Sponsors Link

12 Pengaruh Komunikasi Efektif dalam Meningkatkan Motivasi

Sponsors Link

Komunikasi adalah bagian dari kehidupan manusia. Komunikasi telah menjadi kebutuhan manusia layaknya kebutuhan manusia terhadap sandang, pangan dan juga papan. Komunikasi terjadi karena ada suatu pesan yang hendak disampaikan kepada pihak lain. Manusia sebagai makhluk sosial membutuhkan komunikasi untuk berinteraksi dengan manusia yang lain. Pada suatu proses komunikasi yang terjadi terdapat seorang komunikator sebagai pihak pengirim pesan dan juga seorang komunikan yang merupakan pihak penerima pesan. Komunikasi bisa terjadi dalam lingkung kecil seperti komunikasi antara ayah dan ibu ataupun dalam lingkup yang lebih luas yaitu melibatkan suatu organisasi atau instansi dengan khalayak atau masyarakat luas.

ads

Hampir setiap hari manusia melakukan komunikasi baik dengan bertemu secara langsung maupun secara tidka langsung dengan orang lain. Bahkan anda mungkin akan kesulitan mengingat kapan anda terakhir kali benar – benar tidak melakukan komunikasi dengan siapapun. Namun, apakah anda yakin jika komunikasi yang anda lakukan benar – benar terjadi dengan baik. Walaupun anda sudah melakukannya hampir setiap hari namun tetap saja kadang dapat terjadi suatu kesalahpahaman ataupun perselisihan. Oleh karena iu, anda perlu memahami bagaimana komunikasi yang efektif agar tidak terjadi semacam perselisihan ataupun hal negatif lain yang anda tidak inginkan. Jika anda dapat melakukan komunikasi dengan efektif, anda akan mendapatkan banyak manfaat dari hal tersebut

Komunikasi Efektif

Komunikasi sendiri merupakan proses penyampaian suatu pesan dari satu pihak kepada pihak lain melalui suatu media perantara yang bisa saja menimbulkan suatu gangguan atau noise. Meski pengertiannya nampak sederhana namun prakteknya terkadang tidak semudah itu. Komunikasi tidak hanya tentang berbicara dengan pihak lain, namun juga dengan cara lain atau istilahnya terdapat komunikasi verbal dan non verbal. Ekspresi dan gerak gerik tubuh kita juga menjadi elemen yang mempengaruhi pada berlangsungnya proses komunikasi. Terkadang persepsi pihak penerima pesanlah yang membuat suatu komunikasi dapat dikatakan tidak berhasil. Karena keberhasilan suatu komunikasi sangat bergantung pada kepahaman oleh pihak penerima pesan. Persepsi seseorang sendiri sangat dipengaruhi oleh lingkungan pesan disampaikan yang bisa membuat persepsi tiap orang berbeda terhadap suatu pesan yang diterima.

Beberapa faktor yang mempengaruhi komunikasi adalah latar belakang budaya seseorang, ikatan kelompok atau grup, harapan, pendidikan, serta situasi atau lingkungan. Lalu bagaimana suatu komunikasi dapat dikatakan sebagai komunikasi efektif?. Komunikasi efektif adalah komunikasi yang mampu menghasilkan perubahan sikap pada orang lain dan bisa terlihat pada proses komunikasi. Komunikasi efektif adalah hal yang diinginka oleh setiap pelaku komunikasi dimana apa yang ingin disampaikan sesuai yang yang mereka inginkan. Mungkin anda sering bertanya – tanya mengapa orang lain tidak mengerti dengan apa yang anda maksud? Mungkin tidak hanya anda yang bertanya demikian, bahkan mungkin kebanyakan orang bertanya tentang hal itu. Sebenarnya bukan anda yang salah, hanya saja mungkin anda perlu melakukan analisis lebih lanjut apakh komunikasi yang telah anda lakukan tersebut sudah efektif atau belum. Sehingga apa yang anda sampaikan sesuai dengan maksud anda dan orang lain memahami sesuai dengan pesan yang anda maksud.


