Sponsors Link

Contoh Surat Penawaran dalam Komunikasi Bisnis

Sponsors Link

Komunikasi bisnis merupakan suatu komunikasi yang dilakukan yang berhubungan dengan kegiatan-kegiatan bisnis, maupun yang mengandung informasi bisnis didalamnya.

ads

Didalam komunikasi bisnis sendiri terdapat banyak sekali contoh pesan bisnis, salah satunya adalah surat penawaran. Surat penawaran sendiri merupakan suatu surat yang di tulis dengan tujuan untuk menawarkan kerjasama oleh satu perusahan kepada perusahaan yang lain.

Kerjasama tersebut dapat berupa kegiatan jual-beli barang atau jasa, maupun penawaran kerjasama bisnis. Surat penawaran ini juga meupakan contoh surat persuasif dalam komunikasi bisnis yang biasanya di buat oleh perusahan-perusahan penyaluran atau lebih dikenal sebagai perusahaan distributor. Lantas seperti apa surat penawaran dalam komunikasi bisnis? Berikut ini akan ada satu contoh s dari suatu perusahaan untuk menawarkan kerjasama dengan perusahaan lainnya.

Kepada Yth,
Pimpinan PT. LX Provider Tbk Indonesia
Di Jakarta

Hal :Penawaran Kerjasama
Lampiran : 1 (satu) buah proposal

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan informasi yang kami dapatkan mengenai akan dibukanya LX Provider Center di kota Yogyakarta, maka melalui surat ini kami bermaksud untuk mengajukan permohonan kerjasama dengan PT. LX Provider Tbk Indonesia. Kerjasama yang kami maksudkan adalah dalam penyediaan jasa untuk layanan konsumen LX provider, atau layanan call center bagi pengguna LX provider.

Sebagai salah satu perusahaan operator telekomunikasi seluler di Indonesia dan juga leading provider di Indonesia, sudah sepatutnya LX provider dapat menyediakan layanan konsumen untuk membantu permasalahan yang dihadapi oleh para pengguna LX provider.

Oleh sebab itu, sebagai perusahaan penyedia layanan jasa, perusahaan kami yaitu PT DAVs Tbk Indonesia bermaksud mengajukan permohonan kerjasama tersebut. Perusahaan kami sendiri sudah menjalin kerjasama dan dipercaya oleh beberapa perusahaan besar lainnya, seperti pada layanan e-commerce maupun layanan telekomunikasi di Indonesia. Permohonan kerjasama yang kami tawarkan juga bermaksud untuk memberikan kepuasaan pelayanan terhadap para pengguna LX provider di Indonesia.

Besar harapan kami agar permohonan kerjasama ini dapat dipertimbangkan dengan baik, dan menjadi kerjasama berkelanjutan yang dapat memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak. Mengenai mekanisme bentuk kerjasama akan kami jelaskan lebih lanjut apabila PT. LX Provider Indonesia tertarik dan bersedia mengadakan pertemuan untuk membahas permohonan ini lebih lanjut.

Demikian surat permohonan kerjasama ini kami buat, atas perhatian dan juga pertimbangan yang diberikan PT. LX Provider Indonesia kami sampaikan terimakasih.

Hormat kami,
PT. DAVs Tbk. Indonesia

Itulah dia contoh dari surat penawaran dalam komunikasi bisnis sebagai salah satu bagian dalam komunikasi persuasif pula, dimana dapat dipahami dari surat diatas bahwa surat penawaran memang bertujuan untuk menawarkan baik barang maupun jasa dan juga menawarkan kerjasama baik secara perseorangan maupun bagi perusahaan. Surat penawaran dalam komunikasi bisnis sendiri sebenarnya juga memiliki beberapa manfaat penting didalamnya, beberapa diantaranya seperti:

  • Surat penawaran befungsi sebagai suatu sarana untuk memperkenalkan maupun mempromosikan produk-produk yang diproduksi satu pihak kepada pihak lainnya, artinya juga berfungsi sebagai komunikasi pemasaran.
  • Surat penawaran berfungsi sebagai sarana dalam menjalin kerjasama antar pihak yang dianggap dapat memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak.
  • Surat penawaran juga berfungsi untuk memperluas jaringan bisnis serta peningkatan pemasaran produk, baik barang maupun jasa.
    Demikian penjelasan mengenai contoh surat penawaran dalam komunikasi bisnis beserta fungsinya, semoga dapat bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Bisnis