Sponsors Link

7 Fungsi Komunikasi dalam Kewirausahaan

Sponsors Link

Indonesia sebagai negara berkembang yang merangkak menjadi negara maju dapat terlihat bahwa Indonesia melahirkan banyak pengusaha muda yang kreatif dan berbakat. Salah satunya adalah seorang pemuda bernama Nadiem Makarim yang sukses menjadi pendiri dan CEO Go-Jek. Kesuksesan dalam berwirausaha tidak luput dengan peran komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Komunikasi merupakan hal terpenting bagi pengusaha dalam sebuah wirausaha atau bisnis. Komunikasi yang baik akan menentukan kesuksesan proses kewirausahaan.

ads

Kewirausahaan berasal dari kata entrepreneur yang artinya seorang yang melakukan kegiatan bisnis atau wirausaha yang memiliki kemampuan dalam mengelola bisnisnya. Menurut Soeparman, entrepreneur adalah suatu kemampuan (ability) dalam berpikir kreatif dan berperilaku inovatif yang dijadikan dasar, sumber daya, tenaga penggerak tujuan, siasat kiat dan proses dalam menghadapi tantangan hidup. Secara sederhana, wirausaha adalah seorang yang memiliki kegiatan bisnis dan memiliki kemampuan kreatif dan inovatif tehadap suatu produk, melakukan penyusunan rencana kerja, memasarkan produk, dan kegiatan bisnis lainnya.

Komunikasi yang dilakukan oleh seorang pengusaha tidak hanya seni berbicara saja, komunikasi dapat dilakukan melalui berbagai media seperti papan iklan, slogan, lambang, gambar, video iklan, dan komunikasi verbal lainnya. Pesan yang disampaikan melalui media tersebut bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai produk yang dijual dalam bisnisnya. Pengusaha berusaha sekreatif mungkin dalam membentuk pesan yang menjelaskan kualifikasi produknya agar masyarakat berminat untuk membeli produknya.

Untuk memasarkan produk, seorang penguasaha harus bersifat komunikatif terhadap konsumen. Komunikasi yang efektif mampu memberikan keunggulan seorang penguasa dalam menaikkan nilai jual suatu produk. Selain itu, seorang pengusaha juga dapat menjalin hubungan dengan pengusaha lain yang bertujuan untuk kerjasama dalam bisnis yang dijalaninya.

Baca juga:

Berikut merupakan fungsi komunikasi dalam kewirausahaan:

  1. Meningkatkan pemasaran produk

Fungsi komunikasi dalam kewirausahaan ini sebagai pemasaran produk atau promosi produk. Komunikasi yang digunakan bersifat persuasif, sehingga dapat membujuk atau merayu konsumen agar percaya dan tertarik untuk membeli produk suatu hasil wirausaha. Komunikasi pemasaran ini harus disajikan dalam bentuk yang menarik dan mampu mencuri atensi konsumen. Pengusaha harus memiliki kemampuan kreatif dan inovatif dalam mempresentasikan produknya. Hal tersebut menjadi faktor utama dalam meningkatkan pemasaran produk.

  1. Meningkatkan kualitas produksi

Seorang pengusaha harus bersifat komunikatif dalam menjalani aktivitas usahanya. Komunikasi yang efektif terutama dalam komunikasi pemasaran berpengaruh terhadap nilai jual suatu produk. Komunikasi pemasaran memberikan presentasi yang baik mengenai produk yang diperjualbelikan, sehingga meningkatkan kualitas produksi. Selain itu, faktor hubungan komunikasi pemimpin dan karyawan dalam evaluasi juga menjadi faktor kualitas produksi berikutnya. Adanya evaluasi dapat mempresentasikan kelebihan dan kekurangan kualitas produksi.

  1. Meningkatkan kerjasama

Suatu komunikasi yang baik dapat memudahkan seorang pengusaha menjalin kerjasama dengan pengusaha lainnya. Kerjasama antara wirausaha berdampak pada peningkatan kualitas produksi dan pemasaran produk. Selain komunikasi, untuk meningkatkan kerjasama dalam berwirausaha dibutuhkan batasan-batasan hak dan kewajiban terhadap kedua belah pihak.

baca juga:

Sponsors Link

  1. Meningkatkan kualitas pemimpin

Pemimpin yang sukses adalah pemimpin yang dapat menjalin hubungan komunikasi yang baik kepada siapa saja. Pemimpin yang dapat mempresentasikan produknya dengan baik akan memberikan kepercayaan kepada konsumen. Konsumen akan merasa puas terhadap proses produksi dan kualitas produknya. Meningkatnya kualitas pemimpin menunjukkan bahwa pemimpin tersebut lebih profesional menyikapi bisnisnya.

Baca juga:

  1. Meningkatkan citra kewirausahaan

Suatu kewirausahaan yang baik adalah menilai citranya dalam dunia bisnis. Artinya, seorang pengusaha harus meningkatkan citra kewirausahaan yang dibangun dengan campur tangan pihak internal (karyawan) maupun pihak eksternal (investor, pemegang saham, konsumen). Selain itu, faktor yang mempengaruhi citra kewirausahaan adalah komunikasi. Komunikasi yang efektif memberi kelancaran antara berbagai pihak baik internal dan eksternal. Citra yang baik dapat mencapai kesuksesan dalam bisnis. Banyak konsumen yang merasa yakin terhadap produk yang dihasilkan dan kualitas produk tersebut. Biasanya konsumen melihat dari nama atau merk dari produk tersebut. Untuk itu menjaga citra kewirausahaan atau menjaga nama baik kewirausahaan sangat penting untuk kelancaran bisnis.

  1. Menambah relasi

Komunikasi dalam kewirausahaan dapat memperluas jaringan kerjasama atau menambah relasi bisnis. Komunikasi yang efektif dapat memperluas relasi terhadap pihak eksternal meliputi investor, pemegang saham, konsumen, dan relasi lainnya. Untuk konsumen biasanya dilakukan promosi untuk produk-produk yang baru serta memberikan komunikasi pemasaran yang baik dalam bentuk iklan yang menarik agar jumlah konsumen yang hadir bertambah.

  1. Menyelesaikan suatu masalah

Komunikasi yang efektif berpengaruh terhadap proses kewirausahaan untuk mencapai kesuksesan dan keberhasilan menjual produk-produknya. Komunikasi yang tidak efektif sering menimbulkan berbagai masalah yang kemudian berpengaruh terhadap aktivitas bisnis tersebut. Solusi untuk menciptakan keharmonisan berbisnis antara konsumen dan pihak kerjasama adalah dengan berkomunikasi secara efektif yang terdapat aturan-aturan didalamnya seperti etika. Dengan demikian, seorang konsumen atau pihak kerjasama dapat menyelesaikan masalah dengan baik tanpa menimbulkan hal-hal buruk lainnya.

Demikian penjelasan terkait apa saja fungsi – fungsi komunikasi dalam kewirausahaan yang ternyata membutuhkan komunikasi yang efektif.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Bisnis