Kesalahpahaman pada proses komunikasi dapat diminimalisir jika anda dapat melakukan komunikasi dengan efektif. Meskipun tidak mudah melakukan komunikasi efektif namun bukan berarti jika hal tersebut menjadi mustahil. Hal yang pening yang harus anda terapkan adalah melakukan teknik – teknik komuniasi yang efektif dan berkelanjutan. Berikut ini adalah beberapa manfaat mengenait teknik komunikasi yang efektif:

  • Pesan dapat tersampaikan dengan baik
  • Pesan yang diterima oleh komunikan akan sesuai dengan apa yang dimaksud serta yang diharapkan oleh pengirim pesan atau komunikator
  • Dapat mengurangi dan meminimalisir terjadinya kesalahpahaman yang dapat mengakibatkan perselisihan
  • Adanya konflik dan masalah dapat dipecahkan dan diselesaikan dengan cepat
  • Hubungan antara pelaku komunikasi dapat terjalin lebih erat

Pengaruh Komunikasi Efektif dalam Meningkatkan Motivasi

Komunikasi yang efektif dapat juga memberikan dampak yang lebih kepada orang lain. Salah satunya adalah meningkatkan motivasi. Komunikasi yang baik tentu akan menghasilkan penerimaan informasi yang baik dan berkualitas. Motivasi seseorang bisa sangat mungkin dapat dipengaruhi oleh komunikasi yang dilakukan dengan orang lain. Motivasi sendiri adalah suatu dorongan yang yang dapat menyebabkan seseorang untuk melakukan suatu perbuatan untuk mencapai tujuan tertentu. Berikut ini terdapat 12 pengaruh komunikasi efektif dalam meningkatkan motivasi:


1. Komunikasi dapat meningkatkan suatu stimulus tertentu

Suatu komunikasi dikatakan efektif jika dapat menimbulkan kesenangan dna juga mempengaruhi sikap, meningkatkan sosial yang baik dan pada akhirnya dapat menimbulkan suatu tindakan. Karena syarat komunikasi yang efektif adalah menciptakan suasana yang menguntungkan dan menggunakna bahas ayang mudah untuk dimengerti. Komunikasi dari guru misalnya, bisa memberikan suatu stimulus kepada siswa untuk belajar hal yang baru. Komunikasi baik yang terjadi akan membuat siswa terpancing untuk mencari hal baru yang bisa dipelajari. Hal ini tentu saja sangat bergantung dari stimulus – stimulus yang diberikan oleh guru yang dapat membuat siswa menjadi lebih tertarik untuk belajar.

2. Memancing penasaran

Rasa penasaran seseorang adalah suatu bekal yang baik sehingga motivasi menjadi meningkat. Rasa penasaran orang lain akan terpancing untuk mengetahui lebih banyak lagi tentang suatu hal baik yag sudah diketahui ataupun hal baru yang belum diketahui bahkan menarik untuk dipelajari lebih lanjut. Tentunya hal ini akan sangat bermanfaat.

3. Meningkatkan Kesadaran

Kesadaran seseorang dapat dibangun melalui komunikasi yang terjadi. Jika komunikasi telah dilakukan dalam bentuk apapun itu namun masih sulit dipahami maka orang lain tidak akan memahami maksud yang ingin anda sampaikan. Oleh karena itu komunikasi yang efektif memiliki dampak positif salah satuya adalah menumbuhkan kesadaraan dalam diri seseorang.

4. Meningkatkan semangat

Komunikasi yang baik dapat memupuk semangat. Setiap kata dan kalimat yang terucap dari komunikator kepada komunikan apabila disampaikan dengan baik maka dapat masuk kedalam hati pihak penerima pesan yang nantinya juga dapat membangkitkan semangat seseorang.

5. Menarik minat seseorang

Komunikasi yang efektif dapat menarik minat seseorang karena komunikasi yag terjadiln dengan baik sehingga seseorang dapat larut dalam pembicaraan dan tertaik dengan bahasan yang anda bahas pada proses komunikasi.

Baca juga : 8 contoh prinsip motivasi dalam komunikasi lisan

Demikianlah 12 pengaruh komunikasi efektif dalam meingkatkan motivasi. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, ,