Sponsors Link

5 Keterampilan Dasar dalam Proses Komunikasi

Sponsors Link

Dalam kehidupan, salah satu elemen penting adalah komunikasi. Manusia sebagai makhluk sosial membutuhkan cara untuk berinteraksi dengan manusia yang lain.

ads

Setiap komunikasi yang terjadi memiliki maksud dan tujuan tertentu yang ingin disampaikan oleh pengirim kepada penerima. Pesan tersebut dapat disampaikan kepada penerima baik secara langsung maupun tidak langsung.

Proses komunikasi akan terjalin jika terdapat unsur yang dipenuhi yaitu komunikator atau pengirim, pesan yang ingin disampaikan, saluran atau media komunikasi yang digunakan, komunikan atau penerima dan efek atau dampak yang akan ditimbulkan.

Dalam proses komunikasi, hal yang paling penting adalah diterimanya pesan yang ingin disampaikan oleh pengirim.

Selanjutnya pemahaman dari penerima menjadi faktor keberhasilan suatu komunikasi. Oleh karena itu, pesan yang disampaikan oleh komunikator sebaiknya menggunakan simbol – simbol atau suatu bahasa yang mudah dimengerti sesuai pikiran penerima.

Tak jarang, suatu proses komunikasi yang terjadi mengharapkan umpan balik untuk mengetahui seberapa jauh pesan yang disampaikan pengirim diterima oleh komunikan dan ditafsiran sesuai yang diharapkan pengirim. Karean bisa saja ada suatu hambatan pada saat proses komunikasi terjadi baik pada pengirim, media ataupun penerima.

Ada berbagai bentuk dan jenis komunikasi yang bisa digunakan sesuai dengan keadaan. Anda juga perlu mengetahui jenis – jenis komunikasi agar pesan yang ingin anda sampaikan sesuai konteks.

Komunikasi hampir terjadi dalam setiap elemen dalam kehidupan yang manusia jalankan. Hampir setiap kegiatan yang kita lakukan membutuhkan proses komunikasi.

Misalnya, dalam dunia bisnis ada yang namanya komunikasi bisnis, dalam berserikat ataupun berorganisasi juga ada istilah komunikasi organisasi, dan lain sebagainya.


Maka dari itu, agar komunikasi yang terjalin dapat berjalan dengan sukses dibutuhkan keterampilan dasar dalam proses komunikasi.

Pengetahuan dasar seperti bentuk dan jenis komunikasi, cara penyampaian, dll juga perlu anda ketahui agar tidak salah dalam mengambil langkah.

Steven Covey mengatakan bahwa komunikasi adalah keterampilan penting dalam hidup manusia.

Sebagai pengirim, anda tidak hanya menulis atau mengatakan, namun karakter dan bagaimana cara anda menyampaikan pesan kepada penerima merupakan untuk yang paling penting.

Sedangkan bagi penerima, tidak hanya mendengar atau membaca pesan yang disampaikan pengirim namun juga menilai dan memberi umpan balik. Komunikasi yang efektif berarti mambangun karakter dan fondasi etika serta integritas pribadi seseorang.

Keterampilan dalam proses komunikai akan berperan dalam mencapai tujuan. Keterampilan komunikasi yang efektif menentukan keberhasilan komunikasi.

Maka dari itu, kemampuan dasar proses komunikasi ini perlu diperhatikan. Pada umumnya, terdapat lima keterampilan dasar dalam proses komunikasi yang harus anda miliki, diantaranya adalah membaca, mendengar, menulis, berbicara dan faktor pendukung.

 1. Membaca

Secara sadar atau tidk, setiap hari anda melakukan komunikasi yang melibatkan berbagai keterampilan dasar proses komunikasi.

Proses itu terjadi seperti saat anda bernafas dimana secara otomatis anda lakukan dan terjadi begitu saja dan membuat anda tidak sadar sedang melakukannya secara efektif.

Misalnya, saat anda sedang membaca berita baik melalui media masa ataupun sosial media.

