Sponsors Link

6 Contoh Proses Komunikasi dalam Perspektif Psikologis

Sponsors Link

Mengenali contoh proses komunikasi dalam perspektif psikologis merupakan salah satu hal yang penting ketika kita mempelajari ilmu komunikasi. Komunikasi, bagaimana pun merupakan suatu bagian dari perilaku manusia. Proses pertukaran informasi dan pesan dari individu satu ke individu lainnya, merupakan bagian dari perilaku yang bisa diamati. Psikologi sendiri merupakan sebuah ilmu yang mengamati perilaku manusia. Maka tidak heran jika kemudian kita bisa melihat proses komunikasi ini dari sudut pandang psikologis.

ads

Baca juga:

Jika komunikasi dianggap sebagai sebuah perilaku, maka proses yang ada di dalamnya tentu saja akan melibatkan individu-individu. Pola yang ada pun mungkin akan sangat beragam. Kita akan membahas mengenai bagaimana proses tersebut dilihat sudut pandang psikologi. Sebenarnya semua juga pasti akan familiar dengan beberapa macam proses berikut ini, sebab pada dasarnya, proses tersebut merupakan bagian dari jenis-jenis komunikasi itu sendiri. Seperti apa? Berikut penjelasannya:

  1. Komunikasi Intrapersonal

Komunikasi intrapersonal merupakan komunikasi yang terjadi di dalam diri individu. Seseorang mungkin akan melalui proses berpikir dan lain sebagainya dan ini hanya terjadi di dalam dirinya saja. Ini merupakan jenis komunikasi yang memang tidak melibatkan orang lain. Interpretasi yang ada pun hanya dari diri individu itu sendiri. Komunikasi intrapersonal termasuk bisa diamati.

  1. Komunikasi Interpersonal

Jika komunikasi intrapersonal merupakan komunikasi yang ada di dalam individu, maka komunikasi interpersonal merupakan komunikasi yang melibatkan dua orang individu atau lebih. Ini juga memiliki banyak pola tertentu yang bisa diamati. Tentu saja, proses komunikasi efektif bisa benar-benar terjadi apabila pesan yang disampaikan oleh pengirim pesan bisa diterima dengan baik kepada penerima pesan.

  1. Komunikasi Individu dengan Kelompok atau Lingkungan

Dalam skala yang lebih luas, ada komunikasi individu dengan kelompok atau lingkungan. Satu orang individu bisa saja melakukan proses komunikas ini. Hal ini merupakan contoh proses komunikasi dalam perspektif psikologis yang juga bisa diamati. Kita bisa melihat bagaimana teknik yang digunakan oleh individu tersebut, termasuk efek seperti apa yang kemudian akan didapat. Persuasifkah, negosiasikah? Semua itu juga bisa diamati.

  1. Komunikasi Antar Kelompok

Hubungan yang lebih luas lagi di dalam komunikasi tentu melibatkan antar kelompok. Sejumlah individu bisa saling bertukar pesan atau informasi. Ini merupakan jenis komunikasi yang lebih luas dibandingkan dengan sebelumnya. Komunikasi antar kelompok ini bisa menjadi hal yang cukup penting.

  1. Komunikasi Jaringan

Selain beberapa macam hal di atas, ada juga proses komunikasi jaringan. Ini tentu juga lebih kompleks lagi, dimana ada juga banyak jenis komunikasi jaringan yang ada di dalamnya. Umumnya semua hal tersebut digunakan untuk keefektifan pesan yang akan dikirimkan kepada penerima pesan. (Baca juga: Jenis-jenis komunikasi dalam jaringan)

  1. Tipe Komunikasi

Terakhir adalah mengenai tipe dari komunikasi itu sendiri. Ada tipe komunikasi pasif, asertif dan agresif. Beberapa macam jenis komunikasi tersebut adalah bagian dari perspektif psikologis yang juga bisa diamati. Kebiasaan seseorang dalam berkomunikasi akan menggambarkan bagaimana karakteristik yang dimiliki oleh orang tersebut.

Itulah berbagai macam contoh dari jenis komunikasi jika dilihat dari perspektif psikologis. Pada dasarnya, komunikasi sudah menjadi bagian dari ilmu psikologi dan ini saling berkaitan. Masih ada banyak contoh proses komunikasi dalam perspektif psikologis yang bisa kita cari dengan memperbanyak membaca materi mengenai hal ini.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :