Sponsors Link

8 Makna Penting Komunikasi dalam Interaksi Sosial

Sponsors Link

Ada makna penting komunikasi dalam interaksi sosial yang mungkin saja kita seringkali abaikan. Proses interaksi sosial, bagaimana pun juga pasti selalu melibatkan komunikasi di dalamnya. Bentuk komunikasi ini sering dikenal sebagai komunikasi interpersonal. Komunikasi interpersonal atau yang biasa disebut juga sebagai komunikasi antar pribadi merupakan proses komunikasi yang dilakukan antara satu orang dengan orang lain baik secara individu per individu, individu kepada kelompok atau antar kelompok. Ini tentu saja berarti bahwa proses komunikasi tersebut akan selalu memberikan suatu pengertian tersendiri. (Baca juga: Faktor pembentuk komunikasi interpersonal)

ads

Berikut adalah beberapa macam makna penting yang ada dalam komunikasi sebagai bagian dari interaksi sosial. Makna-makna ini bisa menjadi landasan bahwa kita harus bisa melakukan cara komunikasi yang baik sehingga penyampaian informasi bisa dilakukan dengan sangat efektif dan efisien. Apa sajakah makna dari proses komunikasi tersebut?

  1. Memberikan Informasi

Komunikasi jelas mengandung makna sebagai sarana untuk memberikan informasi. Pertukaran informasi bisa terjadi sebagai salah satu tujuan dari interaksi sosial. Ini merupakan salah satu makna dalam komunikasi yang ada pada interaksi sosial. Perpindahan informasi dari satu orang ke orang lain bisa dilakukan dengan mudah.

  1. Menghibur

Dalam interaksi sosial, komunikasi juga bisa memiliki sifat yang menghibur (to entertain). Makna ini mungkin sering tidak kita sadari, namun pada dasarnya hal ini sering kali kita lakukan juga. Contoh yang paling mudah adalah ketika kita membicarakan hal-hal ringan dengan orang-orang di sekitar.

  1. Memberikan Pengaruh

Komunikasi juga bisa memberikan pengaruh tertentu. Ada salah satu bentuk komunikasi yang khas yaitu komunikasi persuasif dimana di dalamnya sering berisi ajakan-ajakan tertentu. Ini tentu tidak lepas dari kehidupan sosial yang memungkinkan suatu kelompok mendapatkan pengaruh tertentu karena adanya proses komunikasi sosial di dalamnya. (Baca juga: Pengaruh persepsi dalam komunikasi interpersonal)

  1. Memberikan Pendidikan

Untuk makna penting komunikasi dalam interaksi sosial, kita bisa melihat dari fungsi komunikasi itu sendiri. Ada unsur edukasi yang seringkali juga terlibat dalam proses komunikasi. Informasi yang sifatnya edukatif ini, kita bisa menemukannya mungkin dalam komunikasi pendidikan atau komunikasi pembelajaran.

  1. Sarana Eksistensi Diri

Komunikasi juga memungkinkan sebagai sarana eksistensi diri. Dengan adanya proses komunikasi interpersonal, kita dapat lebih menunjukkan peran-peran kita dalam kehidupan bersosial. Tentu saja, manfaat ini bisa sangat berguna untuk menunjang kehidupan bersosial kita dalam sehari-hari. Ada baiknya pula kita membaca lebih banyak tentang cara meningkatkan komunikasi interpersonal paling mudah.

  1. Pendukung Kelangsungan Hidup

Sama halnya dengan sarana eksistensi hidup, komunikasi bisa menunjang kelangsungan hidup dengan baik. Kita mungkin pernah mendengar masalah gangguan kejiwaan seperti isolasi diri. Proses tersebut salah satunya disebabkan karena tidak berlangsungnya proses komunikasi yang baik dalam diri seseorang kepada orang lain.

  1. Penguat Konsep Diri

Konsep diri yang baik dari seseorang bisa tercipta pula dengan adanya komunikasi. Seseorang dapat menjalankan perannya, memiliki kepercayaan diri dan harga diri yang baik dengan menggunakan proses komunikasi. Interaksi sosial yang terjadi akan menjadi sumber dukungan yang baik bagi seseorang.

  1. Menghubungkan Antar Pribadi

Terakhir, komunikasi adalah sarana penting untuk menghubungkan individu satu dengan lainnya. Tanpa adanya komunikasi, jangankan membagikan informasi, berhubungan dengan orang lain saja mungkin akan menjadi sulit. Tak heran bila kemudian komunikasi memang sangat penting.

Beragam makna komunikasi tersebut memang sangat penting. Kita dapat menjadikan proses komunikasi sebagai sesuatu yang penting. Ada banyak pula manfaat komunikasi yang bisa kita dapatkan. Setidaknya, ada banyak makna penting komunikasi dalam interaksi sosial yang menunjang setiap proses di dalamnya.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Interaksi Sosial