Sponsors Link

8 Cara Mencapai Komunikasi dalam Lingkungan Bisnis

Sponsors Link

Komunikasi merupakan aspek yang sangat penting dalam bersosialisasi. Komunikasi adalah dasar interaksi manusia untuk mencapai kesepahaman antara beberapa pihak sehingga dapat mencapai tujuan dengan hasil yang maksimal. Dalam dunia bisnis, komunikasi sangat diperlukan untuk membangun kerjasama, sumber daya intelektual, mengekspresikan gagasan atau ide, dan juga menambah koneksi. Jadi, walaupun Anda adalah seseorang yang memiliki kemampuan intelektual yang tinggi dan memiliki banyak ide terobosan, Anda akan lebih sulit untuk meraih kesuksesan apabila Anda tidak dapat menyalurkan ide Anda dengan baik.

ads

Ada dua segi yang perlu Anda perhatikan dalam komunikasi bisnis, yaitu sisi internal dan eksternal. Sisi internal meliputi visi, strategi, rencana, budaya perusahaan, dan prinsip-prinsip dasar yang dimiliki oleh perusahaan. Sedangkan komunikasi eksternal lebih berhubungan dengan bisnis di lapangan, yang meliputi pemasaran, iklan, hubungan pelanggan, penggunaan media komunikasi dalam jaringan, negosiasi bisnis, dan lain sebagainya.

Dan dalam artikel ini, akan diberikan beberapa cara untuk mencapai kemampuan komunikasi dalam lingkungan bisnis, sebagai berikut :

  1. Miliki Mindset bahwa Komunikasi itu Penting

Ini adalah kunci utama untuk meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi. Pertama, Anda harus memiliki pola pikir bahwa komunikasi itu sangat penting. Sehingga hal ini secara tidak langsung akan mendorong Anda untuk membuka pembicaraan dan memikirkan bagaimana berkomunikasi dengan lawan bicara Anda. Semakin sering Anda melakukannya, Anda akan semakin terbiasa untuk melakukan komunikasi dengan siapa saja dan dengan topik apa saja. Dan seiring berjalannya waktu, kemampuan komunikasi Anda akan lebih matang dan juga lebih berkualitas.

  1. Tunjukan Perhatian secara Nyata

Setiap orang pasti ingin dihargai, salah satunya saat sedang berbicara. Jangan hanya memikirkan apa yang ingin Anda bicarakan, Anda juga harus ingat bahwa Anda sedang berkomunikasi dengan lawan bicara yang juga memiliki pemikiran sendiri. Misalkan, saat Anda sedang berbicara dengan rekan bisnis, berikan perhatian penuh dan hargai pendapatnya.

Saat ada pelanggan yang mengajukan komplain, tunjukkan rasa simpati dan posisikan diri Anda di tempat mereka. Dengarkan baik-baik apa yang mereka sampaikan dan berikan tanggapan Anda yang solutif tanpa menyinggung mereka.

  1. Sedikit Bicara dan Banyak Mendengar

Hal ini juga salah satu cara untuk menunjukkan perhatian Anda kepada lawan bicara. Kemampuan dalam berkomunikasi tidak hanya dinilai dari kuantitas, melainkan juga kualitas. Tidak perlu mendominasi pembicaraan untuk menunjukkan bahwa Anda memahami topik yang sedang dibicarakan. Misalnya, saat sedang rapat atau diskusi dengan rekan bisnis, sebaiknya Anda banyak mendengar dan belajar dari apa yang mereka sampaikan.

Berbicaralah apabila Anda memiliki solusi atau terobosan yang menurut Anda layak untuk dicoba. Dengan seperti ini, Anda tidak hanya belajar untuk berkomunikasi dengan baik, melainkan juga melatih diri untuk memiliki pembicaraan yang berbobot dan memiliki kemampuan komunikasi bisnis yang efektif.

  1. Perhatikan Lawan Bicara

Dalam berkomunikasi, Anda juga perlu untuk memerhatikan lawan bicara Anda. Sebab, respon dan pendekatan  yang perlu diberikan akan berbeda-beda dalam setiap individu. Hal ini berlaku di mana saja, termasuk dalam lingkungan bisnis.

Misalnya, bagaimana cara Anda berbicara dengan partner sebaya pasti berbeda ketika Anda sedang berkomunikasi dengan atasan, dan respon yang akan Anda berikan juga pasti akan berbeda. Maka, sesuaikan sikap Anda dengan siapapun Anda berbicara.

  1. Berani Mengekspresikan Ide

Salah satu cara yang paling penting untuk mencapai kemampuan komunikasi dalam lingkungan bisnis adalah berani untuk mengekspresikan gagasan. Mungkin terkadang Anda berpikir bahwa ide Anda sangat biasa, sehingga Anda mengurungkan diri untuk berbicara. Hal ini menjadi salah satu hambatan komunikasi bisnis. Mungkin saja ide Anda adalah solusi yang sebenarnya sedang dicari. Anda tidak akan pernah mengetahuinya apabila Anda belum mencoba.

Tidak masalah apabila pada akhirnya saran Anda tidak diterima. Dari situ Anda akan belajar mengapa saran Anda dinilai kurang tepat. Anda akan mendapat lebih banyak pengetahuan dan pengalaman. Dan inilah salah satu pentingnya komunikasi dalam dunia kerja, yaitu melatih kita untuk lebih fleksibel dalam menanggapi perbedaan pendapat serta memberikan wawasan yang lebih luas.

Sponsors Link

  1. Bersikap Jujur

Untuk membangun relasi yang baik dan membangun kepercayaan, Anda harus menjunjung tinggi kejujuran. Satu perbuatan atau perkataan Anda yang curang dan tidak jujur akan lebih dari cukup untuk menghancurkan reputasi Anda. Jadi, untuk mendapatkan feedback yang baik, berikan pernyataan yang benar dan sesuai dengan kenyataan.

Di sini yang Anda perlukan adalah pola pikir yang mau berproses, tidak hanya menginginkan hasil yang instan yang bisa didapat dengan berbagai cara. Anda perlu menanamkan pada pikiran Anda bahwa semua butuh proses, bahkan dalam membangun reputasi. Maka dari itu, kedepankan kejujuran dan beri pelayanan yang terbaik.

  1. Jangan Mendikte

Agar memiliki hubungan bisnis menyenangkan, Anda perlu menerapkan etika komunikasi bisnis dan menghindari sikap yang mendikte. Dalam urusan bisnis, kita perlu saling belajar dan berbagi pengalaman agar dapat mencapai hasil yang optimal. Jangan merasa bahwa Anda yang paling tahu dan jangan merendahkan lawan bicara Anda. Karena mungkin saja, dibalik penampilannya ia memiliki level kemampuan di atas Anda.  Hubungan yang ideal dalam bekerja sama adalah saling memberikan masukan dan saling berkontribusi untuk mencapai tujuan bersama.

  1. Terbuka Pada Kritik

Mungkin poin ini adalah salah satu hal yang paling sulit dalam berkomunikasi. Namun, salah satu faktor yang menjadi indikasi dalam kemampuan berkomunikasi seseorang adalah keterbukaan terhadap kritik. Percayalah bahwa kritik dapat menempa kemampuan Anda. Di sini Anda juga akan belajar untuk berpikir dengan sudut pandang orang lain, sehingga Anda juga dapat lebih terbuka terhadap pemikiran apapun.

Sekian artikel mengenai cara mencapai kemampuan komunikasi dalam lingkungan bisnis. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membuka pikiran pembaca. Terima kasih.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Bisnis