Sponsors Link

10 Peran Public Relation dalam Perusahaan

Sponsors Link

Teknologi semakin berkembang dan segala bidang kehidupan mau tidak mau juga turut mengalami perkembangan sebagai adaptasi terhadap semakin canggihnya dunia teknologi. Bidang yang paling mencolok dan menarik untuk dipelajari adalah bidang komunikasi. Dimana manusia sekarang hampir tidak terlepas dari suatu kegiatan yang bernama komunikasi. Manusia hampir setiap hari melakukan komunikasi guna memenuhi kebutuhan dalam hidupnya. Manusia yang satu menyampaikan suatu informasi atau pesan kepada yang lainnya lewat jalan komunikasi.

ads

Kebutuhan manusia terhadap komunikasi ini hampir sama dengan kebutuhan manusia terhadap sandang, pangan dan juga papan. Manusia yang diciptakan oleh Yang Maha Esa sebagai makhluk sosial tentu tidak bisa lepas dari orang lain. Semuanya saling membutuhkan satu sama lain. Yang satu butuh yang lain dan yang lain butuh kita. Apalagi di era kecanggihan teknologi seperti sekarang ini, komunikasi semakin dipermudah dengan adanya berbagai penemuan teknologi komunikasi. Bahkan hingga kini teknologi komunikasi masih saja terus dikembangkan demi memenuhi kebutuhan manusia agar lebih efektif.

Komunikasi dalam Perusahaan

Pada level perusahaan, komunikasi sangat penting terutama untuk menarik minat dan kepercayaan publik sehingga dapat dimanfaatkan untuk memperoleh keuntungan sebanyak – banyaknya. Perusahaan dimana tempat terjadinya kegiatan produksi dan berkumpulnya semua faktor produksi tentu mempekerjakan beberapa orang agar mencapai tujuan dari perusahaan tersebut.

Maka dari itu, komunikasi yang baik akan sangat mempengaruhi kelangsungan hidup perusahaan. Perusahaan dengan komunikasi yang baik entah antar karyawan ataupun dari perusahaan dengan klien yang lain dan masyarakat sebagai konsumen tentu akan sangat memudahkan perusahaan itu sendiri dalam mengatur strategi sehingga diperoleh keuntungan sebanyak- banyaknya. Tujuan yang ingin dicapai perusahaan akan terwujud jika terdapat kerja sama yang baik pada setiap individu dalam perusahaan.

Komunikasi yang terjadi dalam perusahaan biasanya berlangsung dalam dua konteks yaitu komunikasi yang terjadi di dalam perusahaan dan komunikasi yang terjadi diluar perusahaan. Komunikasi yang terjadi didalam perusahaan baik itu terjadi secara vertikal, horizontal, ataupn diagonal seringkali mengalami kesulitan sehingga menyebabkan ketidaklancaran komunikasi atau biasa disebut miss komunikasi.

Komunikasi memang secara alamiah terjadi namun pada beberapa kasus terdapat beberapa macam dan teknik ataupun hal lain komunikasi yang sebaiknya dipelajari. Komunikasi sekarang ini telah berkembang dan bahkan menjadi multidisipliner serta banyak orang yang mempelajarinya. Seperti bagaimana melakukan komunikasi dengan atasan yang tentu saja akan berbeda jika anda melakukan komunikasi dengan rekan kerja. Bagaimana berkomunikasi dengan calon klien atau kolega anda sehingga, anda dapat saling bekerja sama untuk proyek yang besar dan mendapatkan citra yang baik.

Public Relation dalam Perusahaan

Citra atau reputasi bagi perusahaan adalah hal yang sangat berarti. Bagaimana publik atau masyarakat memberikan penilaian pada perusahaan, bagaimana kepercayaan publik terhadap suatu perusahaan, bagaimana publik akan memilih produk terbaik, dan lain sebagainya akan sangat bergantung terhadap citra perusahaan di mata publik itu sendiri. Dalam hal ini, citra bagi suatu perusahaan akan sangat menentukan kelangsungan hidup perusahaan itu sendiri.

