Sponsors Link

8 Contoh Opini dalam Jurnalistik

Sponsors Link

Setiap hari kita mengetahui peristiwa yang terjadi di masyarakat melalui pemberitaan di media massa. Berita yang merupakan salah satu karya jurnalistik ini memberikan manfaat kepada khalayak  berupa pengetahun dan wawasan serta dapat menyalurkan ide-ide dan gagasan.

ads

Menurut M. Ridwan, jurnalistik adalah kegiatan penyiapan, penulisan, penyuntingan, dan penyampaian berita kepada khalayak melalui saluran media tertentu. Berbagai peristiwa yang disebarkan oleh media bernilai fakta. Ada pula media yang mengemas berita melalui opini atau tanggapan seseorang dengan tujuan untuk kritik sosial yang bersifat membangun. Opini sering ditemui di berbagai media cetak seperti koran maupun majalah.

Setiap koran memiliki opini yang sebutannya berbeda-beda. Opini biasanya ditulis oleh seorang yang ahli dalam bidang penulisan opini dalam suatu redaksi. (Baca juga: Contoh Opini dalam Media Cetak)

Berikut ini merupakan contoh opini dalam jurnalistik:

  1. Tajuk rencana

Tajuk rencana disebut juga sebagai editorial. Tajuk rencana merupakan tulisan berupa opini, komentar, pendapat seseorang terhadap peristiwa atau isu-isu yang berkembang dimasyarakat.

Tajuk rencana ini biasanya ditulis oleh petinggi redaksi dan dipublikasikan kepada masyarakat melalui media surat kabar atau yang sering dikenal dengan koran. Tajuk rencana dalam surat kabar memiliki beberapa makna penulisan seperti menjelaskan suatu peristiwa, memberi wawasan kepada pembaca, membuat suatu analisis, dan mencari nilai kebenaran atau fakta dalam suatu berita. (Baca juga: Pengertian Jurnalistik Menurut Ahli)

  1. Feature

Penulisan opini dalam bentuk feature ini lebih memfokus keindahan tulisan jurnalistik dengan tulisan sastra. Opini yang dibahas mengenai peristiwa yang sedang berlangsung di masyarakat dan menjadi sorotan publik. Penambahan gaya bahasa sastra seperti personifikasi (mengumpamakan benda mati seolah-olah menjadi hidup) menjadi daya tarik pembaca. Terkadang pembaca juga merasa tersentuh hatinya karena bentuk opini yang dikemas dalam bentuk cerita sastra yang indah, tetapi tidak keluar dari fakta peristiwa tersebut. (Baca juga: Pengertian Media Cetak Menurut Ahli)

  1. Resensi

Resensi merupakan suatu karya sastra berupa tulisan ulasan dari buku, film, lagu, musik, dan lainnya. Surat kabar hanya menyajikan resensi pada edisi Minggu saja. Edisi Minggu pada surat kabar biasanya menyajikan opini dalam bentuk resensi. Opini pada resensi berisi tanggapan-tanggapan mengenai isu-isu yang ringan. Resensi film, buku, dan lagu terdiri atas kutipan cerita, kekurangan dan kelebihan, serta perkenalan para pelaku atau pemain. (Baca juga: Jenis-jenis Jurnalistik)

  1. Artikel

Artikel merupakan suatu karangan yang bersifat faktual yang kemudian dipublikasikan untuk dikonsumsi oleh masyarakat. Artikel juga termasuk salah satu contoh opini dalam jurnalsitik. Artikel sebagai opini berisi pembahasan mengenai isu-isu terhangat yang sedang berkembang di masyarakat. Opini dalam sebuah artikel ini dikaitkan dengan tajuk rencana, pojok, dan editorial.

Fungsi opini dalam artikel untuk mewakili aspirasi rakyat kepada pemerintah, memberikan solusi dalam suatu masalah, mengkritik, memberi saran, dan harapan-harapan lain dari rakyat untuk pemerintahan yang lebih baik. (Baca juga: Jenis-jenis Berita)

Sponsors Link

  1. Kolom

Kolom merupakan suatu bagian atau ruang dari surat kabar yang dimanfaatkan oleh penulis khusus dibidangnya. Seorang yang berprofesi mengisi tulisan pada bagian kolom dalam surat kabar disebut kolumnis. Opini pada kolom memiliki tema yang beragam mulai dari pembahasan politik, sosial, ekonomi, olahraga, dan lain sebagainya. Setiap surat kabar biasanya memiliki masing-masing satu kolumnis pada setiap kolom. Kolom ini berisi tanggapan berupa opini yang sesuai dengan pandangan kolumnis. (Baca juga: Bahasa Jurnalistik)

  1. Esai

Esai menjadi salah satu contoh opini dalam jurnalistik. Esai merupakan suatu karangan tulisan yang berisi sebuah tanggapan terhadap suatu masalah yang bersifat kontroversial. Esai termasuk ke dalam golongan sastra karena opini esai kebanyakan membahas masalah kebudayaan seperti seni musik, seni sastra, seni rupa, dan lain sebagainya.

Opini pada esai menggunakan gaya bahasa sastra yang dapat menarik minat masyarakat untuk membaca. Esai bertujuan untuk mengekspresikan perasaan, kritik, dan kesan terhadap suatu permasalahan budaya. (Baca juga: Teknik Penulisan Berita Media Cetak)

  1. Pojok

Pojok merupakan salah satu contoh opini dalam jurnalistik. Pojok merupakan suatu rubrik yang berperan penting dalam mencerminkan sikap redaksi pada surat kabar. Jika dilihat dari peletakan pojok, sesuai dengan namanya pojok berada pada sudut surat kabar dan memanfaatkan kolom kecil dan memanjang. Pojok berupa kutipan singkat dari opini atau pernyataan narasumber terhadap suatu peristiwa.

Peristiwa yang dipilih biasanya peristiwa yang kontroversial dan kemudian akan ditulis kembali oleh petinggi redaksi dan dipublikasikan dengan menggunakan kata-kata yang menarik yang terkadang menyindir tetapi mewakili aspirasi masyarakat. (Baca juga: Media Massa Menurut Ahli)

Sponsors Link

  1. Karikatur

Karikatur merupakan sebuah gambar wajah seseorang yang diekspresikan secara berlebihan. Karikatur digolongkan sebagai opini karena karikatur yang biasa ditampilkan dalam surat kabar bersifat menyindir dan berfungsi untuk mengekspresikan sikap tidak setuju terhadap peraturan pemerintah.

Karikatur digunakan oleh seorang jurnalis sebagai opini redaksi media yang memuat kelucuan atau humor yang ditujukan untuk kritik sosial dan kemudian dipublikasikan kepada masyarakat melalui surat kabar. (Baca juga: Peran Media Massa)

Itulah beberapa contoh opini dalam jurnalistik yang bisa diterapkan sebagai sebuah opini.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :