Sponsors Link

4 Fungsi Komunikasi Menurut Charles Wright

Sponsors Link

Kali ini kita akan membahas mengenai fungsi komunikasi menurut Charles Wright, salah satu ahli komunikasi yang cukup tersohor. Sebagaimana kita ketahui, Charles Wright banyak membahas mengenai komunikasi massa. Teori dan konsepnya seputar komunikasi massa memang menjelaskan banyak hal yang kemudian memberikan batasan tegas antara karakteristik komunikasi massa dengan komunikasi yang lainnya. Komunikasi massa sangat erat kaitannya dengan khalayak ramai. Komunikator yang terlibat di dalamnya akan menggunakan media untuk menyebarluaskan pesan atau informasi secara terus menerus. Biasanya, proses tersebut akan berlangsung hingga mampu membuat pengaruh pada khalayak yang besar.

ads

Tak heran bila kemudian konsep komunikasi massa ini sangat menarik untuk dipelajari. Ada beberapa macam fungsi yang dikemukakan oleh Charles Wright mengenai fungsi dari komunikasi massa tersebut. Di antaranya yaitu:

  1. Surveillance

Istilah surveillance merujuk pada suatu fungsi pengumpulan dan penyebaran informasi tentang kejadian-kejadian tertentu. Fungsi ini tentu saja bisa mudah kita temui terutama saat kita membaca, mendengar atau melihat pemberitaan. Di sana kita bisa mendapatkan banyak informasi mengenai berita-berita terbaru. Fungsi inilah yang kemudian menjadi salah satu fungsi komunikasi massa menurut Charles Wright.

  1. Correlation

Fungsi selanjutnya yaitu correlation. Komunikasi massa akan memberikan suatu interpretasi-interpretasi tertentu terhadap suatu kejadian. Mudahnya, komunikasi massa akan membuat khalayak membuat asumsi-asumsi tertentu berdasarkan informasi yang mereka dapat. Tak heran bila kemudian ada fungsi mempengaruhi khalayak muncul di sini. Komunikasi massa bisa menghubungkan peristiwa-peristiwa tertentu untuk kemudian diinterpretasikan. Keobjektifan dari pihak komunikator adalah salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan.

  1. Transmission

Selanjutnya, komunikasi massa juga memiliki fungsi sebagai transmission. Secara harafiah, ini berarti bahwa suatu proses komunikasi efektif akan menyalurkan informasi, nilai-nilai bahkan hingga norma sosial budaya dari satu generasi ke generasi selanjutnya. Komunikasi massa menjadi termasuk penting apabila kita sudah membicarakan fungsinya sebagai transmission. Tentu saja ini sangat bermanfaat untuk menjaga suatu keutuhan nilai-nilai tertentu agar bisa diwariskan ke generasi selanjutnya.

  1. Entertainment

Fungsi komunikasi menurut Charles Wright yang terakhir adalah sebagai entertainment. Ya, komunikasi massa bisa menjadi sebuah fasilitas hiburan tersendiri bagi khalayak ramai. Dalam fungsi ini, biasanya tidak ada pengharapan untuk terjadi suatu efek-efek tertentu. Komunikasi yang ada hanya bersifat menghibur semata.

Tentu saja berbagai macam fungsi mendasar dari komunikasi massa itu masih banyak dikembangkan lagi oleh teori komunikasi menurut para ahli lain. Ada yang berpendapat bahwa komunikasi massa juga memiliki fungsi sebagai media untuk pendidikan. Tak hanya itu, fungsi tersebut juga saling terintegrasi dengan beragam fungsi lainnya sehingga menciptakan keutuhan proses komunikasi yang memang bermanfaat untuk khalayak ramai. Di dalamnya, bahkan juga disinggung tentang pengertian media menurut para ahli dimana memang komunikasi massa selalu berkaitan erat dengan macam-macam media komunikasi.


Tanpa adanya komunikasi massa, tidak bisa dibayangkan bagaimana kehidupan ini bisa berlangsung. Manfaat dari komunikasi massa memang cukup berpengaruh. Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana penggunaannya supaya tujuan tersebut tidak merugikan pihak-pihak tertentu. Itulah mengapa seperti yang sudah disinggung tadi, keobjektifan komunikator menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Bersikap netral adalah salah satu poin yang harus ditonjolkan.

Beberapa macam fungsi tersebut memang belum menggambarkan secara menyeluruh mengenai fungsi komunikasi massa dari tokoh lain. Namun setidaknya, Charles Wright memberikan gambaran paling mendasar mengenai apa itu fungsi komunikasi massa. Tentu saja ini akan sangat bermanfaat supaya kita tahu bahwa komunikasi massa itu memang penting. Fungsi komunikasi menurut Charles Wright ini termasuk mudah untuk dipahami dan dikenali.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Dasar Komunikasi