Sponsors Link

7 Dampak Negatif Alat Komunikasi Handphone

Sponsors Link

Kita mungkin sudah sering mendengar tentang dampak negatif alat komunikasi handphone dalam keseharian. Banyak yang mengatakan bahwa handphone, bagaimanapun juga memiliki dampak negatif yang tidak disadari. Meski handphone bisa menjadi sebuah peranti yang sangat membantu dalam proses komunikas jarak jauh, namun sekarang ini perkembangan handphone boleh dibilang sangat pesat.

ads

Dulu mungkin ponsel hanya digunakan untuk sekedar SMS atau telepon saja. Namun seiring perkembangan zaman, ponsel sekarang memiliki banyak sekali fitur. Ponsel pintar yang mampu melakukan banyak hal adalah hasil dari perkembangan teknologi saat ini, bahkan termasuk komunikasi online.

Dengan hadirnya beragam fitur yang ada pada ponsel, sebenarnya ini memang bisa membantu proses komunikasi modern menjadi lebih mudah lagi. Hanya saja, dengan adanya banyak fitur tersebut justru memberikan dampak yang tidak kita duga. Berikut ini adalah beberapa macam dampak negatif dari adanya ponsel pintar. Kita juga bisa mulai menyadari dampak apa saja yang terlibat dan sebisa mungkin mengatasi dampak tersebut.

  1. Mendekatkan yang Jauh dan Menjauhkan yang Dekat

Ponsel saat ini dengan beragam fitur canggihnya menawarkan cara baru dalam berkomunikasi. Sebagai bagian dari media komunikasi modern, jarak rasanya sudah bukan menjadi masalah yang besar bagi kita, sebab dimanapun kita berada kita tetap bisa terhubung dengan menggunakan ponsel. Sayangnya, ini kemudian menjadi permasalahan baru dimana hubungan sosial secara nyata di lingkungan sekitar kita ikut berimbas. Istilah mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat merupakan istilah yang paling tepat menggambarkan situasi ini. (Baca: dampak negatif dari internet)

  1. Mengganggu Penglihatan

Menggunakan ponsel terlalu lama jelas akan berimbas pada penglihatan kita. Kita mungkin mengenal istilah CVS (computer vision syndrom). CVS awal mulanya mungkin hanya ditemukan pada pengguna komputer yang terlalu lama, namun sekarang hal ini juga sama saja ditemui pada pengguna ponsel. Jenis layar ponsel kebanyakan memancarkan radiasi sinar biru yang bisa merusak penglihatan. Untuk mengatasinya ada baiknya kita menurunkan intensitas penggunaan ponsel. Beberapa macam ponsel juga sudah menyematkan fitur tambahan berupa filter untuk mengurangi radiasi sinar biru ini.

  1. Mengubah Siklus Tidur

Sebagaimana telah dibahas sebelumnya, pancaran radiasi sinar biru termasuk berbahaya. Radiasi sinar ini akan memicu tubuh untuk memproduksi melatonin pada saat terpapar. Melatonin akan membuat kita tetap terjaga. Akibatnya, siklus tidur akan terganggu. Untuk mengatasi ini, selalu pastikan kita tidak bermain ponsel sebelum tidur.

  1. Memicu Terjadinya Adiksi

Adiksi atau kecanduan terhadap ponsel merupakan dampak yang juga bisa timbul akibat seringnya menggunakan ponsel. Kecanduan terhadap gadget ini biasanya akan membuat seseorang mungkin merasa hampa pada saat tidak menggunakan ponselnya. Efek media sosial juga mungkin termasuk penyebab dari adiksi ini. Menurunkan intensitas penggunaan handphone adalah cara yang bisa digunakan untuk mengatasi hal ini.

  1. Mengurangi Produktivitas

Produktivitas bisa turun akibat kita terlalu asyik menggunakan ponsel pintar. Ini sebenarnya juga menjadi bagian dari adiksi atau kecanduan terhadap gadget. Kita mungkin harus mulai mengatur diri sendiri kapan menggunakan ponsel dan kapan harus menyelesaikan aktivitas lain. Produktivitas yang menurun bahkan juga bisa menimbulkan dampak lain seperti dampak negatif dari media sosial.

  1. Mengganggu Kesehatan

Sebagaimana dampak negatif alat komunikasi handphone dalam mengganggu kesehatan penglihatan, gangguan kesehatan lain seperti pusing, pandangan kabur hingga gangguan pendengaran juga bisa muncul karena penggunaan ponsel yang terlalu intens. Pastikan kita mengimbanginya dengan berolahraga secara teratur.

  1. Postur Tubuh yang Tidak Baik

Sisi ergonomis kadang dilupakan pada saat kita menggunakan ponsel. Kepala yang terus menerus menunduk bisa menyebabkan postur tubuh kita menjadi lebih bungkuk. Ini mungkin tidak akan terjadi dengan cepat, namun lambat laun. Sama seperti solusi sebelumnya, pastikan kita juga rajin berolahraga untuk menghindari dampak negatif alat komunikasi handphone ini.

Demikian penjelasan terkait apa saja dampak negatif alat komunikasi handphone di era globalisasi ini, terutama untuk generasi millenium yang sudah banyak sekali menggunakan alat komunikasi modern ini.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Media Komunikasi