Sponsors Link

8 Contoh Efektivitas Komunikasi Antar Pribadi

Sponsors Link

Dapat mengetahui contoh efektivitas komunikasi antar pribadi merupakan sesuatu hal yang baik yang bisa kita pelajari. Bagaimana tidak? Komunikasi interpersonal atau komunikasi antar pribadi merupakan sesuatu yang sering kita lakukan dalam keseharian. Kita berinteraksi dengan orang lain atau pun kelompok lain merupakan bentuk dari komunikasi antar pribadi itu sendiri. Melalui pola komunikasi yang baik, kita dapat mewujudkan sistem komunikasi yang lebih efektif dan tentunya tercapai dalam tujuan komunikasi tersebut.

ads

Baca juga:

Berikut ini ada beberapa macam contoh dari efektivitas komunikasi tersebut. Efektif atau tidaknya komunikasi akan berpengaruh terutama dalam proses komunikasi yang akan berlangsung. Entah apakah pesan tersebut dapat disampaikan dengan baik atau justru sebaliknya, pada dasarnya strategi komunikasi efektif lebih diutamakan manakala kita melakukan interaksi dengan orang lain. Simak beberapa contohnya sebagai berikut:

  1. Interaksi Langsung

Interaksi langsung memiliki pengertian dimana pertukaran pesan yang terjadi tidak melalui bantuan pihak ketiga. Ini hanya antara dua individu yang terlibat secara langsung. Komunikasi tersebut akan dinilai lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan bantuan pihak ketiga.

  1. Bahasa yang Lugas

Penggunaan bahasa yang lugas dan mudah dimengerti merupakan salah satu indikator dari efektivitas komunikasi yang sedang berlangsung. Tanpa adanya bahasa yang lugas seseorang mungkin akan kesulitan dalam mencerna informasi yang akan ia terima. Bahasa yang lugas juga memberikan tingkat kepercayaan diri yang lebih bagi pelaku komunikasi.

  1. Menghindari Penggunaan Makna Konotatif

Karena bahasa yang lugas merupakan sesuatu hal yang penting, maka komunikasi interpersonal yang efektif juga hendaknya menghindari pengunaan makna konotasi tertentu. Makna yang tidak sebenarnya ini membuat seseorang bisa melakukan interpretasi tersendiri terhadap pesan atau informasi yang ia terima. Akibatnya? Pesan menjadi kurang efektif untuk diterima oleh pihak yang bersangkutan.

  1. Penggunaan Waktu yang Efisien

Penggunaan waktu yang efisien menjadi sesuatu yang cukup penting. Komunikasi yang berlangsung lama tetapi tidak menghasilkan kesepakatan atau tujuan yang tidak tercapai bisa menjadi indikasi bahwa komunikasi tersebut tidaklah efektif. Oleh karenanya, selalu tentukan target waktu dari proses komunikasi yang akan dilakukan.

  1. Tidak Bertele-tele

Tidak bertele-tele merupakan contoh efektivitas komunikasi antar pribadi yang paling mudah untuk kita perhatikan. Ini juga ada kaitannya dengan penggunaan waktu yang efisien. Tanpa adanya proses tersebut, seseorang mungkin akan lebih sulit dalam menerima informasi.

  1. Menghindari Penggunaan Istilah Asing

Penggunaan istilah yang terlalu asing juga patut untuk dihindari. Istilah-istilah yang terlalu asing tersebut bisa memberikan efek yang kurang baik. Komunikasi menjadi tidak terlalu efektif dan proses komunikasi tersebut berlangsung dengan tidak semestinya.

  1. Kalimat yang Mudah Dimengerti

Kalimat yang mudah dimengerti berarti kita bisa menyederhanakan penggunaan kalimat-kalimat kompleks yang sebelumnya ada. Proses komunikasi interpersonal ini memang tidak begitu mudah, namun pada dasarnya jika kita menggunakan kalimat yang mudah dimengerti, proses komunikasi tersebut bisa menjadi lebih efektif dan efisien.

  1. Informasi yang Tidak Berubah

Terakhir, efektivitas komunikasi bisa terlihat jika informasi yang diterima oleh penerima pesan tidak mengalami perubahan. Proses ini merupakan tahapan akhir yang bisa menjadi bahan evaluasi. Kesalahan penerimaan pesan bisa saja terjadi jika seseorang tidak memperhatikan hal tersebut dengan seksama.

Komunikasi interpersonal merupakan sesuatu yang memang kita praktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Jika kita sering mengalami kesalahpahaman, kita perlu melakukan evaluasi apakah komunikasi yang kita lakukan sudah berjalan dengan efektif atau belum. Semoga informasi mengenai contoh efektivitas komunikasi antar pribadi bermanfaat dan sampai jumpa di posting selanjutnya.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :