Sponsors Link

6 Contoh Efek Komunikasi Politik Secara Langsung dan Tidak Langsung

Sponsors Link

Sebagaimana kita ketahui, ada efek komunikasi politik yang sebenarnya berpengaruh dalam kehidupan bermasyarakat dan bersosial. Komunikasi politik merupakan hal yang mungkin akan menjadi sesuatu yang “tidak memberikan minat” bagi beberapa orang. Namun demikian, tetap saja komunikasi politik tersebut akan memiliki pengaruh tertentu. Oleh karenanya, kita bisa mulai mengidentifikasi apa saja kira-kira hal yang bisa menjadi dipengaruhi baik secara langsung atau pun tidak langsung dari komunikasi politik ini.

ads

Teori komunikasi politik sebenarnya memiliki dua macam pengaruh, yakni yang sifatnya positif maupun sifatnya negatif. Kedua pengaruh tersebut bisa dirasakan secara langsung maupun tidak langsung. Supaya kita bisa lebih mudah dalam memahami hal ini, berikut ini adalah beberapa efek dari komunikasi politik yang bisa kita ketahui. Ini merupakan gambaran-gambaran umum yang tentu saja mungkin masih ada banyak lagi contoh yang bisa kita cari tahu.

Efek Komunikasi Politik Secara Langsung

Efek komunikasi politik secara langsung memiliki pengertian bahwa strategi komunikasi politik bisa berpengaruh pada individu atau komunikasi dengan cepat. Pengaruh tersebut akan membawa reaksi yang cepat dari masyarakat untuk melakukan suatu aksi. Berikut ini adalah beberapa contoh efeknya:

  1. Demonstrasi

Demonstrasi atau unjuk rasa oleh masyarakat bisa langsung terjadi manakala masyarakat mengetahui suatu informasi yang tidak sesuai dari sebuah proses komunikasi politik. Demonstrasi akan dilakukan dengan sesegera mungkin dan biasanya ini juga akan berpengaruh langsung pada politik pemerintahan. Kebijakan politik yang sebelumnya dibuat, mungkin akan berpengaruh secara langsung setelah adanya demonstrasi.

  1. Aksi Long March

Sebenarnya hampir mirip dengan demonstrasi, long march merupakan bentuk pengungkapan aspirasi oleh masyarakat tentang kebijakan politik tertentu. Efeknya juga akan langsung dirasakan pada kebijakan politik yang sedang disorot. Ini merupakan bentuk-bentuk dari komunikasi politik yang memang bisa memberikan dampak langsung bagi masyarakat.

  1. Pencetusan Petisi

Petisi-petisi juga bisa muncul dari adanya komunikasi politik yang terjadi. Biasanya, petisi dilakukan manakala ada ketidaksetujuan terhadap suatu kebijakan. Petisi digunakan untuk mengumpulkan dukungan untuk kemudian diajukan sebagai bentuk “protes” terhadap kebijakan. Umumnya, petisi bisa dilakukan untuk membuat kebijakan politik bisa dievaluasi kembali dan menjadi lebih baik. Petisi bisa menjadi bagian dari media komunikasi politik.

Efek Komunikasi Politik Secara Tidak Langsung

Efek komunikasi politik secara tidak langsung mengandung pengertian bahwa komunikasi yang terjadi akan memiliki pengaruh-pengaruh tertentu yang sebenarnya merupakan akibat dari komunikasi politik, namun tidak begitu disadari. Kehidupan masyarakat mungkin akan terlihat biasa saja namun sebenarnya ada perubahan yang tidak disadari terjadi akibat adanya perubahan kebijakan politik. Berikut adalah beberapa contohnya:

  1. Dukungan Calon Pimpinan

Seseorang memilih calon pimpinan bisa jadi karena adanya pengaruh-pengaruh dalam komunikasi politik. Ia akan cenderung memilih seorang pimpinan karena secara tidak sadar telah terpapar mengenai berbagai macam kampanye. Ini merupakan efek dari komunikasi politik yang memang kadang kita juga mengalami.

  1. Dukungan Kebijakan Politik

Kebijakan politik bisa diterapkan dengan mudah manakala sudah sesuai dengan nilai masyarakat. Masyarakat mungkin tidak akan menyadari bahwa pola kehidupan bermasyarakat sudah berubah karena memang ada unsur komunikasi politik yang dilakukan tanpa menimbulkan penolakan tertentu.

  1. Penerapan Birokrasi

Kita mungkin pernah mengalami sebuah pengalaman, dimana kita mengikuti aturan-aturan birokrasi tertentu. Secara tidak langsung, ini adalah pengaruh dari komunikasi politik yang sudah kita terima. Kita bisa tahu aturan-aturan birokrasi yang ada dalam suatu pemerintahan berkat peran media komunikasi politik. Efek komunikasi politik ini memang seperti tidak dirasakan tetapi memang ada.

Demikian penjelasan terkait apa saja contoh efek komunikasi politik secara langsung dan tidak langsung. Bisa dijadikan acuan bagi para pemerhati politik atau para politikus dalam menyampaikan pesan politiknya.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Politik