Sponsors Link

7 Dampak Etika Komunikasi dalam Hubungan Antar Pribadi

Sponsors Link

Kali ini kita akan membahas mengenai dampak etika komunikasi dalam hubungan antar pribadi yang rupanya memang memiliki efek tertentu. Etika komunikasi merupakan hal yang penting untuk diperhatikan, supaya proses komunikasi yang kita lakukan berjalan dengan baik. Apalagi bila kita sudah membahas mengenai proses komunikasi antar pribadi. Tentu saja hal ini juga menjadi sangat penting untuk diterapkan. Tanpa adanya etika komunikasi yang baik, maka proses komunikasi bisa berlangsung kurang baik pula.

ads

Berikut ini adalah beberapa dampak dari adanya etika komunikasi dalam hubungan intepersonal. Setidaknya, kita akan mengetahui bahwa rupanya memang penting memperhatikan etika komunikasi di dalam melakukan hubungan antar pribadi. Apa sajakah dampaknya?

  1. Menjaga Keharmonisan

Keharmonisan bisa terjaga dengan baik dengan adanya etika komunikasi. Seorang individu tidak akan mudah mengatakan hal yang menyakitkan bagi orang lain. Ini akan memberikan batasan-batasan tertentu pada seseorang manakala ia akan menyuarakan pendapatnya. Setidaknya, etika komunikasi akan mengatur seseorang untuk lebih berhati-hati dalam berinteraksi dengan orang lain. Artinya, ia juga akan memegang kendali terhadap apa yang mestinya disampaikan dan apa yang mestinya tidak.

  1. Memberikan Ketepatan Informasi

Informasi yang tepat juga bisa menjadi hal yang bisa diberikan melalui etika komunikasi yang baik. Manakala tidak ada etika komunikasi antar pribadi dalam sebuah proses interaksi, maka informasi bisa menjadi keliru saat diteruskan kepada orang lain. Hubungan antar personal bisa menjadi kurang baik hanya karena kesalahan informasi yang diteruskan. Oleh karenanya, proses komunikasi yang baik juga harus melibatkan etika di dalamnya.

  1. Mencegah Kesalahpahaman

Kesalahpahaman bisa saja terjadi akibat kesalahan informasi yang sebelumnya telah dibahas. Dengan adanya etika komunikasi, maka hal ini bisa lebih diminimalkan. Kesalahpahaman akan sangat berdampak pada hubungan antar pribadi karena komunikasi yang berlangsung menjadi kurang baik. Seseorang mungkin akan mengalami kesalahan persepsi pada saat terjadi kesalahpahaman ini. Tentunya ini tidak sejalan dengan fungsi-fungsi komunikasi yang sebenarnya.

  1. Mudah Melacak Sumber Informasi

Dengan adanya etika komunikasi, maka sumber informasi bisa dengan mudah dilacak. Ini karena seseorang biasanya akan mencantumkan darimana dia mendapat sebuah informasi. Hal ini penting sebab banyak sekali kejadian dimana proses interaksi yang terjadi justru menyebarkan informasi yang tidak jelas asal-usulnya. Informasi yang tidak jelas asal-usulnya ini akan memberikan kebingungan dalam hubungan antar pribadi.

  1. Mudah Melacak Kebenaran Informasi

Karena sumber informasi yang tidak jelas, maka kebenaran sebuah informasi juga akan dipertanyakan. Kita mungkin mengenalnya dengan istilah berita hoax. Ini merupakan dampak etika komunikasi dalam hubungan antar pribadi yang boleh dibilang bisa digunakan untuk melacak kebenaran informasi. Seseorang akan lebih berhati-hati pada saat menyebarkan suatu informasi bila tidak jelas kebenarannya.

  1. Menumbuhkan Rasa Saling Mengerti

Rasa saling mengerti juga akan semakin didapatkan dengan adanya etika komunikasi. Dalam etika komunikasi, perdebatan adalah hal yang wajar dan bisa digunakan untuk mencari pemecahan masalah bersama-sama. Ini akan menciptakan sikap saling mengerti dalam hubungan antar pribadi. Tak jarang, ada strategi komunikasi efektif yang kemudian diterapkan di dalamnya.

  1. Meningkatkan Komunikasi Efektif

Komunikasi yang efektif juga bisa menjadi bagian dari etika komunikasi yang baik. Proses komunikasi yang berlangsung akan saling menguntungkan dan memiliki tujuan tertentu yang baik. Tentu saja, ini akan meningkatkan kualitas hubungan sosial antar individu yang baik juga karena adanya penerapan teknik komunikasi efektif.

Jadi, itulah tadi beberapa dampak dari adanya etika komunikasi. Rupanya memang sangat berpengaruh sekali etika komunikasi ini. Dampak etika komunikasi dalam hubungan antar pribadi benar-benar dapat membuat proses komunikasi di dalamnya berjalan dengan lebih teratur.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :