Sponsors Link

8 Gangguan Mekanik Dalam Komunikasi

Sponsors Link

Komunikasi adalah satu hal yang sangat penting dalam hidup ini. Dari komunikasi inilah semuanya bisa saling terhubung. Hanya saja, terkadang terdapat beberapa gangguan yang dapat mengganggu efektifitas komunikasi sehingga informasi menjadi terhambat dalam penyampaiannya. Salah satu gangguan tersebut adalah gangguan mekanik. Dan dalam tulisan ini kita akan membahas 8 gangguan mekain dalam komunikasi.

ads

Sejarah perkembangan ilmu komunikasi merupakan salah satu sejarah yang panjang. Dimana salah satunya adalah dalam hal pengembangan dan inovasi hingga akhirnya terciptalah berbagai sarana komunikasi seperti yang ada saat ini. Dan gangguan mekanik dalam komunikasi maksudnya adalah gangguan yang terdapat pada perangkat sehingga menghambat proses komunikasi tersebut. Beberapa contoh dari gangguan mekanik dalam komunikasi adalah:

  1. Alat Rusak

Poin pertama dari 8 gangguan mekanik dalam komunikasi adalah peralatan komunikasi yang rusak. Pada dasarnya semua cabang ilmu komunikasi memiliki kendalanya masing-masing dimana salah satunya adalah permasalahan pada perangkat. Alat yang rusak sehingga tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya sangat mengganggu jalur komunikasi seingga informasi yang seharusnya disampaikan menjadi tidak tersampaikan dengan baik.

Untuk itu, jika anda ingin membeli alat komunikasi pastikan anda mendapatkan jaminan kualitas sehingga kedepan komunikasi anda tidak terganggu karena permasalahan ini.

  1. Jaringan Lemah

Gangguan mekanik dalam komunikasi selanjutnya adalah jaringan yang lemah. Jaringan adalah hal vital atau penting lain selain permasalahan perangkat. Karena jika jaringan tidak mendukung, walaupun alat komunikasi dalam performa terbaik, anda akan tetap mendapatkan gangguan dalam berkomunikasi. Jaringan merupakan hal yang penting dalam fungsi komunikasi sosial karena dapat menghubungkan banyak orang dalam satu waktu. Salah satu penyebab dari jaringan yang lemah ini adalah jarak antara tower pemancar yang terlalu berdekatan sehingga menyebabkan suara ganda.

  1. Pulsa Terbatas

Salah satu alat komunikasi yang paling banyak digunakan saat ini adalah telepon seluler. Alat ini sangat efektif karena mampu menyelesaikan banyak permasalahan seperti mudahnya dibawa kemana-mana sehingga bisa melakukan panggilan dimana saja. Hanya saja, untuk menggunakannya, pulsa adalah satu hal yang harus diperhatikan. Karena walaupun terdapat banyak gaya bahasa dalam komunikasi, jika tidak ada pulsa, komunikasi tidak akan bisa dilakukan.

Pulsa termasuk dalam 8 gangguan mekanik dalam komunikasi karena menyebabkan sarana komunikasi tidak bisa digunakan. Jadi, sebelum anda berpergian pastikan telepon seluler anda sudah terisi pulsa untuk meminimalisir gangguan mekanik dalam komunikasi anda nantinya.

  1. Tidak Paham IT

Penunjang kualitas komunikasi yang berkualitas selanjutnya adalah kita tahu cara menggunakan perangkat komunikasi tersebut.

Mengerti cara penggunaan sarana komunikasi menjadi sangat penting belakangan ini karena invonasi yang terus dilakukan sehingga alat komunikasi semakin canggih dan modern. Tidak hanya untuk mendukung komunikasi yang efektif, tapi kini sarana komunikasi tersebut sudah seperti gaya hidup masyarakat modern. Itulah kenapa telepon selluler kini sudah tidak lagi digunakan untuk keperluan berkomunikasi saja, melainkan sudah bisa digunakan untuk keperluan lain seperti bisnis dan olahraga.

Sponsors Link

  1. Tergesa-Gesa

Sifat tergesa-gesa menjadi poin selanjutnya dalam 8 gangguan mekanik dalam komunikasi. Hal ini berasal dari sisi komunikator ataupun komunikan yang memberikan informasi.

Namun, karena tergesa-gesa akibat sesuatu hal yang mendesak, informasi menjadi tidak tersampaikan dan komunikasi menjadi tidak efektif. Tergesa-gesa adalah salah satu hal yang dapat merusak filsafat komunikasi karena informasi yang disampaikan menjadi seperti sia-sia dan justeru akan memungkinkan munculnya salah paham diantara kedua pihak.

  1. Suara Bising

Walaupun peralatan teknologi informasi dan komunikasi saat ini sudah sangat canggih, namun suara bising adalah satu hal yang masih menjadi gangguan mekanik dalam komunikasi. Hal ini, sama seperti tergesa-gesa, komunikasi menjadi tidak efektif dan informasi menjadi tidak tersampaikan. Salah satu contoh dari sumber suara bising adalah berasal dari feedback akibat benturan sinyal seluler ataupun berkomunikasi di tepi jalan raya.

  1. Gambar Meliuk-Liuk

Komunikasi adalah satu hal yang sangat kompleks. Hal ini dapat terlihat dari banyakya model-model komunikasi yang kita kenal seperti model Lasswell. Model Lasswell adalah satu model komunikasi yang sangat berpengaruh karena dia memperkenalkan model komunikasi satu arah.

Salah satu contoh dari sarana komunikasi yang menggunakan model ini adalah TV. Hanya saja, jika gambar pada TV meliuk-liuk informasi yang disampaikan juga tidak akan tersampaikan dengan baik. Begitu juga dengan model-model komunikasi lainnya yang juga sangat rentan terhadap gangguan mekanik dalam komunikasi.

  1. Gambar Tidak Fokus

Seperti sudah dijelaskan diawal, komunikasi adalah satu hal yang sangat penting karena mampu menghubungkan banyak orang. Bahkan, dengan cara yang tepat, kita bisa mengenal seseorang melalui psikologi komunikasi yang bisa kita pelajari dengan mudah saat ini. Salah satu cara mempelajarinya adalah dengan sarana smartphone atau laptop yang saat ini sudah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat modern.

Namun, jika alat-aat tersebut mengalami gangguan mekanik dalam komunikasi, kitapun akan mengalami gangguan dalam mempelajari ilmu tersebut.

Ada banyak teori komunikasi menurut para ahli. Teori-teori ini merupakan dasar dari perkembangan komunikasi seperti saat ini. Hanya saja perkembangan tersebut selalu memiliki masalahnya masing-masing. Dan 8 gangguan mekanik dalam komunikasi yang sudah dijelaskan diatas merupakan hal lain yang harus dikenal untuk mendukung lancarnya arus komunikasi yang kita miliki. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Dasar Komunikasi