Sponsors Link

8 Fungsi Komunikasi Dakwah Secara Umum

Sponsors Link

Siapapun mungkin tahu bahwa fungsi komunikasi dakwah sangat penting apabila kita sudah mengkaitkannya dengan kegiatan keagamaan. Dakwah merupakan proses penyampaian pesan dengan sifat spiritual dan biasanya diadakan pada suatu forum pengajian. Kegiatan dakwah ini memang sudah sering kita dengar dan mungkin juga kita pernah mengikuti dalam kegiatan tersebut. Ini merupakan salah satu bentuk model komunikasi, dimana biasanya seorang individu akan menyampaikan pesan kepada sekelompok orang.

ads

Beragam manfaat dakwah itu sendiri memang banyak. Teknik berkomunikasi di dalam dakwah pun mungkin akan berbeda dengan teknik komunikasi lainnya. Berikut adalah beberapa macam fungsi dari komunikasi dakwah yang bisa kita lihat secara umum.

  1. Membuat pesan berisi ajakan

Komunikasi dakwah merupakan jenis komunikasi persuasif. Oleh karenanya, di dalamnya akan sangat identik dengan pesan yang berisi ajakan untuk berbuat kebaikan. Umumnya, komunikasi ini sangat efektif terutama dalam membawa pengaruh baik di suatu komunitas. Penerapannya juga termasuk sering efektif untuk memberikan pengaruh-pengaruh yang memang bagus dan baik.

  1. Membagikan pesan dengan sifat spiritual

Komunikasi dakwah juga akan identik dengan isi pesannya yang sarat akan nilai spiritual. Dakwah akan sangat bermanfaat apabila isi pesan yang dikandungnya disampaikan dalam bahasa-bahasa sederhana dan mudah untuk dipahami. Cara komunikasi yang efektif merupakan salah satu kunci agar pesan dakwah bisa tersalurkan dengan baik.

  1. Menguatkan kepercayaan

Komunikasi dakwah, karena sifatnya adalah mengajak, juga mampu menguatkan kepercayaan seseorang. Kepercayaan seseorang biasanya akan semakin dipupuk berkat adanya komunikasi dakwah ini. Keterampilan dalam merangkai kata yang bagus dan juga penuh makna perlu ditingkatkan agar fungsi ini juga bisa terjadi.

  1. Membagikan pesan bermakna

Pesan dengan nilai spiritual umumnya akan bersifat penuh makna. Ini berarti bahwa komunikasi yang berkesan adalah salah satu ciri khas dari komunikasi dakwah. Dakwah dilakukan hendaknya tidak hanya tentang penilaian pribadi terhadap suatu permasalahan keagamaan, melainkan juga mengandung nilai keobjektifan yang didasarkan pada sumber-sumber kepercayaan.

  1. Membagikan informasi keagamaan terbaru

Fungsi komunikasi dakwah selanjutnya yaitu terkait dengan mudahnya membagikan informasi keagamaan terbaru melalui teknik ini. Sebagai contoh, dalam komunikasi Islam informasi mengenai jadwal puasa Ramadhan atau hari raya Idul Fitri bisa disampaikan dengan lebih cepat melalui komunikasi dakwah.

  1. Sarana komunitas keagamaan untuk berkumpul

Melalui komunikasi dakwah, komunitas keagamaan juga bisa saling berkumpul dalam satu forum. Ini adalah fungsi yang bagus, dimana kegiatan komunikasi dakwah akan saling menyatukan hubungan antar umat yang ada di dalam kegiatan keagamaan tersebut.

  1. Memudahkan dalam mengubah sikap dan perilaku

Komunikasi dakwah juga akan memudahkan dalam mengubah sikap dan perilaku seseorang. Sifatnya yang persuasif akan mengajak orang untuk mengubah sikapnya menjadi lebih baik. Tentu ada teknik komunikasi persuasif di dalamnya. Hal ini tentu tak lepas dari isi pesan dalam komunikasi dakwah yang biasanya sifatnya adalah spiritualis.

  1. Memberikan kesempatan dalam bertukar informasi

Dakwah juga memberikan kesempatan untuk saling bertukar informasi. Berbagai macam pertanyaan seputar keagamaan, akan menjadi perbincangan menarik dalam proses komunikasi dakwah. Tentu saja, ini menjadi sebuah kegiatan yang bagus untuk klarifikasi dan juga peningkatan ilmu-ilmu yang bersifat keagamaan.

Beragam fungsi dari komunikasi dakwah tersebut adalah fungsi secara umum. Berdakwah merupakan kegiatan yang membutuhkan keterampilan dan juga kecerdasan, mengingat isi pesan yang akan disampaikan harus benar-benar berasal dari kitab suci. Fungsi komunikasi dakwah tersebut memang pada dasarnya membawa seseorang ke arah yang lebih baik.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Islam