Sponsors Link

5 Contoh Pesan Persuasif Dalam Komunikasi Bisnis

Sponsors Link

Didalam komunikasi terdapat istilah komunikasi persuasif atau pesan persuasif. Hal ini merupakan suatu komunikasi yang bertujuan untuk mempengaruhi orang lain, baik perseorangan maupun organisasi. Dalam hal kepercayaan, sikap, maupun perilaku mereka agar sesuai dengan apa yang pemberi pesan harapkan. Pesan persuasif sendiri juga efektif digunakan dalam komunikasi bisnis.

ads

Hal ini dikarenakan pesan-pesan persuasif digunakan untuk mengumpulkan suatu dukungan pada kegiatan tertentu, meminta bantuan dana untuk pembiayaan suatu proyek, dan lain sebagainya. Lantas apa saja contoh pesan persuasif dalam komunikasi bisnis yang biasa digunakan. Dalam kesempatan kali ini akan dibahas mengenai contoh pesan persuasif dalam komunikasi bisnis, mari simak ulasan berikut.

1. Pesan Penjualan

Contoh yang pertama adalah adanya pesan penjualan, dimana didalam dunia bisnis memang pastinya tidak asing lagi dengan namanya jual beli produk yang diproduksi. Oleh sebab itu, organisasi atau perusahaan akan membuat suatu pesan penjualan, baik itu berupa iklan banner, iklan dalam majalah, maupun yang lainnya untuk mencari laba sebesar-besarnya.

Dimana bertujuan untuk membujuk atau mempengaruhi pembaca agar membelanjakan uangnya untuk produk yang diproduksi oleh pembuat pesan penjualan tersebut. Dengan demikian komunikasi yang efektif akan berjalan.

2. Pesan Pengumpulan Dana

Contoh yang kedua adalah pesan pengumpulan dana, dimana pesan ini juga tidak jauh berbeda dengan pesan penjualan. Pesan pengumpulan dana sendiri biasanya akan dikirimkan atau dibuat oleh organisasi nirlaba yang bertujuan untuk membujuk para pembaca untuk menyumbangkan baik uang maupun waktu mereka kepada orang lain dan juga pada pembuat pesan.

3. Surat Penawaran

Surat penawaran juga merupakan contoh surat persuasif dalam komunikasi bisnis. Dimana memiliki tujuan yang sama pula yaitu untuk membuat para pembaca melakukan sesuatu terhadap produk yang ditawarkan, sebagai contoh seperti membuat pembaca memesan produk yang ditawarkan maupun langsung membeli produk-produk yang ditawarkan melalui surat penawaran tersebut.

4. Pesan Tagihan

Selain pesan penawaran, terdapat pula pesan tagihan sebagai salah satu pesan persuasif didalam komunikasi bisnis. Pesan tagihan ini merupakan suatu pesan peringatan yang dikirim oleh penjual kepada pembelinya yang bertujuan untuk membujuk agar cepat melunasi hutang maupun tagihan. Didalam pesan tagihan biasanya akan ada keterangan mengenai pernyataan jatuh tempo pembayaran, jumlah tagihan yang harus dibayarkan, dan keterangan-keterangan lainnya.

5. Pesan Sponsor

Contoh pesan persuasif dalam komunikasi bisnis terakhir adalah adanya pesan sponsor. Pesan persuasif juga ada yang bertujuan untuk meminta dana maupun waktu orang lain untuk suatu kegiatan tertentu. Oleh sebab itu, pesan sponsor juga termasuk didalamnya.

Pesan sponsor sendiri merupakan suatu pesan dimana perseorangan maupun organisasi mengajukan sponsor atau kerjasama dana dengan organisasi lainnya untuk melakukan suatu kegiatan tertentu, dan biasanya juga harus memberikan keuntungan yang sama bagi kedua belah pihak.

Namun disamping itu, ada pula jenis-jenis komunikasi bisnis lain yang perlu Anda ketahui. Dan itulah beberapa contoh pesan persuasif dalam komunikasi bisnis, dimana dapat disimpulkan bahwa contoh-contoh pesan persuasif dalam komunikasi bisnis intinya adalah untuk membujuk atau mempengaruhi penerima pesan agar melakukan tindakan sesuai dengan harapan pembuat pesan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Bisnis