Sponsors Link

6 Pendekatan Modern dalam Komunikasi Organisasi

Sponsors Link

Manusia hidup berdamping dengan yang lainnya. Semuanya saling membutuhkan satu sama lain. Sebagai makhluk sosial, manusia perlu berinteraksi dengan yang lain. Interaksi sosial yang terjadi ini merupakan bagian dari komunikasi. Komunikasi memegang peranan penting dalam keberlangsungan hidup manusia.

ads

Kebutuhan manusia akan komunikasi sama halnya seperti kebutuhan manusia terhadap sandang, pangan dan papan. Setiap kegiatan yang dilakukan manusia hampir semua membutuhkan komunikasi. Oleh karena itu komunikasi merupakan salah satu multidisiplin ilmu yang terus berkembang dari dulu hingga saat ini.

Bahasa sebagai alat komunikasi dan komunikasi terjadi karena suatu pesan yang hendak disampaikan untuk mencapai suatu maksud ataupun tujuan tertentu. Kehidupan masyarakat yang berdampingan dengan yang lainnya karena memiliki tujuan yang sama. Dan akhirnya membentuk suatu kelompok masyarakat atau yang biasa disebut organisasi.

Organisasi merupakan wadah dan tempat berkumpulnya sekelompok orang agar dapat bekerja sama secara sistematis, terkendali, terpimpin demi mencapai suatu tujuan tertentu. Tujuan yang dimaksud tersebut merupakan tujuan yang memberikan manfaat bagi sumber daya yang ada. Suatu organisasi dibentuk karena ingin mencapai suatu visi dan misi tertentu.

Pada suatu organisasi, komunikasi merupakan bagian penting untuk menyampaikan pesan organisasi kepada seluruh sumber daya manusia dalam organisasi tersebut. Dimana masing – masing orang atau sumber daya manusia memiliki peran penting demi terwujudnya visi dan misi organisasi. Banyaknya kepala dalam suatu organisasi harus bisa membuat organisasi menjadi maju bukan malam mengalami perpecahan.

Pada kasus tersebut, maka komunikasi organisasi merupakan elemen penting dalam berlangsungnya suatu organisasi. Komunikasi juga merupakan jembatan dalam semua aspek agar memiliki kesamaan makna dan tujuan sesuai dengan kesepakatan bersama. Komunikasi yang efektif dalam suatu organisasi dapat dilihat berdasarkan cara seorang pemimpin memberikan arahan kepada timnya secara jelas, tegas serta sesuai dengan prosedur dalam bekerja.

Pengertian komunikasi adalah salah satu disiplin ilmu yang terus berkembang dari dahulu hingga sekarang. Semua kegiatan yang dilakukan manusia hampir semuanya membutuhkan komunikasi. Komunikasi yang terjalin umumnya melibatkan komunikator selaku pengirim pesan, pesan yang ingin disampaikan, komunikasi sebagai penerima pesan, saluran atau media perantara yang digunakan serta feedback atau umpan balik.

Seperti pada umumnya bahwa keberhasilan suatu komunikasi sangat bergantung dari bagaimana sang penerima pesan atau komunikan memahami dengan baik pesan yang disampaikan. Hal tersebut akan terlihat melalui feedback yang diberikan.

Pengantar ilmu komunikasi sebagai salah satu ilmu sosial yang multidisiplin dan berkembang melalui beberapa pendekatan. Pendekatan yang digunakan berasal dari berbagai disiplin ilmu yaitu :

  1. Politik,
  2. Linguistik,
  3. Antropologi,
  4. Sosiologi,
  5. Psikologi.

Objek pengamatan dalam ilmu komunikasi menyangkut berbagai aspek mulai dari aspek sosial, budaya, ekonomi, politik dan lain lain yang erat kaitannya dengan kehidupan manusia. Pendekatan merupakan suatu sudut pandang tertentu terhadap suatu hal. Bahkan satu pendekatan dapat dijabarkan ke berbagai metode yang ada.


