempengaruhi proses interaksi melalui komunikasi secara lisan. Berikut adalah beberapa ulasan mengenai hal-hal yang perlu kita perhatikan terutama ketika kita melakukan proses komunikasi secara lisan. Apa sajakah itu? Simak penjelasannya berikut ini:

  1. Tempat yang Kondusif

Tempat yang kondusif akan berpengaruh dalam komunikasi secara lisan. Ini bisa kita pahami terutama ketika proses komunikasi sedang berlangsung akan tetapi ada banyak hal yang mendistraksi atau mengalihkan perhatian. Hal semacam ini tentu saja bisa membuat interaksi dan komunikasi tersebut kemudian gagal untuk tercapai dengan efektif. Tempat dan situasi yang kondusif akan mendukung komunikasi lisan yang baik. Contoh lain adalah, ketika lingkungan berisik, tentu saja ini akan mengganggu konsentrasi setiap pihak yang terlibat.

  1. Penggunaan Bahasa yang Mudah Dipahami

Kendala lain yang harus diperhatikan terkait dengan penggunaan bahasa. Kita tidak berbicara bahasa yang berbeda antara individu satu dengan yang lain. Bahasa di sini lebih ditekankan ketika setiap orang berkomunikasi dengan bahasa yang sama, akan tetapi ada banyak istilah yang mungkin asing atau tidak tepat. Kita harus berhati-hati karena hal ini bisa menyebabkan terjadinya kesalahan persepsi dan kesalahan komunikasi. Pesan kemudian tidak bisa diterima dengan baik. (Baca juga: Contoh komunikasi verbal dalam komunikasi lintas budaya)

  1. Komunikasi dilakukan Secara Langsung

Selanjutnya, hal yang harus diperhatikan dalam komunikasi verbal mencakup bagaimana proses interaksi tersebut dilakukan. Karena ini merupakan komunikasi verbal, ada baiknya jika komunikasi dilakukan secara langsung. Menggunakan media lain atau menggunakan pihak ketiga dalam berkomunikasi mungkin bisa saja dilakukan, akan tetapi kesalahan penyampaian informasi juga bisa saja terjadi meskipun komunikasi sudah dilakukan secara lisan.

  1. Kesesuaian Konteks Komunikasi

Konteks komunikasi juga merupakan hal yang perlu diperhatikan. Perhatikan dalam konteks apa kita sedang berbicara. Kesesuaian isi pembicaraan dengan tema dan konteks yang ada akan menentukan keberlangsungan komunikasi yang baik. Tanpa adanya hal tersebut, komunikasi mungkin bisa berlangsung menjadi kurang baik. Apalagi, jika ternyata isi dari komunikasi tersebut sudah keluar konteks. (Baca juga: Hubungan komunikasi non verbal dan verbal)

  1. Tingkat Pemahaman yang Baik

Terakhir adalah mengenai tingkat pemahaman yang  baik. Komunikasi lisan memang cukup sering kita lakukan. Akan tetapi, kesalahan yang sering terjadi seringkali bermuara pada tingkat pemahaman terhadap informasi yang sedang diterima. Tanpa adanya kemampuan untuk memahami isi pesan dari komunikasi tersebut, bisa saja seseorang kemudian menjadi salah penerimaan persepsi. (Baca juga: Contoh penggunaan komunikasi verbal dalam bahasa tertulis)

Demikian ulasan ringkas mengenai hal apa saja yang mesti kita perhatikan dalam berkomunikasi. Tentunya kita bisa semakin mengembangkan kemampuan kita dalam berkomunikasi di kehidupan sehari-hari. Dengan memperhatikan hal yang harus diperhatikan dalam komunikasi verbal, kita bisa semakin percaya diri dan mampu melaksanakan interaksi dengan baik.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Verbal