Hal yang anda lakukan tersebut sebenarnya adalah bagian dari komunikasi dimana anda berlaku sebagai penerima dengan medianya sebagai saluran dan pemberi berita sebagai pengirim pesan.

tMembaca merupakan kegiatan untk mengetahui pesan yang ingin disampaikan oleh penulis melalui bahasa tulis atau kata – kata dalam kalimat.

Keterampilan membaca yang baik akan embantu untuk menangkap konsep dan memahami apa yang ingin disampaikan penulis melalui sebuah tulisan.

Tujuan membaca adalah memperoleh suatu informasi yang mencakup isi dan makna.

Keterampilan mikro yang harus dimiliki sebagai pembaca, setidaknya adalah pembaca dapat mengenal sistem tulisan yang dipakai, menentukan kata kunci dan gagasan utama, menyimpulkan situasi, mampu membedakan ide utama dan detail yang dipaparkan, dll.

Sebagai pembaca, anda juga dituntuk untk mengetahui simbol dan lambang yang ditulis, nilai dan maksud pesan yang disampaikan.

 2. Mendengar

Dalam proses komunikasi, mendengar merupakan aspek yang penting dengan melibatkan indra pendengaran. Keterampilan mendengar juga bagian dari keterampilan berbahasa.

Agar suatu pesan dapat diinterprestasikan dengan baik maka diperlukan keterampilan mendengar yang dipadukan dengan pikiran sehingga dapat menangkap pesan dengan efektif.

Poin penting agar anda dapat menjadi pendengar yang aktif dan efektif adalah mendengar dengan penuh konsentrasi, menangkap inti pembicaraan yang penting dan mencatat hal penting jika dirasa perlu.

Pada proses komunikasi, keterampilan mendengar menjadi penting karena beberapa infomrasi tidak bisa terulang lagi.

 3. Menulis

Diantara keterampilan dasar sebelumya, keterampilan menulis adalah yang paling kompleks.

Keterampilan menulis membutuhkan suatu pengalaman, waktu, latihan serta cara berpikir yang terstruktur agar dapat menyapaikan suatu pesan melalui bahasa tulis.

Penggunaan bahas atulis harus hai – hati agar tidak menimbulkan multipersepsi dan tidak tersampaikannya pesan yang diharapkan. Maka dari itu, keterampilan menulis perlu mendapat perhataian lebih karena tidak datang secara otomatis.

Anda harus membiasakan diri dengan berlatih dan praktek memanfaatkan grafolegi, struktur bahasa, gaya bahasa dan kosa kata.


 4. Berbicara

Berbicara adalah bagian proses komunikasi dalam menyampaikan suatu pesan menggunakan bahasa lisan agar dipahami orang lain. Keterampilan berbicara merupakan seni berbicara sebagai bentuk komunikasi kepada orang lain.

Keterampilan berbicara sangat penting, karena berhubungan langsung dengan yang lain baik dalam hubungan sosial ataupun pribadi.

Kesalahan penekanan dan pemakaian kosakata pada saat berbicara juga dpaat menimbulkan kesalahan interpretasi dan kesalahpahaman. Akibatnya, pesan yang tersampaikan tidak sesuai dengan maksud dan tujuan.

 5. Faktor pendukung

Keterampilan lain dalam proses komunikasi adalah faktor pendukung lain agar suatu pesan tersampaikan dengan baik.

Misalnya, jika dibutuhkan suatu gambaran akan informasi yang disampaikan lewat lisan maka dapat dilengkapi dengan presentasi.

Keterampilan dalam membuat presentasi dan menyampaikannya juga bisa menjadi daya tarik sendiri yang membuat orang lain menjadi lebih paham. Selain itu, etika anda dalam berkomunikasi juga membantu anda selama melakukan proses komunikasi.

Jika anda ingin meningkatkan keterampilan komunikasi yang anda miliki, anda dapat melakukan hal berikut ini:

  • Intropeksi diri secara jujur
  • Melakukan latihan dan praktek untuk meningkatkan keterampilan komunikasi
  • Setiap komunikasi yang akan dilakukan telah jelas maksud dan tujuannya.

Demikianlah keterampilan dasar proses komunikasi yang harus anda perhatikan. Anda bisa melakukan latihan agar lebih terampil. Semoga berhasil.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Dasar Komunikasi