Sponsors Link

5 Teknik Brainstorming dalam Komunikasi Bisnis

Sponsors Link

Teknik brainstroming dalam komunikasi bisnis merupakan bagian dari perencanaan pesan-pesan bisnis, yaitu didalam penentuan ide pokok. Ide pokok sendiri merupakan suatu pernyataan mengenai suatu topik, dimana didalamnya mengandung isi serta tujuan dari topik itu sendiri.

ads

Didalam komunikasi bisnis, dalam menentukan ide pokok biasanya dapat dilakukan melalui beberapa teknik, salah satunya adalah melalui teknik brainstroming. Apa itu teknik brainstroming dalam komunikasi bisnis, dan apa saja teknik-teknik didalamnya? berikut penjelasannya.

Teknik Brainstorming merupakan suatu cara penentuan ide pokok dalam komunikasi bisnis dimana dilakukan melalui suatu pemikiran. Artinya bahwa melalui brainstorming maka pikiran akan dibiarkan untuk mencari beberapa kemungkinan yang dapat menjadi suatu ide pokok, mempertimbangkan tujuan dan fakta yang ada, hingga mempertimbangkan audience. Beberapa teknik brainstroming dalam komunikasi bisnis diantaranya adalah:

  1. Storyteller’s Tour

Storytelller’s tour adalah teknik brainstorming yang biasa dilakukan melalui upaya untuk mendengarkan suatu cerita. Lewat cara mendengarkan tersebut, maka anda dituntut untuk dapat fokus terhadap alasan berkomunikasi, memahami poin-poin utama, memahami nada, rasionalitas, dan juga implikasi yang ada didalamnya. Dengan begitu maka anda dapat terbantu dalam pembuatan ide pokok dalam komunikasi bisnis.

  1. Random List

Teknik selanjutnya adalah dengan mencoba menghubungkan ide-ide yang ada di pikiran anda dengan menuliskannya diatas sebuah kertas kosong. Dengan begitu anda dapat membaginya menjadi beberapa kelompok untuk ditarik suatu ide pokok. Teknik ini akan lebih banyak membantu anda dalam menentukan ide pokok secara lebih luas.

  1. Worksheet

Jika didalam komunikasi bisnis yang anda jalani berupa suatu pemecahan masalah, maka teknik brainstorming yang dianjurkan adalah dengan menggunakan worksheet.

Mengapa demikian? Karena didalam suatu worksheet  akan menyangkut atau mengandung tiga unsur yang penting pula dalam penentuan ide pokok. Ketiga unsur tersebut adalah conclusions, fingdings, dan recommendations atau yang biasa juga disebut sebagai CPR. Degan bantuan worksheet maka anda akan lebih mudah dalam menjelaskan atau menarik kesimpulan.

  1. Journalistic Approach

Teknik selanjutnya dari teknik brainstorming dalam komunikasi bisnis adalah journalistic approach. Teknik ini juga dianggap sebagai salah satu langkah yang baik dalam penentuan ide  pokok, karena didalam journalistic approach biasanya akan terbiasa dengan pertanyaan maupun jawaban dari siapa, apa, kapan, bagaimana, dan juga dimana. Oleh sebab itulah, ide pokok yang terbuat dari teknik ini akan lebih jelas.

  1. Queston and Answer Chain

Teknik terakhir dari teknik brainstorming dalam komunikasi bisnis adalah menggunakan teknik question and answer chain. Artinya bahwa dalam penentuan ide pokok didalam komunikasi atau pesan bisnis ini menggunakan bantuan dari perspektif audience. Teknik ini juga termasuk teknik yang efektif didalam suatu komunikasi bisnis.

Itulah 5 teknik brainstorming dalam komunikasi bisnis, dimana sebenarnya masih ada 2 teknik lainnya didalam penentuan suatu ide pokok dalam perencanaan pesan bisnis. Kedua teknik atau cara tersebut adalah dengan bantuan petunjuk atasan dan juga dengan suatu kebiasaan.

Adanya suatu teknik didalam berbagai macam jenis-jenis komunikasi bisnis juga memiliki tujuan untuk membantu dalam upaya pencapaian fungsi komunikasi bisnis itu sendir, termasuk pula melalui teknik brainstorming. Demikian penjelasan mengenai teknik branistorming, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Bisnis