Sponsors Link

Proses Model Komunikasi Westley dan Maclean

Sponsors Link

Model komunikasi merupakan salah satu alat yang digunakan untuk menjelaskan fenomena  komunikasi, agar penjelasannya lebih mudah dipahami. Didalam suatu model komunikasi akan ada unsur-unsur yang memang dibutuhkan untuk menjadi suatu syarat maupun dasar terjadinya suatu komunikasi. Beberapa fungsi dari model-model komunikasi diantaranya adalah untuk menggambarkan proses komunikasi, menunjukkan hubungan antara unsur-unsur komunikasi, dan juga dapat membantu mengatasi masalah komunikasi.

ads

Oleh sebab itu, dalam perkembangan ilmu komunikasi, banyak sekali model komunikasi menurut para ahli yang tercipta, salah satunya adalah komunikasi Westley dan Maclean. Apa saja model komunikasi Westley dan Maclean tersebut? berikut diantaranya:

  1. Model Komunikasi Antar Pribadi

Westley dan Maclean memang menggambarkan dua model komunikasi, yaitu model komunikasi antar pribadi dan model komunikasi massa. Model komunikasi antar pribadi sendiri menggambarkan adanya feed back terhadap pesan yang disampaikan. Suatu komunikasi diartikan sedang berlangsung dalam model komunikasi antar pribadi apabila memang pengirim pesan telah mendapatkan umpan balik dari penerima pesan.

Dalam hal ini biasanya akan menanggapi pesan yang diterima disertai dengan penambahan pesan baru kepada pengirim pesan pertama. Ketika penerima pesan mendapatkan feed back tersebutlah baru dapat dikatakan adanya komunikasi yang berlangsung, dan komunikasi akan terus berlangsung hingga mencapai kesepakatan bersama.

  1. Model Komunikasi Massa

Model komunikasi yang kedua dari Westley dan Maclen adalah model komunikasi massa. Model ini dihasilkan atas pemikiran bahwa model komunikasi antar pribadi tidak cocok jika digunakan dalam dunia jurnalistik. Salah satu yang paling menonjol dan membedakan kedua model komunikasi ini adalah bahwa didalam model atau proses komunikasi dengan model komunikasi massa terdapat penambahan pihak media atau perantara.

Secara singkatnya jika model komunikasi antara pribadi tersebut hanya dilakukan oleh dua pihak saja, tetapi dalam model komunikasi massa terdapat tiga pihak yang dapat berpengaruh satu sama lain dan juga menentukan terjadinya suatu komunikasi.

Jadi, ketika pengirim pesan mendapatkan informasi untuk disampaikan maka akan tersampaikan pada media atau perantara terlebih dahulu, tidak langsung kepada penerima pesan sesungguhnya. Kemudian perantara akan memberikan feed back pada pengirim pesan dan mengirimkan pesan pada penerima pesan asli. Nantinya penerima pesan aslinya juga dapat memberikan feed back kepada pengirim pesan namun tidak bisa secara langsung karena harus melewati media atau perantara terlebih dahulu.

Selain itu, pihak media atau perantara juga dapat mendapatkan informasi secara langsung tidak dari pengirim pesan, dan media atau perantara dapat mengirimnya ke penerima pesan dan juga dapat menerima feed back dari penerima pesan tersebut.

Itulah dua model komunikasi Westley dan Maclean yang terbentuk pada tahun 1957. Kedua model yang dihasilkan ini menjadi salah satu jenis model komunikasi yang dikenal dan banyak diterapkan, terutama pada dunia jurnalistik. Model-model tersebut juga merupakan perkembangan dari model komunikasi yang telah diciptakan sebelumnya, seperti model komunikasi Lasswell, model Shannin dan Weaver, dan lain sebagainya.

Secara garis besarnya didalam model komunikasi yang diciptakan oleh Westley dan Maclean mengandung beberapa unsur penting, seperti objek, orientasi, pesan, sumber penerima, dan juga harus ada perantara disertai umpan balik atau feed back.

Sponsors Link
, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Model Komunikasi