Sponsors Link

Peranan Positif Simulasi dan Komunikasi Digital Dalam Bidang Pendidikan

Sponsors Link

Peranan Positif Simulasi dan Komunikasi Digital Dalam Bidang Pendidikan menjadi kajian topik yang kali ini akan kita bahas. Sebagimana kita ketahui bahwa komunikasi digital memberikan dampak yang begitu luas dalam berbagai bidang. Salah satunyanya adalah dalam bidang pendidikan. Seiring dengan kemajuan zaman dan teknologi maka tentunya aspek aspek dalam bidang pendidikan juga ikut berkembang. Sebab jika tidak ikut berkembang maka tentu kemajuan dalam dunia pendidikan tidak akan dapat tercapai.

ads

Tentunya tujuan dari adanya kegiatan pendidikan adalah memberikan pengajaran yang nantinya akan digunakan dan diterapkan dalam kehiduoan sehari hari. Oleh sebab itu, maka sangat penting untuk mengabungkan antara teknologi dan juga pendidikan. Agar nanntinya dihasilkan anak didik yang tidak hanya hanya cerdas dalam hal ilmun pengetahuan, namun juga mampu menguasai teknologi sengaoagaimana penerapan kewargaan digital dalam komunikasi daring .

Sayangnya komunikasi digital yang saat ini tengah menjadi hits dikalangan pelajar malah bannyak disalah gunakan untuk kegiatan kegiatan yang tidak bernilai positif. Padahak jika dikaji lebih jauh, komunikasi digital dapat memberikan manfaat yang begitu besar dalam bidang pendidikan sebagaimana contoh pesan bisnis dalam komunikasi bisnis . Apa sajakah itu, berikut ini 13 Peranan Positif Simulasi dan Komunikasi Digital Dalam Bidang Pendidikan.

1. Kecepatan Informasi yang Dibutuhkan Lebih Cepat Dan Mudah

Komunikais digital dapat memberikan kemudahan dalam medapatkan informasi dengan lebih mudah dan cepat. Saat ini apa sih yang tidak bisa kamu lakukan dengan internet. Hampir semua informasi dapat anda peroleh dengan mudah. Tentunya hal ini sangat memberikan dampak positif terutama baginpara pelajar yang sedang mencari informasi untuk mengerjakan tigas harian mereka.

2. Menumbuhkan Inovasi

Siapa sangja juga bahwa komunikasi digitas dan simulasi dapat memberikan inovasi bagi para pelajar. Adanya komunikasi digital dan simulasi dipercaya dapat memberikann rangsangan kepada otak untuk dapat berfikir lebih kreatif. Sebab kini kreatifitas merupakan modal utama untuk dapat memulai hidup dimasyarakat. Seorang pelajar tidak hanya harus cerdas namun juga perlu kreatif dan inovatif sebgaimana  macam-macam media komunikasi, .

3. Mengembangkan Pendidikan Berbasis Teleconference

Jika dahuku sistem pendidiikann kita hanya berbasis tatap muka. Nammun dengan perkembangan komunikasi daring dapat menjadikan pendidikann lebih menarik dengan sistem teleconference. Anda dapat tetap belajar dari mana saja dan kapanpun saja asal dengan adanya akses internet. Meskipun tidak dapat bertatap muka langsung namun teleconference juga menjadi pilihan untuk membatasi jarak dan waktu khususnya dalam pendidiikann jarak jauh.

4. Kemudahan Sistem Administras

Dengan adanya komunikasi digital kini semua sistem administrasi sudah tersusun dengan rapi. Tanpa perlu yang banyak coretan disana sini. Basis data siswa juga dapat tersimpan dengan aman dan rapih, jadi tidak perlu lagi bongkar bongkar jika membuyuhkan data dalam waktu singkat sebgaimana dalam  media komunikasi modern.

5. Munculnya Media Massa

Stimulasi dan komunikais digital juga menyebabkan kemunculan media massa. Sebagaimanna kita tahu bahwa media massa sendirii dapat berperan sebagai penggerak. Sehingga tentunya dengan adanya media massa ini diharapkann sisten pendidikan kita dapaat berjalan dengan lebih efektif. Serta juga ini merupakan upaya agar sektor pendidikan menjadi sesuatu yang wajib untuk diperhatikan.

