Sponsors Link

10 Strategi Komunikasi dalam Pemasaran Internasional

Sponsors Link

Mempelajari strategi komunikasi dalam pemasaran internasional memang cukup penting. Pemasaran internasional digunakan terutama untuk memperluas jaringan bisnis. Di dalamnya, proses komunikasi perlu dilakukan dengan baik sehingga tujuan dari pemasaran internasional tersebut bisa tercapai. Dengan jaringan bisnis yang semakin meluas, tentu saja diharapkan produk atau jasa yang ditawarkan juga semakin dikenal. Oleh karenanya, diperlukan strategi komunikasi yang efektif sehingga kita bisa benar-benar membangun jaringan dalam skala internasional.

ads

Di bawah ini adalah beberapa macam cara yang bisa dilakukan untuk membangun komunikasi efektif dalam pemasaran internasional. Strategi komunikasi pemasaran memang menjadi sebuah tantangan tersendiri. Ada banyak faktor di dalamnya yang tentu saja bisa diperhatikan, sehingga strategi-strategi berikut bisa diterapkan dengan baik.

  1. Menguatkan Karakteristik

Karakteristik produk yang kuat bisa menciptakan proses komunikasi pemasaran internasional yang efektif. Ini akan membentuk sebuah identitas tersendiri dari sebuah produk. Tentu saja, ada tantangan tersendiri yang diperlukan terutama apabila kita akan membuat produk yang berkarakter. Seseorang akan lebih trust pada produk yang ditawarkan manakala kualitasnya juga bisa dirasakan secara langsung. Ini adalah awal dari strategi komunikasi pemasaran global yang patut diterapkan.

  1. Membuat Adaptasi yang Baik

Perbedaan latar belakang budaya di setiap negara menjadi sebuah tantangan saat kita membicarakan tentang komunikasi dalam pemasaran internasional. Sebuah perusahaan atau organisasi harus peka terhadap perbedaan budaya ini. Adaptasi bisa dilakukan dengan mengidentifikasi latar belakang atau budaya konsumen dalam suatu wilayah. Pendekatan yang baik akan menciptakan masyarakat yang familiar dan dekat dengan produk.

  1. Menciptakan Branding yang Kuat

Hampir mirip dengan penguatan karakteristik, branding yang kuat digunakan terutama untuk membuat konsumen langsung teringat pada produk kita. Ada strategi branding yang mungkin bisa dipelajari lebih lanjut, terutama terkait dengan bagaimana peran komunikasi pemasaran yang sebaiknya dilakukan.

  1. Menggunakan Bahasa Internasional

Mengingat pangsa pasar yang ditargetkan adalah pangsa pasar internasional, maka tidak lucu bila kita hanya menggunakan bahasa lokal saja. Bahasa internasional yang dipahami oleh masyarakat global bisa digunakan sehingga konsumen juga bisa merasa paham dengan produk atau kualitas yang ditawarkan.

  1. Advokasi pada Pemerintah bila Diperlukan

Pendekatan bisa dilakukan pada pemerintah bila diperlukan. Mengingat mungkin sulitnya regulasi yang dikeluarkan oleh pemerintah atau ada proses birokrasi yang diperlukan. Dengan melakukan pendekatan pada pemerintah, maka kita bisa dengan mudah memasarkan produk yang baik. Kita juga bisa mempelajari lebih banyak tentang bagaimana cara melakukan pendekatan atau advokasi pada pemerintah.

  1. Menggunakan Media Kekinian

Perkembangan zaman akan selalui diiringi dengan berbagai macam teknologi yang baru. Tak jarang pula kita juga bisa melihat ada banyak sekali media yang bisa digunakan untuk menjadi sarana dalam proses komunikasi pemasaran. Menggunakan media kekinian bisa menjadi strategi komunikasi dalam pemasaran internasional yang tepat supaya produk yang ditawarkan bisa lebih meluas lagi jaringannya. Kita juga patut mengetahui model komunikasi pemasaran yang tepat digunakan.

  1. Membaca Kebutuhan Pasar Internasional

Komunikasi yang dilakukan juga bisa dengan membaca kebutuhan pasar internasional. Lagi, peka terhadap situasi pada saat ini merupakan kunci supaya strategi komunikasi pemasaran yang kita terapkan bisa berjalan dengan baik. Produk yang akan ditawarkan juga tentunya bisa lebih terbarukan (update) dengan kita bisa membaca kebutuhan pasar internasional.


  1. Memperhatikan Latar Belakang

Latar belakang budaya penting untuk diperhatikan. Beragamnya budaya dari wilayah di seluruh dunia memang menjadi tantangan yang perlu dilalui supaya proses pemasaran bisa berjalan dengan baik. Pendekatan budaya ini memang sangat tepat digunakan pada saat kita akan melaksanakan komunikasi pemasaran secara internasional.

  1. Menggunakan Komunikasi Persuasif

Komunikasi persuasif merupakan bentuk komunikasi ajakan. Ini juga bisa menjadi salah satu strategi yang tepat, terutama dengan menyisipkan nilai-nilai tertentu di dalam proses komunikasi pemasaran. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengetahui terlebih dahulu apa value yang diinginkan konsumen.

  1. Mengidentifikasi Target Konsumen

Terakhir, jangan lupa untuk menetapkan target konsumen dari produk atau layanan yang akan kita tawarkan. Ini akan sangat berpengaruh dengan strategi atau gaya komunikasi pemasaran yang akan diterapkan. Tujuan komunikasi pemasaran bisa ditetapkan dengan mengidentifikasi terlebih dahulu target konsumen. Proses ini mungkin membutuhkan riset terlebih dahulu sehingga bisa benar-benar membantu dalam pelaksanaan strategi komunikasi dalam pemasaran internasional.

Demikian penjelasan terkait apa saja strategi komunikasi dalam pemasaran internasional yang mungkin bisa diterapkan saat melakukan komunikasi bisnis dalam ruang lingkup internasional

Sponsors Link
, , ,
Oleh :