Sponsors Link

8 Fungsi Komunikasi bagi Wirausaha

Sponsors Link

Tak banyak orang yang menyadari betapa pentingnya fungsi komunikasi bagi wirausaha agar ia bisa sukses dalam bisnisnya. Sebenarnya membicarakan fungsi-fungsi komunikasi untuk para wirausahawan tidak akan jauh-jauh dengan komunikasi bisnis. Wirausahawan dengan cara komunikasi yang baik tentunya akan memiliki kesempatan yang lebih besar lagi untuk sukses dalam usahanya. Tidak bisa dibayangkan apabila tidak ada proses komunikasi yang dilakukan oleh seorang wirausahawan. Mengapa kemudian hal ini menjadi sangat penting? Berikut ini adalah fungsi dari komunikasi yang menjadi alasan penting mengapa harus dilakukan oleh para wirausahawan:

ads
  1. Menjalin hubungan kerja sama

Fungsi paling dasar dari komunikasi bagi para wirausahawan tentu saja adalah tentang menjalin hubungan kerja sama. Tanpa adanya komunikasi, tidak mungkin seseorang bisa menjalin hubungan kerja sama dengan baik. Bagaimana menerapkan komunikasi bisnis dengan baik adalah salah satu pekerjaan rumah yang perlu dipelajari lebih lanjut bagi para pelaku usaha.

Kerja sama juga bisa tercapai apabila terjadi proses komunikasi yang efektif. Itulah mengapa mempelajari komunikasi itu penting. Ada cara-cara tertentu yang perlu diperhatikan untuk bisa berkomunikasi dengan baik kepada orang lain, khususnya para konsumen. Ini akan menjadi nilai tambah tersendiri bagi wirausahawan apabila berhasil dilakukan.

  1. Cepat untuk menyelesaikan masalah

Fungsi komunikasi bagi wirausaha selanjutnya yaitu bisa mempercepat penyelesaian masalah. Pelaku usaha seringkali mengalami permasalahan atau kendala tertentu terhadap konsumennya. Bila terjadi masalah atau kesalahpahaman, komunikasi menjadi hal penting yang kemudian bisa menjadi solusi paling efektif. Setidaknya fungsi ini bisa mudah dipahami karena memang komunikasi itu penting untuk dilakukan apabila ada suatu masalah yang timbul antara kedua belah pihak.

  1. Membuat proses promosi lebih mudah

Komunikasi juga akan membuat promosi lebih mudah. Pebisnis ada baiknya mulai memperhatikan bagaimana cara promosi yang lebih efektif terhadap produknya melalui komunikasi pemasaran. Tanpa adanya komunikasi, tidak mungkin promosi bisa mudah dilakukan. Kita mengenal adanya komunikasi massa, dimana bentuk komunikasi tersebut juga bisa menjadi salah satu media untuk promosi dari jasa atau produk yang kita tawarkan.

  1. Memberikan kesan profesional

Umumnya, seorang wirausahawan akan dikenal baik bila ia mampu berkomunikasi dengan baik pula. Kesan bekerja secara profesional akan ia dapatkan ketika pelanggan atau konsumen puas dengan kinerjanya. Salah satu indikatornya adalah terjalin hubungan komunikasi yang baik di antara wirausahawan (sebagai komunikator) dan konsumennya (sebagai komunikan).

  1. Memberikan proses umpan balik untuk perbaikan

Umpan balik atau feedback adalah salah satu fungsi komunikasi dua arah bagi wirausaha agar bisa semakin sukses. Seorang pebisnis yang baik juga harus mampu mendengarkan apa yang menjadi penilaian kinerjanya atau kepuasan pelanggannya. Dengan adanya komunikasi, umpan balik bisa diterima kepada pelaku usaha sehingga ia bisa memperbaiki kualitas dari usaha yang sedang dijalaninya.

  1. Meningkatkan produktivitas

Dengan adanya perbaikan di sana dan di sini karena umpan balik tersebut, maka produktivitas pun akan meningkat. Ini adalah logika sederhana yang menggambarkan bagaimana komunikasi bisa meningkatkan produktivitas. Manfaat dari komunikasi ini bisa langsung dirasakan pelaku usaha bila ia mampu menerapkannya dengan baik.

  1. Memperluas jaringan

Dengan adanya komunikasi, pelaku usaha juga bisa memperluas jaringan lebih luas lagi. Biasanya proses komunikasi akan berjalan secara terus menerus. Ini merupakan model komunikasi transaksional dimana proses tersebut akan terbagi menjadi beberapa kali episode komunikasi. Tak heran, konsumen akan melakukan komunikasi dengan konsumen lainnya sehingga usaha yang dimiliki seseorang kemudian akan semakin dikenal.

Sponsors Link

  1. Meningkatkan kepercayaan pelanggan

Terakhir, komunikasi juga bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan. Seorang pelaku usaha bisa mendapatkan manfaat yang lebih dengan menerapkan proses komunikasi dalam usahanya. Selain ia lebih profesional dalam bekerja, ia juga bisa mendapatkan kepercayaan pada pelanggan sehingga bisa saja usahanya semakin berkembang.

Berbagai macam fungsi dari komunikasi tersebut memang luar biasa untuk wirausaha. Tentu saja ini menyadarkan kita betapa pentingnya komunikasi tersebut untuk dilakukan. Seseorang bisa menjadi lebih percaya diri pula bila bisa menggunakan cara berkomunikasi dengan baik. Inilah mengapa mempelajari komunikasi juga menjadi bagian yang penting bagi para pelaku usaha.

Ada banyak hal yang memang bisa didapatkan dengan komunikasi. Dalam berwirausaha, mengabaikan proses komunikasi merupakan hal yang patut dihindari. Terdapat banyak manfaat lebih yang bisa didapatkan apabila komunikasi tersebut bisa berjalan dengan baik. Bisnis yang dijalankan tentunya semakin lancar dan bisa lebih produktif.

Dari beberapa macam penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa wirausaha tidak bisa lepas dari komunikasi. Sedikit klise memang, karena pada dasarnya komunikasi memang tidak bisa lepas dari kehidupan dan aktivitas apa pun. Namun demikian, memelihara komunikasi adalah hal yang perlu ditekankan saat kita berwirausaha. Itulah fungsi komunikasi bagi wirausaha yang tentu saja bermanfaat untuk mengembangkan bisnis.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,