Managemen pada perusahaan adalah bidang yang penting. Membangun cira suatu perusahaan biasanya merupakan tugas dari seorang public relations. Pada beberapa perusahaan bagian ini dimasukkan kedalam struktural namun beberapa perusahaan lainnya lebih memilih untuk menggunakan jasa konsultan public relations dengan alasan – alasan tertentu.

Tugas public relation dalam perusahaan terbagi menjadi beberapa bagian. Pembagian tugas public relation pada satu perusahaan dengan perusahaan lainnya belum tentu sama tergantung dengan kebutuhan perusahaan tersebut. Public relation juga tidak akan terlepas dari media relation yang memiliki tugas untuk mengatur hubungan baik dengan media, mengatur arus informasi ke media, dll. Berikut ini peran public relations dalam perusahaan :


1. Membina hubungan kedalam

Seorang public relation memiliki peran untuk membina hubungan kedalam atau biasa dikenal dengan istilah internal public relations. Publik internal merupakan publik yang terdiri atas orang yang merupakan bagian dari perusahaan yang secara fungsional memiliki tugas, hak, kewajiban dan pekerjaan tertentu. Public relation harus dapat melakukan identifikasi terhadap hal yang dapat menimbulkan dampak negatif didalam perusahaan sebelum suatu kebijakan dijalankan dan disampaikan kepada publik atau masyarakat umum.

2. Membina hubungan ke luar

Seorang publik relations yang profesional harus mampu mengusahakan tumbuhnya sikap dan gambaran publik yang positif terhadap perusahaan yang menjadi tanggung jawabnya. Pihak luar atau publik eksternal ini merupakan masyarakat yang berada diluar organisasi baik yang memiliki hubungan dengan perusahaan tersebut ataupun dengan yang diharapkan akan berkaitan dengan perusahaan.

3. Public relations sebagai tenaga ahli

Tenaga ahli disini berarti seorang public relation yang telah berpengalaman dan memiliki kemampuan yang tinggi diharapkan dapat memberikan solusi dan menjalankan solusi tersebut sebagai upaya penyelesaian masalah hubungan dengan publik baik eksternal ataupun internal.

4. Public relations sebagai fasilitator komunikasi

Seorang public relation juga memiliki peran sebagai komunikator dan mediator yang membantu pihak manajemen untuk mendengar apa yang diinginkan dan diharapkan dari perusahaaan oleh publiknya. Seorang public relation juga diharapkan harus mampu menjelaskan kembali tentang keinginan, kebijakan – kebijakan, dan harapan perusahaan kepada pihak khalayak atau publiknya. Dari komunikasi timbal balik tersebut diharapkan akan menciptakan hubungan yang saling pengertian, saling mempercayai, saling menghargai serta saling bertoleransi antara kedua belah pihak.


5. Public relations sebagai fasilitator pemecahan masalah

Peran ini sebenarnya merupakan peran dari tim manajemen dimana public relation juga berperan untuk membantu pimpinan perusahaan sebagai penasehat atau konsultan dalam pengambilan keputusan untuk mengatasi berbagai persoalan dan krisis yang sedang dihadapi secara rasional dan profesional.

6. Public relation sebagai teknisi komunikasi

Public relations yang merupakan bagian dari teknik komunikasi dua arah juga harus mampu mengetahui timbal balik yaitu tentang bagaimana dampak baik terhadap reputasi dan citra perusahaan atau sebaiknya malah menjadi negatif. Akibatnya malah kurang menguntungkan bagi perusahaan tersebut.

7. Public relations bagi perusahaan juga memiliki peran sebagai konseling yang mengarahkan pihak internal managemen dengan berbagai kebijakan perusahaan.

8. Public relations juga berlaku sebagai tim riset perilaku publik dengan tujuan untuk membangun kepercayaan antara publik terhadap perusahaan dan meyakinkan publik betapa pentingnya perusahaan tersebut bagi kehidupan mereka.

9. Public relations berperan untuk melakukan kerja sama dengan media tertentu sesuai dengan kepentingan perusahaan.

10. Public relation terkadang memiliki peran untuk mempertahankan sudut pandang publik, terhadap kepemimpinan, produk, keputusan perusahaan, dll.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Public Relations