Sponsors Link

8 Cara Meningkatkan Gaya Komunikasi

Sponsors Link

Ada banyak cara meningkatkan gaya komunikasi yang bisa kita lakukan demi membangun karakteristik dalam kita berinteraksi dengan orang lain. Gaya komunikasi merupakan sebuah keterampilan yang perlu dikembangkan sehingga ada variasi-variasi lain pada saat kita melakukan komunikasi dengan orang lain. Bagaimana pun juga, kita pasti sering dihadapkan pada situasi-situasi tertentu yang mengharuskan kita berpendapat atau mengkomunikasikan sesuatu. Situasi dengan latar yang berbeda tersebut tentunya juga menuntut kita untuk menggunakan gaya komunikasi yang sesuai.

ads

Oleh karenanya, kita bisa belajar untuk meningkatkan teknik komunikasi efektif kita supaya lebih berkembang dengan baik. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa diikuti. Cara-cara ini sifatnya tentu saja umum. Siapa saja bisa mencobanya agar cara komunikasinya bisa menjadi lebih baik:

  1. Sering Berinteraksi dengan Orang Lain

Sering berinteraksi dengan orang lain akan memberikan kesempatan kepada kita untuk dapat berkomunikasi dengan lebih baik. Cara ini bisa dilakukan, terutama dengan siapa saja. Kita akan menemui banyak faktor yang mempengaruhi komunikasi. Dengan demikian, kita bisa belajar untuk berbicara menggunakan gaya yang berkarakteristik.

  1. Memperbanyak Wawasan Umum

Wawasan umum penting dikembangkan karena ini bisa menjadi modal untuk berkomunikasi dengan banyak orang. Memperbanyak membaca dan melihat berita-berita adalah salah satu cara untuk memperbanyak wawasan umum. Gaya komunikasi juga agaknya akan dipengaruhi oleh hal ini sebab wawasan umum biasanya akan memberikan kita kemudahan untuk berinteraksi. Ini akan menjadi teknik komunikasi berkesan bagi siapa saja.

  1. Mencari Banyak Informasi

Hampir mirip dengan memperbanyak wawasan umum, mencari banyak informasi di sini lebih kepada informasi yang berkaitan dengan kehidupan sosial kita. Biasanya, ini akan memberikan sebuah kepekaan tersendiri dalam berkomunikasi. Tentu saja, informasi tersebut dapat dikumpulkan dengan cara kita memperluas hubungan sosial kita. Kita mungkin bisa memulainya dengan mencoba menggunakan komunikasi antar pribadi.

  1. Terbiasa Bicara dengan Latar Berbeda

Ada banyak sekali orang dengan latar belakang yang berbeda. Oleh karenanya, kita harus terbiasa bicara juga dalam konteks yang berbeda-beda. Sesuaikan dengan siapa kita berkomunikasi, dimana kita berkomunikasi dan tujuan kita untuk berkomunikasi. Masing-masing mungkin akan memiliki karakteristik tersendiri, namun itu merupakan cara meningkatkan gaya komunikasi kita. Analisis juga komponen-komponen komunikasi yang ada sehingga bisa menunjang proses tersebut.

  1. Berbicara di Depan Cermin

Sedikit klise memang, tetapi nyatanya banyak yang berhasil dengan cara ini. Ya, berbicara di depan cermin akan membuat kita memperhatikan langsung bagaimana “tingkah” kita selama berkomunikasi. Apabila ada hal yang memang perlu diperbaiki, maka kita bisa langsung melakukannya dan menjadikannya sebagai bahan evaluasi. Lakukan ini sebagai bagian dari strategi komunikasi efektif.

  1. Melatih Cara Komunikasi

Melatih cara komunikasi bisa dilakukan dengan cara praktik, praktik dan praktik. Agaknya sedikit lucu bila kita ingin gaya komunikasi berkembang tetapi tidak pernah melakukan latihan komunikasi. Selalu pastikan kita terhubung dengan banyak orang sehingga tujuan kita bisa tercapai dengan mudah.


  1. Memperbanyak Perbendaharaan Kata

Perbendaharaan kata yang banyak bisa membuat kita lebih mudah lagi dalam berkomunikasi. Pastikan pula kita melatih diri kita untuk menggunakan bahasa-bahasa yang mudah dipahami sehingga proses komunikasi yang efektif bisa terjadi. Tanpa adanya ini, mungkin kita akan kesulitan saat akan mengembangkan kemampuan komunikasi kita. Strategi komunikasi juga bisa dikembangkan dengan kita memperbanyak perbendaharaan kata.

  1. Merekam Diri Sendiri

Seperti halnya berbicara di depan cermin, merekam diri sendiri saat berkomunikasi juga bisa menjadi bahan evaluasi yang tepat. Kita bisa merekam diri kita melalui perekam suara atau perekam video. Putar ulang rekaman tersebut dan kita akan mendapatkan seperti apa kita berkomunikasi. Hal-hal yang masih kurang bisa diperbaiki dengan melihatnya..

Bagaimana? Beberapa hal di atas nampaknya mudah untuk dilakukan tetapi jarang kita mau segera melakukannya. Oleh karenanya, ada baiknya kita segera menerapkannya. Kita juga bisa semakin mengembangkan cara meningkatkan gaya komunikasi kita dengan mempelajari lebih banyak hal lagi soal teknik dan strategi komunikasi.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Teknik Komunikasi