Sponsors Link

Teori Standpoint – Pengertian – Konsep

Sponsors Link

Tahukah kamu pengertian teori standpoint ?

ads

Berikut merupakan salah satu berita yang bisa menggambarkan apa yang dimaksud dengan teori standpoint:

Mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), angkatan 2016, Lutviah Sari (19) dilaporkan hilang sejak awal Oktober 2017. Lutviah hilang lantaran malu karena menghilangkan uang Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Sebelumnya Lutviah yang akrab disapa Vivi, meninggalkan sepucuk surat dan uang sebesar tiga juta rupiah di kamar kosnya Surat tersebut berisi bahwa ia berjanji akan mengembalikan uang yang telah dihilangkannya.

Vivi dijemput oleh orangtuanya dalam keadaan sehat di Stasiun Lenteng Agung, Sabtu (28/10). Pihak kemahasiswaan UI menemukan Vivi di Apartemen Ambasador, Kuningan, Jakarta Selatan. Mahasiswi ini bekerja sebagai staf administrasi di salah satu usaha katering di Jakarta.  Ia mengaku tidak dapat mengikuti perkuliahan karena bekerja untuk menutupi kekurangan uang yang hilang.

Dikutip dari instagram @indozone.id, kasus tersebut banyak ditanggapi oleh warganet di kolom komentar. Warganet berpendapat bahwa sikap Vivi dalam menyelesaikan masalah justru memberikan masalah baru untuk kedua orangtuanya dan terlihat seperti tidak bertanggungjawab terhadap pihak kampus. Ada pula warganet yang sekedar menasihani Vivi dan sebagian lainnya memberi komentar-komentar guyon.

Dari contoh kasus di atas terdapat perbedaan pandangan dalam menyikapi kehidupan sosial. Warganet memiliki pendapat yang sama, yaitu tidak suka dengan tindakan yang dilakukan oleh Vivi. Tetapi ada pandangan yang berbeda seperti warganet pertama yang menyebutkan bahwa tindakan Vivi membuat khawatir pihak keluarga dsn Vivi terkesan tidak bertanggungjawab kepada pihak kampus. Sedangkan pandangan warganet kedua hanya menunjukan rasa simpati lewat kalimat-kalimat atau sekedar memberi guyonan. Penyebab adanya perbedaan pada sudut pandang warganet, yaitu perbedaan pengetahuan yang mereka dapat seperti banyak atau tidaknya sumber berita yang mereka baca. Apakah mereka hanya mendapatkan informasi secara mendalam atau hanya sekedarnya saja.

Baca juga:

Apakah kalian sudah cukup memahami pengertian teori standpoint?

Pengertian

Teori standpoint atau disebut juga sebagai teori sikap merupakan sebuah teori yang dapat mengubah kekuasaan seseorang melalui kewenangan suara pribadi individu. Dikutip dari diction.id, teori standpoint pertama kali dipelopori oleh filsuf Jerman bernama Georg Wilhelm Friedrich Hegel pada tahun 1807. Ia mengemukakan bahwa teori ini membahas tentang hubungan antara tuan dan budak. Walaupun tuan dan budak hidup dalam ruang lingkup yang sama, tetapi mereka memiliki pengetahuan dan pengalaman yang berbeda. Hal tersebut disebabkan karena posisi mereka berbeda dalam kehidupan sosial.

Kemudian teori ini dikembangkan oleh Nancy Hartsock. Ia mengembangkan teori ini yang memiliki pandangan tentang hubungan antara pria dan wanita. Hartsock mencampurkan teori standpoint tersebut dengan teori feminisme yang berpandangan bahwa wanita memiliki posisi sosial untuk mengakhiri penindasan. (Baca juga: Teori Feminisme Menurut Para Ahli)

Konsep

Konsep terpenting dalam teori standpoint adalah sebagai berikut:

  1. Sikap (standpoint)

Sikap atau standpoint merupakan konsep utama dalam teori ini. Standpoint adalah sudut pandang yang dapat diperoleh melalui pengalaman, pemikiran, interaksi, dan usaha dalam hirearki sosial.

  1. Pengetahuan tersituasi (Situated Knowledge)

Pengetahuan tersituasi atau situated knowledge merupakan pengetahuan seseorang berdasarkan konteks dan keadaan. Seseorang mempunyai banyak pengetahuan bukan dari pembawaan alamiah tetapi  karena adanya pembelajaran dan pengalaman.

  1. Pembagian pekerjaan berdasarkan jenis kelamin (Sexual Division of Labor)

Konsep ini merupakan salah satu landasan dalam teori standpoint. Sexual division of labor merupakan alokasi pekerjaan yang didasarkan oleh jenis kelamin. Hal ini terkait dengan pandangan feminis dimana perempuan diposisikan hanya sebagai pekerja domestik, sehingga tidak ada kesetaraan gender. (Baca juga: Komunikasi Gender)

Kesimpulan dari teori standpoint adalah bahwa semua orang atau individu dapat memiliki pendapat yang sama, tetapi mereka bisa memiliki sudut pandang yang berbeda. Perbedaan tersebut dapat terjadi karena adanya perbedaan pengalaman, pemikiran, pembelajaran, dan pengetahuan dalam lingkungan sosial yang berbeda pula.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Oleh :
Kategori : Teori Komunikasi