Sponsors Link

8 Makna Warna dalam Komunikasi Non Verbal

Sponsors Link

Tahukah kamu bahwa ternyata terdapat makna warna dalam komunikasi non verbal yang seringkali tidak kita sadari? Ya, komunikasi non verbal merupakan salah satu bentuk komunikasi dimana di dalamnya memungkinkan kita untuk menyampaikan sesuatu tanpa harus diucapkan. Bentuk komunikasi ini umumnya ditunjukkan dengan menggunakan isyarat-isyarat tertentu yang tidak perlu disuarakan. Lebih uniknya lagi, pesan tetap akan tersampaikan dengan baik bila kita mampu menggunakan teknik komunikasi non verbal yang tepat. Salah satu faktor keberhasilan dalam penggunaan komunikasi nonverbal adalah penggunaan medianya yang tepat. Komponen dari media tersebut salah satunya adalah warna.

ads

Warna dalam komunikasi non verbal bisa memberikan makna atau isyarat-isyarat tertentu. Contoh yang paling mudah adalah, ketika kita melihat coretan dengan tinta warna merah pada tulisan kita, maka itu bisa diartikan sebagai sebuah tanda agresif. Kita juga mungkin sering mendengar bahwa kita harus menghindari menulis dengan warna merah karena warna tersebut bisa memberikan kesan yang sangat agresif. Berikut ini adalah beberapa macam makna dari warna yang bisa kita ketahui supaya kita bisa menyisipkannya dalam bentuk komunikasi non verbal yang akan kita buat:

  1. Warna Merah

Warna merah sangat tepat digunakan ketika kita akan menunjukkan nuansa yang agresif, berani dan mencolok. Warna merah ini mengandung makna keberanian, tingkat kepercayaan diri yang baik dan juga ingin menarik pusat perhatian. Dalam komunikasi non verbal berupa media gambar, penggunaan warna merah bisa digunakan untuk membuat gambar tersebut menarik perhatian orang lain. (Baca juga: Fungsi kontak mata dalam komunikasi non verbal)

  1. Warna Hijau

Warna hijau memiliki makna tentang kesejukan, kedamaian dan kesegaran. Warna hijau ini bisa dibilang sebagai sesuatu yang menentramkan. Penggunaannya dalam komunikasi non verbal bisa dilakukan terutama pada saat kita akan menyimbolkan kesan yang damai dan juga nuansa yang segar. Tentu saja, ini perlu disesuaikan dengan tujuan komunikasi non verbal yang akan dilakukan.

  1. Warna Biru

Makna warna biru memiliki kesan dan nuansa yang sifatnya ketenangan dan harapan. Kita bisa menggunakan warna biru terutama saat akan memberikan informasi yang berat tetapi ingin supaya penerima pesan mendapatkannya dengan baik. Perbedaan komunikasi verbal dan non verbal memang termasuk dalam penggunaan media seperti ini.

  1. Warna Kuning

Warna kuning sebenarnya juga merupakan warna yang bisa menjadi pusat perhatian. Hampir mirip dengan warna merah, hanya saja warna kuning ini biasanya akan lebih mencolok. Warna kuning akan memberikan makna kepercayaan diri tanpa membawa sikap  yang agresif di dalamnya. Kuning juga bisa digunakan pada saat kita akan menyampaikan sesuatu yang sifatnya ceria dan menyenangkan.

  1. Warna Pink

Warna pink atau merah muda sangat identik dengan nuansa feminin. Warna ini bisa mencitrakan sesuatu yang sifatnya lembut dan kewanitaan. Selain itu, pink juga mengandung makna warna dalam komunikasi non verbal sebagai sesuatu yang romantis. Ini bisa digunakan juga untuk memberikan gambaran romansa.

  1. Warna Ungu

Hampir mirip dengan warna pink, warna ungu juga mengandung nuansa yang romantis. Hanya saja, warna ungu biasanya digunakan untuk membangkitkan gairah. Komunikasi non verbal yang menggunakan warna ungu sangat tepat terutama jika kita akan memberikan sesuatu yang sifatnya semangat.

  1. Warna Hitam

Hitam adalah warna yang netral. Biasanya bentuk ini lebih menggambarkan citra yang netral dan juga tidak berlebihan. Warna hitam bisa digunakan juga sebagai simbol kedukaan atau kesedihan jika dipakai sebagai warna yang dominan. (Baca juga: contoh informasi verbal diubah menjadi non verbal)

  1. Warna Putih

Sama halnya dengan waran hitam, warna putih juga merupakan warna yang netral. Warna ini bisa digunakan juga terutama bila kita ingin memberikan kesan atau suasana yang suci dan sakral. Warna putih bisa dikombinasikan dengan apa saja. Yang jelas, makna warna dalam komunikasi non verbal bisa menjadi lebih damai ketika ada unsur putih di dalamnya.

Demikian penjelasan terkait apa saja makna warna dalam komunikasi non verbal yang biasa diterapkan untuk menghasilkan sebuah komunikasi yang efektif pun persuasif.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :