Sponsors Link

2 Pendekatan Konseptual Dalam Audit Komunikasi

Sponsors Link

Audit komunikasi merupakan suatu kajian mendalam dan menyeluruh mengenai adanya pelaksanaan sistem atau proses komunikasi dalam organisasi. Dimana bertujuan untuk meningkatkan efektivitas organisasi. Dimana dalam upaya mencapai efektivitas organisasi diperlukan suatu pendekatan yang perlu diaplikasikan agar audit komunikasi itu sendiri juga dapat berlangsung secara efektif dan efisien.

ads

Ada beberapa pendekatan yang dapat diaplikasikan didalam audit komunikasi, salah satunya adalah pendekatan konseptual. Apa itu pendekatan konseptual dan bagaimana hubungannya dengan audit komunikasi?. Berikut ini ada beberapa penjelasan mengenai pendekatan konseptual dalam audit komunikasi.

Audit komunikasi diperlukan agar dapat memahami secara lebih lengkap bagaimana, apa dan juga kepada siapa suatu organisasi maupun perusahaan melakukan suatu proses komunikasi. Suatu audit komunikasi dapat memberikan gambaran yang cukup jelas mengenai apa yang telah dilakukan saat ini, dan juga sebagai suatu dasar dalam memutuskan serta melakukan perubahan yang diperlukan bagi suatu organisasi maupun perusahaan.

Beberapa manfaat dari audit komunikasi diantaranya adalah :

  1. Mengetahui apakah proses maupun program komunikasi yang berlangsung telah berjalan dengan baik.
  2. Mengevaluasi praktek komunikasi yang terjadi baik secara komunikasi internal maupun komunikasi eksternal.
  3. Memeriksa hubungan antara komunikasi yang berlangsung dengan tindakan operasional lainnya yang berkaitan.
  4. Membangun landasan dan juga latar belakang yang dapat digunakan untuk menerapkan serta mengembangkan kebijakan dan program komunikasi baru.

Selain beberapa manfaat diatas, masih banyak manfaat audit komunikasi lainnya. Lantas bagaimana dengan pendekatan konseptual dalam audit komunikasi?. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Baca juga : proses komunikasi dalam diri manusia

Pendekatan konseptual merupakan salah satu pendekatan yang dapat dilakukan dalam audit komunikasi, dimana berkaitan dengan kinerja organisasi. Kinerja organisasi tersebut lebih mengarah kepada bidang komunikasi dan juga efektivitas sistem komunikasi yang berlangsung. Pendekatan konseptual sendiri mengarah pada upaya adanya pengukuran sejauh mana tingkat pencapaian tujuan, seperti tujuan penerapan komunikasi dalam organisasi, dan juga sasaran dari kegiatan-kegiatan komunikasi tercapai, dimana nantinya dapat diaplikasikan pada pemeriksaan kinerja organisasi.


Dengan kata lain dapat disimpulkan bahwa pendekatan konseptual dalam audit komunikasi berhubungan erat dengan kinerja organisasi, yang mana berlandaskan pada efektif dan efisien. Indikator efektivitas dan efisiensi dalam pendekatan konseptual dalam audit komunikasi sendiri dapat dipahami sebagai berikut :

  • Efektivitas

Efektivitas dalam kinerja organisasi dengan pendekatan konseptual dilihat dari apakah kegiatan yang dilakukan adalah benar atau juga dipahami sebagai doing the rights things. Dimana untuk mengukur efektivitas dapat dilihat dari penerima komunikasi, isi pesan atau informasi, ketepatan waktu penyampaian, dan juga format komunikasi maupun sumber informasi. Dengan adanya efektivitas sendiri dapat mengarahkan pada penyelesaian maupun persiapan terhadap tantangan masa depan, meningkatkan sistem komunikasi yang berlaku, dan juga pengoptimalan kebijakan maupun program komunikasi yang dijalankan.

  • Efesiensi

Selain efektivitas, terdapat juga indikator efisiensi didalam pendekatan konseptual dalam audit komunikasi. Dimana efisiensi disini berhubungan dengan komunikasi maupun program komunikasi yang dijalankan secara benar atau juga dipahami sebagai doing the thing rights. Pengukuran dari efisiensi itu sendiri berkaitan dengan apakah adanya penyimpangan cara kerja yang terjadi, maupun juga apakah adanya penyimpangan tujuan dari proses maupun program komunikasi yang dijalankan dalam audit komunikasi.

Dimana indikator efisiensi ini dapat memberikan manfaat seperti memecahkan permasalahan maupun hambatan-hambatan komunikasi dalam audit komunikasi yang terjadi saat ini, mengamankan sumber daya, mencapai tujuan dengan benar, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa penjelasan mengenai pendekatan konseptual dalam audit komunikasi, dimana dapat disimpulkan bertujuan untuk menciptakan komunikasi yang efektif dan juga efisien. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,