Sponsors Link

6 Pengaruh Komunikasi Antara Atasan dan Bawahan Dalam Organisasi

Sponsors Link

Dalam dunia organisasi yang melibatkan sekumpulan orang untuk mencapai tujuan bersama diperlukan suatu bentuk komunikasi yang efektif dan baik.

ads

Baik organisasi politik, sosial, ataupun dalam suatu perusahaan. Yang namanya organisasi pasti memiliki struktur atau hirarki, ada atasan dan ada bawahan. Masing-masing memiliki hak dan kewajiban yang jika dijalankan dengan baik maka tujuan organisasi akan tercapai.

Hubungan antara atasan dan bawahan harus dikelola dengan baik sehingga tujuan organisasi dapat tercapai. Bawahan harus menuruti perintah atasan sementara atasan juga tidak boleh semena-mena pada bawahan.

Dibalik haknya untuk mendelegasikan tugas terdapat tanggung jawab yang besar atas orang-orang yang dipimpinnya. Seperti yang kita ketahui jika suatu organisasi atau perusahaan gagal mencapai tujuannya maka yang pertama kali memikul tanggung jawab adalah ketua atau pimpinan organisasi.

Salah satu hal yang amat menentukan jalannya organisasi atau perusahaan adalah komunikasi yang terjadi antara atasan dan bawahan atau disebut juga komunikasi vertikal. Bagaimana seorang atasan berkomunikasi dengan bawahannya dan begitu pula sebaliknya sehingga tugas-tugas organisasi dapat dipahami dan dilaksanakan dengan baik.

Misalnya saja bagaimana komunikasi atasan kepada bawahan saat mendelegasikan suatu pekerjaan. Tanpa komunikasi yang baik maka tugas tersebut tidak akan dapat dipahami dan diterima dengan baik oleh bawahan sehingga tidak dapat dilaksanakan dengan baik.

Lalu apa saja pengaruh komunikasi antara atasan dan bawahan dalam suatu organisasi? Berikut beberapa diantaranya:

1. Kinerja anggota organisasi

Komunikasi yang baik dan efektif antara atasan dan bawahan akan berpengaruh pada kinerja anggota organisasi.

Dengan komunikasi yang baik maka perintah dari atasan dapat diterima dengan baik oleh anggota organisasi dan disebarkan ke anggota lainnya dengan baik pula sehingga seluruh perintah tersebut dapat dijalankan dengan baik. ada banyak cara berkomunikasi dengan baik yang bisa diterapkan.

Selain perintah dari atasan masukan atau keluhan dari bawahan juga dapat diterima dengan baik oleh atasan sehingga jika ada masalah dapat diselesaikan dengan baik.

2. Terlaksananya tugas-tugas organisasi

Dengan lancarnya kinerja setiap anggota organisasi otomatis akan berpengaruh positif pada kelancaran tugas-tugas organisasi. Kinerja organisasi secara keseluruhan pun semakin meningkat. Hal ini penting sekali apalagi pada organisasi bertujuan profit seperti perusahaan dimana kinerja karyawan sangat mempengaruhi kinerja perusahaan secara keseluruhan sehingga berdampak pada keuntungan perusahaan.

Sponsors Link

3. Tercapainya tujuan organisasi

Pengaruh komunikasi antara atasan dan bawahan juga turut menentukan tercapai atau tidaknya tujuan organisasi. Dengan komunikasi yang baik dan efektif antara atasan dan bawahan setiap tugas yang menentukan tercapainya tujuan organisasi bisa terlaksana dengan baik.

4. Suasana atau iklim organisasi

Komunikasi yang baik antara atasan dan bawahan dalam suatu organisasi juga merupakan faktor penting yang mempengaruhi suasana atau iklim organisasi. Komunikasi organisasi harus dapat dipahami oleh seluruh anggota organisasi dengan baik. Perintah, saran, dan maksud tiap anggota organisasi dapat tersampaikan dengan baik sehingga terhindar dari kesalahpahaman, gosip, prasangka buruk, dan masalah-masalah komunikasi lainnya yang dapat memperburuk iklim dalam suatu organisasi.

Sponsors Link

5. Kelangsungan organisasi

Dalam scope yang lebih besar komunikasi antara atasan dan bawahan juga berpengaruh pada kelangsungan organisasi. Bayangkan saja jika perintah dari atasan atau masukan dari bawahan tidak diterima dengan baik sehingga terjadi kesalahpahaman. Tugas-tugas organisasi pun tidak dapat dijalankan dengan baik sehingga mengancam kelangsungan organisasi.

6. Pertumbuhan organisasi

Selain itu komunikasi antara atasan dan bawahan dalam suatu organisasi juga berpengaruh pada pertumbuhan organisasi. Dengan terciptanya komunikasi yang baik maka atasan dapat menerima berbagai masukan dengan baik sehingga organisasi dapat terus tumbuh dan berkembang ke arah yang positif.

Demikianlah 6 pengaruh komunikasi antara antasan dan bawahan yang ternyata sangat berdampak signifikan pada organisasi. Menyadari hal ini penting sekali bagi setiap organisasi untuk menciptakan komunikasi yang efektif dan baik antara atasan dan bawahan dalam suatu organisasi sehingga tujuan organisasi dapat tercapai dan kelangsungan organisasi dapat dipertahankan.

Sponsors Link
, ,