Sponsors Link

10 Tujuan Sentral dalam Strategi Komunikasi

Sponsors Link

Mengidentifikasi tujuan sentral dalam strategi komunikasi akan memberikan pemahaman lebih lanjut pada kita mengenai alasan mengapa membuat strategi komunikasi itu penting. Bagaimana pun juga, proses komunikasi yang baik harus memiliki panduan dan rancangan yang tepat. Strategi komunikasi dapat memberikan kemudahan terutama ketika kita akan melakukan proses komunikasi yang efektif. Kita juga akan membuat komunikasi lebih terarah dan tujuan dari komunikasi tersebut bisa dicapai dengan lebih mudah. Inilah yang kemudian membuat kita perlu tahu sebenarnya apa tujuan sentral dari strategi komunikasi.

ads

Berikut ini adalah rangkuman mengenai gambaran umum dari tujuan sentral tersebut. Kita bisa mengetahuinya dan semakin mengembangkan apa saja yang sebenarnya penting dari strategi komunikasi. Setidaknya, dengan mengetahui tujuan ini kita akan semakin terbiasa untuk merancang strategi komunikasi sebelum melakukan proses interaksi atau komunikasi sosial yang memang membutuhkan suatu tujuan akhir.

  1. Mempertahankan Pemahaman

Sebagaimana tertuang dalam karya Pace, Peterson dan Burnett yang berjudul “Techniques for Effective Communication”, tujuan sentral dari adanya strategi komunikasi yang pertama adalah to secure understanding atau mempertahankan pemahaman. Strategi komunikasi bermanfaat dalam meningkatkan pemahaman komunikan.

  1. Menghasilkan Penerimaan

Masih dalam karya yang sama, penerimaan juga menjadi bagian dari tujuan sentral dalam strategi komunikasi. Pesan akan diterima oleh komunikan yang kemudian akan kembali dibina supaya pemahaman tersebut tidak menjadi salah pengertian. Proses komunikasi yang efektif bisa berjalan dengan baik dengan memperhatikan hal ini.

  1. Memotivasi Aksi

Tujuan sentral terakhir versi Pace dkk adalah memotivasi aksi. Strategi komunikasi bisa mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu. Ini akan terlihat dari bagaimana pola strategi tersebut akan diterapkan. Tentu saja, hal ini akan sangat bermanfaat dan membantu dalam proses motivasi aksi tersebut. Tujuan komunikasi kelompok akan diidentifikasi melalui strategi terlebih dahulu.

  1. Memelihara Inisiatif

Pendapat lain yang juga mengungkapkan tujuan sentral dari strategi komunikasi dijabarkan ke dalam ruang lingkup yang ada. Salah satunya, strategi komunikasi dapat memelihara inisiatif seseorang. Tanpa adanya strategi, seseorang mungkin akan lebih abai terhadap tujuan akhir dari proses komunikasi yang akan dilakukan.

  1. Mempertahankan Keobjektifan

Selain inisiatif yang dipelihara, keobjektifan seseorang juga akan dipertahankan karena sudah menetapkan panduan dalam proses komunikasi yang akan ia lakukan. Ini akan sangat berguna terutama dalam menjaga sikap netral sehingga terhindar dari perdebatan yang tidak perlu selama proses komunikasi nantinya.

  1. Memusatkan Konsentrasi

Konsentrasi akan lebih terpusat dengan adanya strategi komunikasi. Ini juga akan mengandung arti bahwa komunikasi yang terarah harus memiliki konsentrasi yang baik. Strategi komunikasi dapat membantu mewujudkan teknik komunikasi efektif.

  1. Menciptakan Kepemimpinan yang Komitmen dan Terkoordinasi

Dengan adanya strategi komunikasi yang baik, maka akan muncul proses kepemimpinan di dalamnya. Komitmen dan juga koordinasi yang tepat bisa dilakukan oleh seorang pemimpin setelah menerapkan strategi komunikasi yang baik.

  1. Menciptakan Keamanan

Keamanan juga akan tercipta berkat adanya strategi komunikasi. Ini berguna untuk menghindari celah keamanan yang mungkin saja terjadi akibat kesalahan penerimaan persepsi atau hal lain. Keamanan bisa membuat proses klarifikasi dilakukan dengan lebih cepat. Faktor yang mempengaruhi komunikasi juga bisa dicari dengan menggunakan strategi.

  1. Meningkatkan Kejujuran

Kejujuran hampir sama dengan keobjektifan. Strategi komunikasi akan membuat seseorang memiliki pandangan yang lebih luas dan netral. Ini juga akan membantu dalam memandang suatu pendapat dari banyak sisi.

  1. Membangun Fleksibilitas

Karena sifatnya yang membantu melihat suatu masalah dari banyak sudut pandang, maka strategi komunikasi juga bisa membangun fleksibilitas. Sikap yang tidak kaku atau kolot bisa terlihat dengan adanya fleksibilitas ini. Beragam tujuan sentral dalam strategi komunikasi tentu saja menjadi alasan yang penting mengapa kita perlu menerapkannya.

Demikian penjelasan terkait apa saja tujuan sentral dalam strategi komunikasi seperti  Strategi Komunikasi Interpersonal Efektif dalam Komunikasi Kesehatan, Strategi Komunikasi Organisasi Efektif, dan strategi komunikasi lainnya.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :