Sponsors Link

7 Pengaruh Media Massa terhadap Perubahan Sosial dan Budaya

Sponsors Link

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi seperti adanya media massa, secara langsung dan tidak langsung menyebabkan terjadinya perubahan diberbagai aspek kehidupan. Salah satu aspek tersebut adalah pengaruhnya terhadap perubahan sosial. Adanya pendekatan komunikasi dalam perubahan sosial, dapat diketahui bahwa pada media massa yang secara perlahan-lahan mengarahkan masyarakat ke pola kehidupan sosial yang baru, bahkan juga merubah pola pikir dari masyarakat itu sendiri. Lantas apa saja perubahan-perubahan sosial yang dipengaruhi oleh media massa? Dalam kesempatan kali ini akan dibahas secara lengkap mengenai pengaruh media massa terhadap perubahan sosial dan budaya.

ads

Media Massa dan Perubahan Sosial

Media massa merupakan salah satu sarana penyampaian informasinya yang paling banyak di gunakan saat ini. Komunikasi media massa sendiri juga memiliki berbagai macam bentuk, diantaranya seperti media cetak dan media elektronik. Secara umum, media massa diartikan sebagai perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke khalayak umum atau publik. Melalui komunikasi massa maupun media massa berbagai macam informasi dengan mudah didapatkan dan juga disebarkan. Oleh sebab itulah, media massa memiliki pengaruh yang signifikan pula terhadap perubahan sosial yang tejadi, baik pengaruh positif maupun pengaruh negatif.

Lantas apa itu perubahan sosial? Perubahan sosial merupakan suatu proses yang dialami masyarakat dimana segala unsur maupun sistem yang berlaku didalamnya berubah menyesuaikan dengan pola kehidupan, kebudayaan, dan juga fungsi komunikasi dalam sistem sosial yang baru. Terjadinya perubahan sosial sendiri disebabkan oleh berbagai macam faktor, dimana salah satunya juga dipengaruhi oleh media massa. Mengapa demikian? Karena informasi atau pesan yang terdapat didalam media massa sendiri yang mengarahkan pada perubahan pola kehidupan masyarakat. Berikut penjelasan mengenai beberapa pengaruh yang ditimbulkan tersebut.

Pengaruh Media Massa

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa media massa memiliki pengaruh yang cukup kuat terhadap perubahan sosial, berikut beberapa pengaruh media massa terhadap perubahan sosial dan budaya :

1. Merubah standar hidup layak

Pengaruh yang pertama adalah bahwa media massa juga ikut merubah standar hidup layak masyarakat. Hal tersebut dikarenakan media berperan dalam memperlihatkan pada masyarakat bagaimana suatu standar hidup yang layak bagi manusia melalui informasi maupun pesan-pesan didalamnya. Kondisi tersebut tentunya secara tidak langsung menyebabkan masyarakat mulai menilai apakah lingkungan mereka layak dan memenuhi standar atau tidak. Dimana penilaian tersebut didasarkan pada apa yang mereka lihat, dengar, dan baca dari media, sehingga akan terjadi suatu proses perubahan sosial untuk penyesuaian standar hidup layak masyarakat.

2. Mempengaruhi kepuasan masyarakat

Masih berhubungan dengan perubahan standar hidup layak masyarakat, media massa juga berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat. Dimana hal ini berkaitan dengan perubahan yang terjadi pada masyarakat didasarkan pada pesan atau informasi dari media, baik perubahan positif maupun negatif. Kondisi tersebut berkaitan pula dengan perasaan senang masyarakat akan diri mereka sendiri karena merasa cukup, maupun mengecilkan kepercayaan diri karena merasa lebih rendah dari yang lainnya.

3. Pergeseran tingkah laku

Pengaruh media massa yang paling dapat dilihat dalam perubahan sosial adalah adanya pergeseran tingkah laku yang disebabkan karena pesan dan informasi yang sangat mudah diterima. Salah satu yang paling menonjol adalah adanya perubahan gaya hidup, baik gaya hidup yang leih positif maupun banyak juga pergeseran tingkah laku yang lebih mengarah pada penyimpangan norma-norma sosial dan budaya.

4. Perubahan pola pikir

Tidak hanya tingkah laku saja, namun terdapat juga pengaruh terhadap perubahan pola pikir. Semakin mudahnya informasi dan komunikasi menjadi pola pikir setiap masyarakat menjadi lebih terbuka. Selain menjadi lebih terbuka, pola pikir masyarakat juga dapat menjadi lebih kompleks dari sebelumnya.

5. Meningkatkan pola hidup konsumerisme

Munculnya media massa elektronik merupakan salah satu yang mengarahkan pada adanya peningkatan pola hidup konsumerisme. Dimana berpengaruh terhadap munculnya gaya hidup yang serba instan dan juga pola masyarakat konsumtif. Kondisi tersebut tentunya tidak selalu baik karena dapat membunuh kreatifitas setiap individu secara perlahan-lahan. Peningkatan pola hidup konsumerisme juga merupakan salah satu efek media massa dalam komunikasi persuasif.

6. Penurunan minat belajar

Pengaruh yang selanjutnya adalah berkaitan dengan dunia pendidikan, yaitu adanya penurunan minat belajar. Semakin mudahnya setiap individu mendapatkan informasi yang dicari menyebabkan pelajar menjadi semakin malas untuk belajar dan lebih bergantung pada media massa yang ada. Selain itu unsur-unsur media massa lainnya yang dapat dinikmati setiap saat juga dapat menyebabkan penurunan minat belajar pada generasi muda.

7. Memudarnya sosial dan budaya asli

Pengaruh yang terakhir adanya semakin memudarnya sosial dan budaya asli masyarakat yang bersangkutan, dan digantikan dengan budaya-budaya baru yang masuk. Hal ini dapat dilihat dari kehidupan sosial budaya sehari-hari yang lebih mengarah pada kehidupan modern, dan meninggalkan kehidupan tradisional. Kondisi tersebut juga merupakan suatu wujud dari pengaruh komunikasi dalam budaya.

Itulah beberapa penjelasan dan contoh pengaruh media massa terhadap perubahan sosial dan budaya. Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan anda.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Media Komunikasi