6. Munculnya Media Pembelajaran yang Baru

Jika dahulu dalam pendidikan kita dituntut untuk mencatat dan menulis, sepertinya hal tersebut mulai bergeser. Sebab keberadaan komunikasi digital dan simulasi menjadikan proses belajar mengajar tidak lagi monoton. Dipadukan dengan teknologi, kini proses belajar lebih terkesan menarik bagi para siswa, dilakuakn dengan bantuan ilustrasi dan simbol simbol serta narasi yang menarik. Terang saja hal inu tentu akan sangat membuat para siswa merasa tidak bosan, sehingga minat belajar siswa akan cenderung semakin meningkat.

Sponsors Link

7. Sistem Pendidikan Tidak Harus Melalui Tatap Muka

Dengan adanya komunikasi digital, kini sistem pendidikan juga ikut menngalami perubahan, terutama berkaitan dengan pola kebiasaan mengajar dimasa lalu yang menngandalkan komunikasi melalui tatap muka langsung. Berkat simulasi dan komunikasi digital kini guru dan murid tidak perlu lagi bertatap muka langsung. Bahkan proses belajar dapat dilakukan dari jauh tanpa ada batasan ruang dan jarak sebagaimana peran komunikasi dalam pembangunan ekonomi digital .

8. Peningkatan SDM

Adanya simulasi dan komunikasi digital dapat diterapkan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas SDM. Sebagaimana kita tahu bahwa tujuan dari pada pendidikan adalah mendapatkan SDM yang unggul. Namun dahulu sistem pendidikan kita masih kalah jauh dibandingkan negara tetangga, sehingga tentunya kualitas SDM kita kalah ungguk dibandingkan negara lain. Dengab adanya simulasi dan komunikasi digital diharapkan dapat meningkatkan SDM yang ada agar dapat bedaya saing dan berkualitas.

9. Menumbuhkan Diskusi Online

Simulasi dan komunikasi digital dapat diterapkan dalam forum diskusi online. Tentunya hal ini sendiri akan lebih menarik dibandingkan dengan diskusi biasa yang dilakukan. Serta hal ini juga dapat menjadi upaya dalam meningkatkan minat para peserta agar lebih aktif dalam berdiskusi. dengan demikian maka tentu akan bisa memberika dampak yang signifikan dalam pendidikan.

10. Kelas Online

Selain itu, adanya simulasi dan komunikasi digital juga dapat diterapkan dalam kelas online. Meskipun anda tidak mengenal siapa pemberi materi atau rekan kelas, namun pola ini sudah berhasil diimplementasikan dalam pembelajaran di Universitas Terbuka. Hal ini juga merupakan pilihan tepat bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikannya namun, terkendala waktu. Dengan adanya kelas online ini maka mahasiswa dapat belajar kapanpun dan dari manapun.

Sponsors Link

11. Perpustakaan Online

Kehadiran perpytakaan online diharapjan dapat meningkatkan minat baca bagi para pelajar. Sebab, perpustakaan online sendiri merupakan bagian dari penerapan adanya simulasi dan komunikasi digital. Maka tentu saja jika dibandingkan dengan perputakaan pada umumnya perpustakaan online lebih memiliki keunggulan. Yakni dapat diakses kapan saja dan dimana saja, tanoa anda harus antre untuj meminjam buku.

12. Pengembangan TIK

Komunikasi digital dapat diterapkan dalam upaya pengembangan TIK. Meskipun kini TIK telah jauh berkembang dibanding 10 tahun lalu, namun penerapannya dalam dunia pendidikan masih nelum maksimal. Padahal TIK inilah yang akan menjadi kunci kita dapat menjadi bangsa yang unggul dan melek teknologi.

13. Kemudahan Memeproleh Sumber Referensi

Terakhir, komunikasi digital dan simulasi dapat diterapkan secara positif sebagai cara untuk mendapatkan referensi dengan mudah. Kini banyak sekali aplikasi yang menyediakan sunber referensi dengan kajian yang terpercaya. Terbaru adalah ruang guru yang kini menjadi salah satu platform dalam dunia pendidikan yang banyak digunakan dan disukai oleh para pelajar.

Itulah tadi, 13 penerapan positif simulasi dan komunikasi digital dalam pendidikan. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Daring