Sponsors Link

8 Model Sinyal dalam Sistem Komunikasi

Sponsors Link

Saat kita membicarakan mengenai komunikasi data, maka ini juga akan berkaitan dengan model sinyal dalam sistem komunikasi. Sistem komunikasi merupakan sebuah rangkaian proses pertukaran data atau informasi tertentu dengan menggunakan bantuan signaling. Komunikasi data juga akan sangat erat sekali membahas tentang konsep dan model sinyal ini. Kita bisa menjadi lebih memahami mengenai konsep sinyal dalam komunikasi data apabila kita mempelajari terlebih dahulu mengenai bagaimana sistem komunikasi itu bisa berlangsung.

ads

Baca juga:

Berikut ini adalah beberapa macam model sinyal dalam sistem komunikasi yang bisa menjadi uraian ringkas mengenai bagaimana proses komunikasi data bisa berlangsung dengan melibatkan setiap komponen-komponen komunikasi yang ada. Kita juga dapat mengetahui apa saja unsur yang ada di dalamnya dan komponen apa yang mungkin bisa ada di dalam komunikasi data tersebut. Simak ulasannya berikut ini:

  1. Model sinyal analog

Sinyal analog merupakan sinyal data dalam bentuk gelombang yang membawa informasi secara kontinyu. Sebenarnya terdapat beberapa macam komponen di dalamnya seperti misalnya analog, frekuensi dan amplitudo. Ketiganya akan dibahas menjadi uraian yang berbeda supaya lebih memperjelas model dari sinyal yang ada dalam komunikasi data.

  1. Model sinyal digital

Berbeda dengan sinyal analog, sinyal digital membawa data berupa pesan yang dapat mengalami perubahan tiba-tiba dan memiliki besaran 0 dan 1. Ini merupakan sinyal yang umum juga ditemukan dalam teknologi komunikasi saat ini. Prosesnya bisa sangat kompleks dan berlangsung dengan bersamaan pada waktu yang beriringan.

  1. Amplitudo Sinyal

Amplitudo adalah model sinyal yang sebenarnya menjadi bagian dari sinyal analog. Amplitudo ini menggambarkan tinggi rendahnya ukuran dari suatu gelombang yang membawa informasi di dalam sinyal. Perbedaan tinggi rendahnya ukuran gelombang inilah yang akan menentukan jenis informasi yang dibawa dalam sinyal tersebut.

  1. Frekuensi Sinyal

Sama halnya dengan amplitudo, frekuensi juga merupakan model sinyal yang ada dari model sinyal analog. Jika amplitudo membicarakan mengenai tinggi rendahnya gelombang, maka frekuensi merupakan jumlah gelombang sinyal analog yang ada selama satu detik. Jumlah gelombang ini kemudian akan berpengaruh pada tingkat dan jenis informasi yang akan dikirimkan melalui sinyal analog. (Baca juga: Peralatan teknologi informasi dan komunikasi)

  1. Phase Sinyal

Phase adalah model dari sinyal analog yang lebih menekankan mengenai sudut dari sinyal analog tersebut. Phase juga akan menentukan bagaimana proses komunikasi akan berlangsung dan jenis informasi bisa dikirimkan atau dibedakan dengan menggunakan sudut phase yang berbeda juga. Ini merupakan salah satu kompon dari sinyal analog selain amplitudo dan juga frekuensi

  1. Sumber Data

Lebih luas lagi, model komunikasi data juga melibatkan sumber data. Ini bisa dipahami bahwa sumber data yang ada akan mengirimkan sinyal-sinyal tertentu yang kemudian akan ditangkap oleh penerima pesan. Informasi tidak mungkin bisa dikirimkan jika tidak ada sumber data yang menjadi asal muasal dari informasi tersebut. (Baca juga: Jenis-jenis penyiaran)

  1. Media Transmisi

Media transmisi merupakan salah satu komponen yang ada dalam komunikasi data sebagai penengah. Sinyal yang ada diteruskan menggunakan media transmisi ini, dengan harapan akan disalurkan kepada penerima data nantinya. Model media transmisi ini juga ada banyak sekali tergantung konteks komunikasi data yang sedang berlangsung.

  1. Penerima Data

Terakhir yaitu mengenai model penerima data. Segala macam bentuk sinyal yang sudah dikirimkan tadi akan bermuara pada penerima data. Ini kemudian akan diinterpretasikan sebagai sebuah informasi baru yang mungkin juga akan memberikan keutuhan dari jalannya proses komunikasi yang sudah berlangsung.

Berbagai macam model sinyal di atas sebenarnya merupakan kajian secara umum dari komunikasi data. Kita bisa melihat secara spesifik apa saja model sinyal yang tepat dengan mengetahui unsur-unsur apa saja yang ada dalam komunikasi data. Namun setidaknya, model sinyal dalam sistem komunikasi yang sudah disebutkan tadi bisa menjadi pengantar sebelum kita mendalami mengenai hal tersebut.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Komunikasi digital