Sponsors Link

Penerapan Kewargaan Digital dalam Komunikasi Daring

Sponsors Link

Penerapan Kewargaan Digital Dalam Komunikasi Daring merupakan sebuah pola dalam menerapkan teknologi dunia maya yang bermanfaat bagi semua kalangan. Sebagaimana kita tahu bahwa saat ini teknologi menjelma menjadi sebuah momok yang menakutkan. Mengapa demikian sebab dengan pesatnta teknologi yang ada tentu membawanpengaruh atau dampak, baik positif atau negatif. Namun yang pastinya adalah dari berbagai dampak tersebut pengguna yang sebagian besar adalah kalangan masyarakat harus dapat menyiasati hal tersebut dengan cerdas.

ads

Kita tidak bisa mengalah dengan teknologi, sebab jika tidak mengikuti maka kitalah yang akan rugi. Namun, jika kita tenggelam dalam teknologi dan tak bisa mengendalikan dampak negarifnya sudah pasti kita akan masuk ke dalam zona bahaya atau yang disebut kritis teknologi. Bukan berarti teknologi merupaka sesuatau yang jahat atau kejam, nyatanya bernagai hal dapat muncul dari perkembangan teknologi. Salah satunya adalah potensi kejahatan dan juga penyalahgunaan teknologi sebgaimana peranan positif simulaasi dan komunikasi digital dalam bidang pendidikan .

Oleh sebab itu, tentu diperlukan sebuah saran pendidikan agar masyarakat paham betul mengenai dampak baik positif atau negatif dari keberadaan dunia maya. Sehingga nantinya akan terlahir masyarakat  yang paham betul mengenai teknologi serta pemanfaatannya. Untuk itu, berikut akan disajikan dalam 12 penerapan kewargaan digital dalam komunikasi daring.

  1. Lingkungan Sekolah

Penerapan kewargaan digital yang peryama adalah dapat diterapkan di lingkungan sekolah. Dalam hal ini, maka harus dilakukan pendidikan dalam sekolah terhadap para siswa . Sebagaimana yang kita tahu saat ini bahwa penggunaan teknologi dan komunikasi daring didominasi oleh para pelajar baik dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Oleh sebab itu, maka sangat penting untuk dapat menerapkan kewargaan digital dalam lingkungan sekolah.

2. Tempat Belajar

Penerapan kewargaan digital juga dapat diterapkan di tempat belajar. Tempat belajar yang dimaksud adalah tempat bimbel atau tempat les. Dimana dalamnprosesnya dapat diterapkan kewargaan digital agar para siswa dapat menggunakan dan menerapkannya dalam komunikasi daring. Dengan adanya pendidikan ini maka akan dapat diberikan pengetahuan mengenai penggunaan komunikaso dunia maya, sehingga generasi muda tidak akan terjerumus kepada hal yang sifatnya negatif seperti kenakalan remaja atau juga kejahatan lainnya. Tentunya hal ini dapat memberikan potensi lahirnya generasi mudah yang melek teknologi namun tidak terjerumus pada kerusakan.

3. Sebagai Sarana Hiburan

Penerapa kewargaan digital dalam komunikasi daring  yang selanjutnya adalah dapat diterapkan sebagai sabuah sarana hiburan. Tentunya dengan adanya perkembangan teknologi membuat para oelaku industri harus bersikap lebih kreatif. Dimana mereka harua menciptakan hiburan dan konten konten yang tidak hanya berkualitas tapi juga mendidik. Sebab jangan sampai kemudian teknologi malah digunakan untuk menyebarkan hal hal yang berbau negatif. Maka hal ini tidak sesuai dengan apa yang menjadi tujuan dari kewargaan digital sebgaimana contoh pesan bisnis dalam komunikasi bisnis.

Sponsors Link

4. Perkembangan Perangkat Berbasis Teknologi

Dalam penerapannya kewargaan digital dalam komunikasi daring tentu sangat berhubungan dengan perangkat bernasis teknologi. Saat ini, kita sebagai masyarakat dihadapkan kepada banyak sekali pilihan perangkat teknologi. Hal ini merupakan upaya untuk mendukung komunikasi digital yang saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Perlu juga ditekankan bahwa, dalam penerapannya tentu perangkat ini tetap harus mempertimbangkan apa saja yang berkaitan dengan teknologi yang berbasis pendidikan . Jangan sampai kemudian perkembangan perangkat teknologi seperti gawai disalahgunakan untuk hal hal yang tak etis.

