Sponsors Link

10 Pentingnya Etika dalam Komunikasi Massa

Sponsors Link

Pentingnya etika dalam komunikasi massa harus disadari sebagai sesuatu yang memang tidak bisa dipisahkan dalam proses komunikasi tersebut. Komunikasi massa sebagaimana kita ketahui adalah bentuk komunikasi yang melibatkan publik dalam skala luas. Etika komunikasi biasanya sering diperdebatkan dalam komunikasi yang skalanya lebih kecil seperti misalnya komunikasi interpersonal. Padahal, di dalam komunikasi massa juga harus memperhatikan kaidah etika yang ada dengan harapan proses komunikasi tersebut berlangsung dengan baik.

ads

Tanpa adanya etika di dalam fungsi komunikasi massa, mungkin proses komunikasi tersebut akan menuai kecaman. Tidak hanya itu saja, perselisihan bisa saja terjadi karena aspek etika tidak diperhatikan. Melihat pentingnya akan hal tersebut, maka kita perlu menguraikan beberapa macam alasan mengapa etika ini menjadi harus diperhatikan. Berikut adalah penjelasannya:

  1. Menjadi Pendekatan yang Baik

Pendekatan yang baik menjadi salah satu ciri komunikasi massa yang efektif. Dengan adanya etika, proses pendekatan ini bisa berlangsung dengan lebih baik. Publik akan lebih cepat untuk merasa terlibat dalam proses komunikasi dibandingkan bila komunikasi massa yang tidak memperhatikan kaidah etika tertentu. (Baca juga: Peran media massa)

  1. Komunikasi Lebih Berkesan dan Santun

Etika komunikasi massa juga akan membuat pola komunikasi yang berkesan dan santun. Ini adalah strategi juga dalam komunikasi massa untuk melakukan pendekatan yang baik dalam lingkup publik yang luas. Tentunya dengan komunikasi yang berkesan akan menjadikan proses komunikasi tersebut lebih dihargai.

  1. Ada Penghargaan

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, penghargaan bisa saja muncul sebagai bentuk diterimanya komunikasi massa oleh publik. Etika komunikasi memungkinkan hal ini karena ada cara-cara yang tepat dalam memandang suatu publik.

  1. Penerimaan Publik Lebih Baik

Publik akan menerima informasi dengan lebih baik dengan adanya etika komunikasi. Perhatian yang lebih akan etika di dalam komunikasi massa ini bisa memberikan fungsi dari komunikasi massa menjadi berlangsung lebih baik. (Baca juga: Etika komunikasi massa menurut Shoemaker dan Reese)

  1. Nilai dan Norma yang Dianggap

Etika biasanya berhubungan erat dengan nilai dan norma yang ada dalam suatu masyarakat. Oleh sebab itu, jika komunikasi massa menerapkan etika dengan baik, maka nilai dan norma yang ada akan dianggap dengan lebih baik. Ini tentu saja menjadikan komunikasi massa bisa berlangsung dengan lebih lancar.

  1. Tujuan Komunikasi Cepat Tercapai

Tujuan komunikasi akan lebih cepat tercapai dengan adanya etika komunikasi. Ini masih ada kaitannya pula dengan penerimaan masyarakat. Komunikasi massa yang respek terhadap nilai dan norma masyarakat setempat akan lebih cepat diterima.

  1. Menghindari Perselisihan

Etika komunikasi juga bisa mencegah terjadinya perselisihan. Kesalahpahaman biasa terjadi jika komunikasi tidak menggunakan etika di dalamnya. Apalagi komunikasi massa menyangkut lingkup publik yang cukup luas.

  1. Menghindari Perpecahan

Perselisihan biasanya masih dalam bentuk “perang dingin”. Namun apabila tidak tertahankan lagi, maka perpecahan dalam kelompok bisa saja terjadi hanya karena komunikasi massa yang tidak menggunakan etika di dalamnya. (Baca juga: Etika dalam penggunaan media komunikasi)

  1. Menjaga Situasi Kondusif

Karena etika komunikasi dapat menghindarkan perselisihan dan perpecahan, maka situasi dalam masyarakat akan tetap kondusif walaupun ada paparan informasi baru. Perbedaan pendapat mungkin saja akan ada, tetapi tentu diselesaikan dengan baik karena adanya etika dalam komunikasi.

  1. Menghindari Kegagalan Penyampaian Informasi

Terakhir, kegagalan penyampaian informasi bisa dihindari melalui etika komunikasi. Informasi yang gagal disampaikan biasanya ditolak karena bertentangan dengan keyakinan atau nilai suatu masyarakat. Etika komunikasi akan membuat proses pendekatan tersebut lebih mudah sehingga informasi pun bisa diterima dengan baik.

Melihat pentingnya aspek etika dalam komunikasi massa, maka tak heran bila kita harus mulai mempelajari bagaimana cara dan strategi komunikasi yang baik. Kita bisa memperdalam lagi pengetahuan tentang pentingnya etika dalam komunikasi massa ini.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi Massa