Sponsors Link

6 Fungsi Konjungsi Bahwa Dalam Teks Berita

Sponsors Link

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, konjungsi diartikan sebagai kata atau ungkapan penghubung antarkata, antarfrasa, antarklausa, dan antarkalimat. Ada beberapa macam konjungsi salah satunya adalah konjungsi subordinatif. Konjungsi subordinatif adalah konjungsi yang menghubungkan anak kalimat dan induk kalimat atau menghubungkan bagian dari kalimat subordinatif, misalnya bahwa, bagaimana, dalam, kalau, dan mengapa.

ads

Konjungsi bahwa merupakan salah satu tipe konjungsi subordinatif yang kerap digunakan dalam penulisan teks berita. Teks berita sendiri diartikan sebagai teks yang berisi tentang berbagai macam kejadian atau persitiwa faktual yang mengandung unsur-unsur berita serta nilai berita dan dipublikasikan di berbagai media massa. Adapun jenis-jenis media massa yang dimaksud adalah media massa cetak dan media massa elektronik. Teks berita yang disajikan di berbagai media massa tersebut ditulis dengan mengacu pada teknis penulisan berita serta menggunakan bahasa jurnalistik. Dalam penulisannya, konjungsi bahwa dapat diletakkan di tengah kalimat mengikuti klausa induk atau di awal kalimat.

Adapun fungsi konjungsi bahwa dalam kalimat atau teks berita merujuk pada fungsi sintaktis dalam teks berita seperti sebagai subjek, objek, keterangan, dan pelengkap. Selain itu, fungsi konjungsi bahwa juga merujuk pada fungsinya secara umum yakni sebagai penghubung antarkata, antarfrasa, antarklausa dan antarkalimat. Fungsi lainnya adalah mengubah bentuk kalimat langsung menjadi kalimat tidak langsung, menyatakan hubungan makna ‘isi’, menunjukkan hubungan kenyataan, menjelaskan dan melengkapi kalimat keseluruhan, dan menerangkan kata yang menyertainya.

Merujuk pada fungsi umum konjungsi bahwa dalam kalimat, maka fungsi konjungsi bahwa dalam teks berita di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Menghubungkan antarkalimat

Fungsi konjungsi bahwa dalam teks berita yang pertama adalah untuk menghubungkan antarkalimat. Berikut adalah contoh kalimat dalam teks berita berjudul Dua Pengedar Sabu Dideportasi dari Malaysia yang dikutip dari Kompas tanggal 13 April 2019.

Setelah diperiksa di Medan, BNN mengetahui bahwa keduanya dikendalikan narapidana LP Cipinang, Jakarta.

Dari contoh di atas, dapat dikatakan bahwa kalimat pertama adalah Setelah diperiksa di Medan, BNN mengetahui. Sedangkan, yang menjadi kalimat kedua adalah keduanya dikendalikan narapidana LP Cipinang, Jakarta. Kedua kalimat ini dihubungkan oleh konjungsi bahwa. (Baca juga : Teknik Penulisan Berita Feature)

2. Mengubah bentuk kalimat langsung menjadi kalimat tidak langsung

Fungsi konjungsi bahwa dalam teks berita berikutnya adalah mengubah bentuk kalimat langsung menjadi kalimat tidak langsung. Dalam teknik penulisan berita media cetak lazim ditemui  penulisan kalimat langsung yang merupakan kutipan pernyataan dari narasumber. Berikut adalah contoh kalimat langsung dari teks berita berjudul Dua Pengedar Sabu Dideportasi dari Malaysia yang dikutip dari Kompas tanggal 13 April 2019.

“Penangkapan dua pengedar sabu di Malaysia adalah momentum untuk meningkatkan kerja sama BNN dengan Kepolisian Kerajaan Malaysia dalam memberantas peredaran narkotika di kawasan Selat Malaka,” kata Deputi Bidang Pemberantasan BNN Inspektur Jenderal Arman Depari di Medan, Jumat (12/4/2019).

Setelah diubah menjadi kalimat tidak langsung, paragraf tersebut menjadi sebagai berikut.

Deputi Bidang Pemberantasan BNN Inspektur Jenderal Arman Depari di Medan, Jumat (12/4/2019) mengatakan bahwa penangkapan dua pengedar sabu di Malaysia adalah momentum untuk meningkatkan kerja sama BNN dengan Kepolisian Kerajaan Malaysia dalam memberantas peredaran narkotika di kawasan Selat Malaka.

3. Menyatakan hubungan makna ‘isi’

Menurut Ramlan (1981) dalam Nardiati dkk (1996), fungsi lain dari konjungsi bahwa dalam teks berita adalah menyatakan hubungan makna ‘isi’. Hal ini dikarenakan klausa anak menjadi isi klausa induknya. Dengan kata lain, klausa anak menyatakan apa yang dikatakan, dipikirkan, didengar, disadari, diyakini, diketahui, dinyatakan, dijelaskan, dikemukakan, atau ditanyakan dalam klausa induk. Berikut adalah contoh kutipan kalimat dalam teks berita berjudul Festival Indonesia Moskow Targetkan 140 Ribu Pengunjung yang disadur dari laman Media Indonesia tanggal 14 Juni 2019.