5. Keterbukaan Informasi

Keterbukaan informasi di era digital seperti saat inu tentu tak dapat dihindarkan. Semua orang kini dapat mengakses ingormasi dengan mudah dan cepat bahkan informasi yang todak sesuai dengan umur pun dapat dengan bebas diakses. Tentu saja hal ini jika tidak disiasati dengan benar akan hisa membawa sampak dan pengaruh buruk bagi perkembangan terutama anak anak dan remaja. Oleh sebab itu, maka dalam hal ini kewargaan digital harus diterapkan dengan seksama dan tanpa pandang bulu. Harus terdapat batasan antara informasi yang layak diakses anak anak dan dewasa seperti pada  macam-macam media komunikasi,.

6. Akses yang Cepat

Bukan hanya ketetbukan informasi namun kini semua hal dapat diakses dengan mudah dan cepat. Pastinya hal ini memeberikan dampak positif yang begitu luar biasa. Sebab era saat inu membutuhkan keceoatan dan ketepatan waktu. Maka dari itulah, sangat penting untuk menerapkan kewargaan digital agar tentunya kecepatan akses yang ada dapat memberikan manfaat yabg besar bagi para penggunanya.

7. Perkembangan Teknologi

Meskipun informasi dapat diakses dengan cepat namun perkembangan teknologi menjadi hal yang tak dapat dipungkiri sebagai bentuk dari kemajuan zaman. perkembangan teknologi yang begitu cepat dan pesat menuntut kita bergerak lebih cepat dan dinamis. Jika tidak diimbangi dengan penerapan kewargaan digital maka tenru kita akan menjadi salah satu korban darinperkembangan teknologi yang tak dapat merasakan manfaatnya.

8. Era Digital

Era digital merupakan salah satu dampak dari munculnyabperkembangan teknologi. Diikuti dengan perkembangan komunikasi digital yang kuan menjadi hits dan gaya hidup masyarakat milenial termasuk  media komunikasi modern.. Dimana kini teknologi komunikasi digital seperti sebuah candu yang membuat semuanorang terhanyaut di dalamnya. Dunia maya adalah sebuah tempat yang dianggap paling nyaman dan bisa membuat kita berekspresi sesukannya. Tapi ingat tetap dalam batasannya ya, maka dari itu dalam hal ini perlu diterapkan kewargaan digital agar banyak kaun minenila yang terjebaj di dalamnya.

Sponsors Link

9. Kemajuan Komunikasi Digital

Kemajuan teknologi membawa dampak yang begitu besar dalam perkembangan komunikasi digital. Dunia maya serasa lebih nyata hingga membuat banyaj orang addict dan tak perduli lagi pada sekitar. Yang jauh jadi dekat yang dekat jadi jauh, padahal hal ini salah kaprah. Sebab hal ini akan menyebabkan dunia nyata tidak seasik dunia maya. Oleh sebab itu, maka dalam kondisi seperti inilah kewargaan digital perlu diterapkan. Agar tentunya dapat memberikan pengajaran sebagaimana  peran komunikasi dalam pembangunan ekonomi digital .

10. Literasi Digital

Ada berbagai hal dan informasi yangbhisa diperoleh dari dunia maya, namun terkadang sumber literaturnyabtidak valid. Maka dari itu agar jangan sampai kita tersesat perlu adanya oenerapa kewargaan digital. Agar tidak sembarang orang dapat menyebarkan informasi yang todak valid dan sumber yang jelas.

11. Kesehatan Komunikasi Digital

Penerapan kewargaan digital dalam komunikasi digital dilakukan agar tercapainya kesehatan dalam komunikasi. Sebab saat ini dengan begitu kudahnya orang orang awam menyebarkan berita bohong atau hoaks. Sehingga meresahkan masyarakat. Meskioun sepele dampak hoaks sangatlah besar dan dapat sangat berbahaya.

12. Transaksi Digital

Terakhir, penerapan kewargaan digital dapat digunakan dalam upaya menciptakan transaksi digital yang sehat. Sehibgga hal hal ini yidak digunakan oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab untuk menyesatkan banyak pihak dan juga banyak orang.

Itulah tadi, 12 penerapan kewargaan digital dalam komunikasi daring. Semoga dapat bermanfaat.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Daring