Sponsors Link

10 Batasan Komunikasi sebagai Kegiatan Berbicara

Adanya batasan komunikasi sebagai kegiatan berbicara penting dipahami agar proses komunikasi berjalan dengan teratur dan juga baik. Komunikasi mungkin akan mengalami perubahan makna apabila tidak ada batas-batas yang tegas terkait hal ini. Kegiatan berbicara sendiri bisa dipahami sebagai bentuk interaksi melalui komunikasi lisan yang bersifat langsung. Kegiatan ini tidak terbatas pada proses komunikasi antar individu saja, namun juga bisa melibatkan beberapa pihak sekaligus.

Dengan mengenal batasan-batasan yang ada pada komunikasi sebagai kegiatan berbicara, maka kita bisa mendapatkan pengetahuan baru agar komunikasi yang kita lakukan menjadi lebih baik. Berikut ini adalah beberapa batasan-batasannya.

  1. Minimal dilakukan dua orang

Kegiatan berbicara memiliki batasan setidaknya dilakukan oleh dua orang. Tentunya ini sudah sangat jelas. Proses “berbicara dengan diri sendiri” tidak masuk dalam konteks komunikasi sebagai kegiatan berbicara. Istilah tersebut sebenarnya lebih merujuk pada proses komunikasi intrapersonal.

  1. Terjadi proses pertukaran informasi

Mengingat dilakukan oleh minimal dua orang, maka sudah jelas harus terjadi proses pertukaran informasi dalam kegiatan berbicara. Apabila tidak ada proses pertukaran informasi, maka itu bukan komunikasi yang efektif. Selain itu, informasi yang ada juga sifatnya harus bisa diterima dengan baik oleh pihak yang diajak berkomunikasi. Pesan adalah bagian dari komponen-komponen komunikasi secara umum.

  1. Menghubungkan setiap pihak yang terlibat

Setiap pihak yang terlibat dalam proses komunikasi harus saling terlibat secara langsung sehingga ini bisa disebut sebagai komunikasi dalam kegiatan berbicara. Respon yang akan ditunjukkan pihak lain tidak hanya berupa respon dalam bentuk bahasa tubuh, namun juga proses secara verbal yang bisa didengarkan secara langsung. Prinsip-prinsip komunikasi inilah yang menjadikan proses berbicara lebih berkarakteristik.

  1. Berkaitan dengan masa sekarang

Batasan komunikasi selanjutnya yaitu berkaitan dengan masa sekarang. Sebagaimana telah disinggung dalam penjelasan sebelumnya, komunikasi harus memiliki model komunikasi verbal dan bersifat komunikasi langsung. Ini adalah kegiatan berbicara yang bisa dengan mudah kita amati. Fungsi-fungsi komunikasi ini akan berkaitan dengan masa sekarang.

  1. Melibatkan suara dan pendengaran

Suara dan pendengaran adalah batasan yang jelas, dimana kedua unsur ini paling tidak harus ada dalam proses berbicara. Tanpa adanya komponen ini, maka proses kegiatan berbicara mungkin tidak akan terjadi dengan baik. Unsur mendengar dan unsur bersuara adalah unsur yang penting dalam kegiatan berbicara. Contoh komunikasi langsung bisa melibatkan komponen ini.

  1. Menggunakan sandi linguistik tertentu

Sandi linguistik memiliki makna sebagai suatu isyarat-isyarat tertentu yang hanya dipahami oleh pihak-pihak yang terlibat di dalam kegiatan berbicara. Ini biasanya akan dihubungkan dengan kegiatan yang umum dilakukan sebelumnya. Fungsi komunikasi verbal biasanya akan terlihat dari sini.

  1. Menggunakan referensi umum

Referensi umum digunakan sebagai pedoman dalam berbicara. Artinya, pesan yang disampaikan biasanya memiliki asal usul tertentu sehingga menjadi topik pembicaraan. Tanpa adanya referensi umum ini, maka komunikasi belum bisa disebut sebagai proses yang berbicara.

  1. Menerima pesan baru

Penerimaan pesan baru pada pihak yang diajak berkomunikasi adalah bagian yang juga masuk dalam konteks komunikasi sebagai kegiatan berbicara. Ini berhubungan dengan poin kedua mengenai adanya proses pertukaran informasi.

  1. Ajakan

Batasan ini bukanlah batasan yang wajib. Sifat pesan yang berisi ajakan merupakan ciri khas dari komunikasi persuasif. Ini bisa juga terjadi dalam proses kegiatan berbicara manakala komunikasi dilakukan.

  1. Hiburan

Hampir mirip dengan poin sebelumnya, batasan ini juga tidak mutlak harus ada. Ini sifatnya lebih opsional dan juga belum tentu ada. Isi pesan bisa saja memiliki sifat yang menghibur dan bersifat sambil lalu.

Batasan dalam komunikasi sebagai kegiatan berbicara memang perlu diketahui supaya kita paham mengenai bagaimana komunikasi itu sebenarnya. Batasan komunikasi tersebut adalah gambaran umum yang biasanya bisa menjadi suatu persyaratan minimal agar proses komunikasi bisa disebut sebagai proses kegiatan berbicara.

, , ,
Oleh :
Kategori : Teknik Komunikasi