Ilya Kuzmin mengatakan bahwa Pemerintah Kota Moskow mendukung penuh KBRI Moskow dalam menyelenggarakan Festival Indonesia.

Kalimat di atas menunjukkan konjungsi bahwa menyatakan hubungan makna isi di mana klausa anak yakni Pemerintah Kota Moskow mendukung penuh KBRI Moskow dalam menyelenggarakan Festival Indonesia menyatakan apa yang dikatakan, dipikirkan, didengar, disadari, diyakini, diketahui, dinyatakan, dijelaskan, dikemukakan, atau ditanyakan dalam klausa induk. (Baca juga : Teknik Penulisan Berita Investigasi).

4. Menunjukkan hubungan kenyataan

Konjungsi bahwa dalam teks berita juga berfungsi menunjukkan hubungan kenyataan atau penghubung komplementatif. Maksudnya adalah konjungsi bahwa bertugas melengkapi verba atau melengkapi nomina subjek. Dalam bahasa tulisan, konjungsi bahwa dapat ditulis dapat pula tidak. Sementara itu, dalam bahasa lisan atau percakapan, konjungsi bahwa sering dihilangkan dan diganti dengan jeda.  Berikut adalah contoh kutipan kalimat dalam teks berita berjudul Festival Indonesia Moskow Targetkan 140 Ribu Pengunjung yang disadur dari laman Media Indonesia tanggal 14 Juni 2019. Baca juga : Teknik Penulisan Berita Radio

  • Ilya Kuzmin mengatakan bahwa Pemerintah Kota Moskow mendukung penuh KBRI Moskow dalam menyelenggarakan Festival Indonesia.
  • Ilya Kuzmin mengatakan, Pemerintah Kota Moskow mendukung penuh KBRI Moskow dalam menyelenggarakan Festival Indonesia.

Kalimat di atas menunjukkan konjungsi bahwa berfungsi menunjukkan hubungan kenyataan yakni melengkapi verba “mengatakan”. Kalimat di atas juga menunjukkan kongjungsi bahwa dalam penulisannya dapat dihilangkan dan diganti dengan jeda yang ditandai dengan tanda koma [,]. (Baca juga : Teknik Penulisan Berita Straight News).

5. Menjelaskan dan melengkapi isi berita

Konjungsi bahwa juga berfungsi untuk menjelaskan dan melengkapi isi berita. Fungsi ini terkait dengan fungsi konjungsi bahwa yang menunjukkan hubungan makna isi di mana klausa anak merupakan isi yang menjelaskan suatu keadaan, kejadian, atau peristiwa pada klausa induknya. Selain itu, fungsi ini juga terkait dengan fungsi konjungsi bahwa yang menunjukkan hubungan kenyataan, di mana konjungsi bahwa bertugas melengkapi verba atau nomina subjek. Berikut adalah contoh kutipan kalimat dalam teks berita berjudul Festival Indonesia Moskow Targetkan 140 Ribu Pengunjung yang disadur dari laman Media Indonesia tanggal 14 Juni 2019.

Ilya Kuzmin mengatakan bahwa Pemerintah Kota Moskow mendukung penuh KBRI Moskow dalam menyelenggarakan Festival Indonesia.

Kalimat di atas menunjukkan klausa anak yaitu Pemerintah Kota Moskow mendukung penuh KBRI Moskow dalam menyelenggarakan Festival Indonesia berfungsi untuk menjelaskan dan melengkapi isi berita. Jika klausa anak ini tidak ada, isi berita menjadi tidak jelas dan tidak lengkap karena tidak diketahui apa yang dikatakan. (Baca juga : Fungsi Piramida Terbalik dalam Berita)

6. Menerangkan kata yang menyertainya

Fungsi konjungsi bahwa dalam teks berita yang terakhir adalah untuk menerangkan kata yang menyertainya.  Berikut adalah contoh kutipan kalimat dalam teks berita berjudul Festival Indonesia Moskow Targetkan 140 Ribu Pengunjung yang disadur dari laman Media Indonesia tanggal 14 Juni 2019.

Ilya Kuzmin mengatakan bahwa Pemerintah Kota Moskow mendukung penuh KBRI Moskow dalam menyelenggarakan Festival Indonesia.

Kalimat di atas menunjukkan konjungsi bahwa menerangkan kata “mengatakan” dengan menerangkan apa yang dikatakan oleh subjek. (Baca juga : Bahasa Jurnalistik Radio)

Demikianlah ulasan singkat tentang fungsi konjungsi dalam teks berita. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang konjungsi dan fungsinya dalam teks berita.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :