Sponsors Link

12 Faktor Keberhasilan dan Kegagalan Komunikasi

Komunikasi yang berhasil tentu saja menjadi dambaan semua orang. Dengan komunikasi yang berhasil dengan baik, kita bisa mendapatkan atau mencapai tujuan komunikasi yang kita miliki dengan sempurna. Tidak hanya itu, komunikasi yang baik akan memberikan efek positif pada komunikasi yang akan di lakukan pada kesempatan selanjutnya. Oleh karena itulah, sangat penting untuk mengetahui faktor keberhasilan dan kegagalan komunikasi yang bisa berpengaruh terhadap komunikasi yang kita lakukan.

Memangnya apa saja faktor keberhasilan dan kegagalan komunikasi yang harus kita ketahui? Apakah hal-hal tersebut telah lazim kita kenal atau tidak? Apabila kamu penasaran, silakan langsung saja cek informasi di bawah ini ya.

Faktor Keberhasilan Komunikasi

Mari kita mulai dari apa saja faktor yang bisa membuat komunikasi kita berhasil dengan baik. Mengetahui faktor keberhasilan komunikasi akan membuat kita lebih dekat dengan komunikasi yang baik dan efektif. Berikut ini adalah beberapa faktor keberhasilan komunikasi.

1. Pesan yang mudah dipahami

Salah satu hal yang membuat komunikasi bisa berhasil adalah karena pesan yang sangat mudah dipahami oleh audiens atau komunikan yang menjadi lawan bicara. Dengan pesan yang mudah dipahami, komunikan akan lebih cepat memproses maksud dan tujuan dari komunikasi yang dilakukan, sehingga komunikasi pun bisa berhasil dilakukan dengan baik. Pesan yang mudah dipahami bisa membantu keberhasilan komunikasi lisan dan berbagai jenis komunikasi yang lain.

2. Persepsi positif

Persepsi positif yang dimiliki oleh komunikan terhadap komunikator dan sebaliknya adalah salah satu faktor utama komunikasi bisa berjalan dengan lancar. Apabila audiens atau komunikan memiliki pandangan yang buruk terhadap komunikator, maka hal tersebut akan membuat pesan-pesan yang disampaikan oleh komunikator tidak bisa diterima dengan baik, atau menjadi bias sesuai dengan persepsi yang dimiliki oleh komunikan.

3. Percaya diri

Salah satu faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan seorang komunikator dalam mempengaruhi banyak orang, khususnya dalam komunikasi persuasif, adalah karena adanya rasa percaya diri yang baik dan bisa dirasakan oleh seluruh audiens yang sedang diajak bicara. Tentu saja untuk memiliki rasa percaya diri dibutuhkan pengalaman dan juga persiapan yang matang untuk menunjukkan bahwa komunikator tersebut menguasai materi yang dimilikinya. Hal yang sama juga bisa menjadi syarat keberhasilan pada public speaking, seperti yang kita bahas dalam teori public speaking.

4. Tingkat kedekatan komunikator dan komunikan

Salah satu hal yang juga bisa membuat komunikasi berhasil tanpa ada masalah tertentu adalah karena adanya tingkat kedekatan yang cukup dekat antara komunikator dan komunikan. Misalnya, sahabat sejak kecil, kawan lama, saudara, pasangan dan lain sebagainya. Mereka bisa berkomunikasi dengan mudah karena telah memiliki tingkat kedekatan yang baik. Oleh karena itu, komunikator bisa melakukan berbagai teknik pendekatan untuk menambah tingkat kepercayaan komunikan kepada dirinya apabila hal itu diperlukan.

5. Tidak adanya gangguan komunikasi

Gangguan komunikasi seperti misalnya gangguan media komunikasi, bisa menjadi salah satu penyebab mengapa komunikasi bisa berhasil dilakukan antara komunikator dan komunikan. Oleh karena itulah, untuk menjamin keberhasilan komunikasi yang dilakukan oleh komunikator, komunikator bisa memastikan bagaimana keadaan yang melingkupi kondisi komunikasi yang akan ia lakukan dengan komunikan.

[AdSense-B]

6. Penggunaan bahasa yang sama

Bahasa yang sama juga bisa membuat komunikasi bisa berhasil dengan mudah lo. Bayangkan saja apabila kita menggunakan bahasa Indonesia, sementara rekan kita menggunakan bahasa Taiwan? Pasti akan sulit untuk saling memahami bukan? Perhatikan bahasa yang kamu gunakan ya, karena bahasa adalah salah satu komponen komponen komunikasi yang penting. Gunakanlah bahasa yang dipahami oleh komunikan yang kamu hadapi supaya kamu bisa berhasil berkomunikasi dengan mereka.

Faktor Kegagalan Komunikasi

Setelah mengetahui faktor keberhasilan di atas, tentu saja kita juga perlu mengetahui apa saja yang membuat komunikasi yang kita lakukan mengalami kegagalan. Beberapa faktor kegagalan komunikasi tersebut, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Pesan sulit dipahami

Pesan yang berbelit-belit atau memutar-mutar tanpa ada gagasan inti yang jelas akan membuat komunikan susah memahami dan malas memahami pesan yang dibuat oleh komunikator sehingga komunikasi bisa gagal. Hal ini sangat sering dialami oleh mereka yang belum terbiasa berkomunikasi dengan orang lain.Oleh karena itu, gunakanlah pesan yang efektif dan efisien ya!

2. Persepsi negatif

[AdSense-A]Persepsi negatif terhadap komunikator akan berpengaruh terhadap penerimaan pesan yang dilakukan oleh komunikan. Oleh karena itu, cobalah untuk menghilangkan persepsi negatif tersebut, khususnya dengan menunjukkan perilaku yang memang baik. Dengan demikian citra komunikator bisa berkesan lebih positif. Tentunya hanya citranya saja yang baik tanpa memiliki nilai yang benar-benar baik juga tidak etis karena bisa terlihat menipu komunikan. Jadi intinya, jadilah orang baik yang sesungguhnya ya.

3. Tidak percaya diri

Komunikator yang tidak percaya diri, terlihat sangat grogi, dan lain sebagainya, sangat susah untuk membuat audiens menjadi betah mendengarkan komunikasi yang dilakukan oleh komunikator. Akibatnya, pesan akan menjadi lebih sulit tertangkap dan menyebabkan komunikan jadi tidak bisa memahami pesan dengan baik. Oleh karena itulah, komunikator sebaiknya memiliki rasa percaya diri yang cukup. Rasa percaya diri bisa diasah dengan berlatih ataupun dengan semakin banyak melakukan komunikasi.

4. Tingkat kedekatan komunikator dan komunikan

Jauhnya tingkat hubungan komunikator dan komunikan bisa menghambat komunikasi yang dilakukan. Misalnya apabila kamu baru berkenalan dengan seseorang dan orang tersebut mengucapkan beberapa hal yang membuatmu harus mengeluarkan biaya atau tenaga tertentu untuk melakukannya, kamu cenderung tidak akan mau mengikuti hal tersebut karena khawatir akan ditipu dan lain sebagainya. Dalam hal komunikasi kelompok, kedekatan kelompok juga berpengaruh, sebagaimana bisa kita baca pada teori komunikasi kelompok menurut para ahli.

5. Gangguan komunikasi

Gangguan komunikasi seperti cacat fisik yang tidak diketahui, sumber suara yang mengganggu suara komunikator, dan lain sebagainya bisa menjadi salah satu penyebab gagalnya komunikasi yang dilakukan oleh komunikator. Oleh karena itu, pilihan media, waktu, dan lain sebagainya harus dipertimbangkan dengan benar oleh komunikator agar tidak muncul gangguan komunikasi yang bisa mengganggu komunikasi yang dilakukan oleh komunikator.

6. Bahasa tidak sama

Seperti yang telah disinggung pada bagian sebelumnya, bahasa memegang peran yang penting dalam komunikasi, khususnya komunikasi lisan. Apabila komunikasi yang dilakukan menggunakan bahasa yang tidak sama, maka besar sekali kemungkinan bahwa komunikasi tersebut pasti akan mengalami kegagalan. Oleh karena itulah, komunikator harus memastikan bahwa bahasa yang digunakan oleh komunikator dan komunikan adalah sama. Inilah salah satu faktor yang mempengaruhi komunikasi kelompok menjadi gagal.

Itulah beberapa faktor keberhasilan dan kegagalan komunikasi yang bisa kita bahas dalam kesempatan kali ini. Agar komunikasi bisa berhasil, maka beberapa faktor keberhasilan komunikasi di atas harus diperhatikan dengan baik oleh setiap komunikator. Jangan lupa untuk memerhatikan elemen elemen komunikasi.

Selamat belajar komunikasi ya!

, ,
Oleh :
Kategori : Dasar Komunikasi