Komunikasi terus berkembang dan pendekatan dilakukan untuk memahami sesuatu yang mempengaruhi perspektif kerja sistem. Teori komunikasi organisasi juga senantiasa berkembang dan menimbulkan berbagai macam pendekatan yang dipengaruhi oleh bagaimana cara untuk meninjau masalah organisasi. Keduanya baik komunikasi maupun organisasi dilakukan pendekatan. Pendekatan yang biasa dilakukan adalah pendekatan teori klasik, pendekatan modern dan pendekatan post modern.

Pendekatan modern merupakan pendekatan yang dilakukan dengan memahami way of thinking atau cara berpikir tentang organisasi, bukan tentang mengenai organisasi tersebut. Pendekatan modern dalam komunikasi organisasi merupakan suatu cara pandang atau cara melihat dan melakukan analisis secara lebih mendalam, detail dan tepat yang dilakukan melalui keteraturan dan regularitas perilaku organisasi. Namun hal tersebut hanya berlaku untuk kondisi dan lingkungan tertentu saja. Berikut adalah pendekatan modern dalam komunikasI organisasi.

 1. Organisasi Sebagai Suatu Sistem

Pendekatan yang pertama adalah organisasi sebagai suatu sistem yang terdiri atas lima bagian pokok yaitu :

  1. Input,
  2. Proses,
  3. Output,
  4. Arus balik,
  5. Lingkungan.

Sistem sendiri merupakan suatu kesatuan yang terdiri dari beberapa elemen dimana semuanya saling berhubungan sehingga informasi akan lebih mudah mengalir. Pada sebuah organisasi terjadi konversi dari input menjadi output serta ada proses yang salaing berhubungan. Organisasi juga merupakan suatu sistem sosial yang lebih pas dilihat dengan perspektif yang lebih lebar.

2. Dinamis

Seiring berjalannya waktu, perubahan pasti terjadi termasuk pada organisasi dan komunikasi organisasi. Pendekatan dengan mengkaji kedinamisan komunikasi memungkinkan agar komunikasi dapat beradaptasi dengan perubahan lingkungan yang terjadi. Kedinamisan ini bisa disebabkan karena adanya perubahan pasar, perubahan ekonomi, kondisi sosial, dan perubahan teknologi.

3. Multi Level dan Multi Dimensional

Multi dimensional merupakan situasi dimana terjadi berbagai pertentangan baik besar maupun kecil mulai dari bidang politik, sosial, ekonomi dan lain-lain. Pendekatan modern ini memungkinkan suatu komunikasi dalam organisasi memiliki lebih dari satu keadaan.


4. Multi Motivasi

Motivasi merupakan dorongan bagi sumber daya dalam sebuah organisasi untuk bersama-sama mewujudkan target visi dan misi organisasi tersebut. Motivasi biasanya akan menunjuk kepada sebab, arah, dan juga persistensi perilaku. Seorang individu yang dimotivasi akan terjun kedalam sebuah kegiatan dengan lebih giat dan efisien dibanding dengan tanpa motivasi.

5. Multi Disipliner

Pendekatan modern multi disipliner merupakan pendekatan yang dilakukan untuk pemecahan suatu masalah dengan menggunakan berbagai sudut pandang dari beberapa ilmu yang relevan. Misalnya adalah pembahasan mengenai kemiskinan. Kemiskinan dari sudut pandang politik, sosiologi, psikologi jelas akan berbeda. Masing-masing ilmu memiliki cara pandang suatu masalah yang berbeda sudut.

6. Deskriptif

Komunikasi organisasi secara deskriptif bertujuan mengatur hubungan antar pribadi dalam konteks organisasi. Komunikasi bisa berupa komunikasi formal maupun informal. Semua individu yang menjadi sumber daya manusia suatu organisasi memiliki tujuan yang sama yaitu mewujudkan visi dan misi organisasi tersebut.

Demikianlah pendekatan modern dalam komunikasi organisasi yang penting untuk anda pelajari. Jika ditelaah lebih dalam semuanya akan saling berkaitan satu sama lain. Pendekatan modern dilakukan karena ingin mengkaji komunikasi organisasi dari berbagai sudut pandang.

Hal ini tentunya berguna untuk dapat menarik sebuah kesimpulan untuk mendapatkan suatu teori. Hal ini penting untuk anda pelajari karena kita hidup bermasyarakat dan tak lepas dari suatu organisasi baik skala kecil maupun besar. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,