Sponsors Link

Perbedaan 4 Konsep Karakteristik Komunikan dalam Psikologi Komunikasi

Sponsors Link

Kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan 4 konsep karakteristik komunikan dalam psikologi komunikasi yang tentu saja menarik untuk diulas. Dalam psikologi komunikasi sendiri, dikenal istilah konsep dasar mengenai karakteristik manusia komunikan. Konsep tersebut meliputi empat teori psikologi yang mempengaruhi seseorang dalam berperilaku yaitu teori Psikoanalisis oleh Freud, Kognitif oleh Lewin, Behaviorisme oleh Miller dan Humanisme oleh Rogers. Empat konsep karakteristik komunikan tersebut tentu saja memiliki perbedaan yang mendasar sehingga menjadikannya berbeda satu sama lainnya.

ads

Supaya lebih jelas dalam memahami perbedaan dari konsep karakteristik komunikan tersebut, maka berikut ini adalah beberapa perbedaan mendasar yang bisa kita ketahui berdasarkan konsep yang ada. Masing-masing konsep tentu saja membawa ciri yang khas sehingga kita bisa mengetahui apa saja yang melatarbelakangi seseorang dalam berperilaku selama berkomunikasi. Komunikan merupakan bagian dari 5 unsur komunikasi. Dalam setiap konsep yang ada, akan digambarkan bagaimana perilaku dan karakteristik komunikan dipengaruhi oleh faktor psikologi yang ada dalam dirinya. Simak perbedaannya berikut ini:

  1. Kepribadian

Poin pembeda pertama yang menjadi pembeda dalam konsep karakteristik komunikan adalah tentang faktor kepribadian. Di dalam teori Psikoanalisa oleh Freud, manusia memiliki struktur kepribadian yang tidak bisa dipisahkan satu sama lainnya. Freud menggambarkan bagaimana kepribadian manusia yang terdiri dari id, ego dan superego sebagai satu kesatuan yang utuh. Sebagai bagian dari komponen-komponen komunikasi, kepribadian ini yang mendasari karakter dari komunikan.

Sementara teori atau konsep lain memandang bahwa kepribadian tidak terlalu banyak berkontribusi pada komunikan karena titik berat dalam komunikasi sebenarnya ada pada bagaimana pengaruh eksternal dari dalam diri seseorang. Teori Psikoanalisa ini bagaimana pun juga menjadi teori paling awal mengenai kepribadian yang akan sangat berpengaruh terhadap karakteristik komunikan. Pengamatan ini biasanya lebih kepada bagaimana komunikasi intrapersonal terjadi.

  1. Lingkungan

Jika sebelumnya teori Psikoanalisa oleh Freud menitikberatkan komunikan akan dipengaruhi oleh kepribadiannya, maka pembeda selanjutnya dari konsep karakteristik komunikan adalah bagaimana masing-masing konsep tersebut memandang lingkungan sebagai faktor yang turut berpengaruh di dalamnya. Psikobehaviorisme Miller menganggap bahwa karakteristik komunikan hanya bisa diamati dari luarnya saja, atau yang nampak saja.

Sementara dalam teori lain lingkungan dipandang sesuatu yang lebih kompleks dan tidak hanya bisa diamati dari luar saja. Apa yang tidak nampak, juga turut andil dalam membangun karakteristik individu. Ini terlihat dari bagaimana konsep psikoanalisa yang memandang bahwa alam bawah sadar juga turut berpengaruh. Lingkungan tersebut merupakan lingkungan yang tidak bisa diamati, akan tetapi tetap memiliki kontribusi. (Baca juga: Efek komunikasi massa dalam psikologi komunikasi)

  1. Adaptasi

Selanjutnya, perbedaan 4 konsep karakteristik komunikan dalam psikologi komunikasi bisa dilihat dari karakteristik adaptasi. Ke-empat konsep mungkin memiliki pandangan yang berbeda mengenai adaptasi ini. Sebagai contoh, dalam teori psikoanalisa, adaptasi akan dibedakan menjadi ke beberapa macam rentang sesuai tugas perkembangan. Sementara itu, dalam teori Kognitif milik Lewin dijelaskan bahwa konsep psikoanalisa dan psikobehaviorisme merupakan dua komponen yang saling berkait. Ini juga termasuk menjelaskan bagaimana komunikan memiliki karakteristik dalam berkomunikasi karena dua faktor tersebut—lingkungan dan kepribadian.

  1. Naluri

Melalui perkembangan dalam ilmu psikologi komunikasi, maka konsep mendasar tentang karakteristik komunikan menjadi lebih diperdalam lagi. Seseorang bahkan akan memiliki naluri-naluri tertentu yang memang sudah menjadi sifat bawaannya. Ini ditonjolkan dalam konsep psikologi humanistik. Dalam konsep ini, ketiga unsur baik kepribadian, lingkungan dan adaptasi pada dasarnya bermula dari naluri. (Baca juga: Opini publik dalam psikologi komunikasi)

Sekian beberapa penjelasan umum tentang pembeda dari empat konsep dasar terkait dengan karakteristik komunikan di dalam psikologi komunikasi. Mudah-mudahan perbedaan 4 konsep karakteristik komunikan dalam psikologi komunikasi ini bisa memperluas pengetahuan kita.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :